lonelylontongAvatar border
TS
lonelylontong
Jalan ke Rumahmu Belum Masuk Google Map? Ini Solusinya.
Halo GanSist, setelah lama nggak nge-trit, ane maksain diri buat nge-trit lagi. Kali ini berangkat dari pengalaman TS sendiri, yang mungkin juga pernah dialami oleh GanSist di kehidupan sehari-hari.

Jadi ceritanya nih, TS baru saja pindah rumah. Kali ini sudah nggak ngontrak lagi.

Berkat Covid-19 yang membuat banyak developer perumahan di kota ane memberikan diskon2 dan promo2. Ditambah lagi kebijakan pemerintah yang meniadakan PPN buat pembeli rumah baru di tahun kemarin ini.
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah

Karena bikin tritnya buru-buru, ane lupalah ambil foto-foto buat ilustrasi. Kebetulan ane cari-cari di Google ada gambar pintu masuk ke cluster ane, jadi pakai itu saja deh ya.

Gbr diambil dr sistemkeamananparking.com

Pokoknya puji Tuhan, alhamdullillah, dst; untuk rejeki yang kami terima. Kalau kemudian ada masalah kecil-kecil, ya nggak perlu juga dibesar-besarkan tapi dicari solusinya.

Salah satu masalah kecil yang muncul adalah, jalan-jalan di dalam perumahan ane itu belum masuk ke Google Map. Tiap kali ane pesan taksi online, layanan makanan online, dst; sering sekali kesasar ke perumahan sebelah. Tentu saja itu lumayan mengesalkan, apalagi waktu covid masih meraja lela dan ane mesti banyak wfh.

Nah, sekali lagi, kalau ada masalah, sebisa mungkin kita cari solusinya. Masalah ini sendiri timbul karena lokasi rumah ane dan jalan yang menuju rumah ane, belum masuk ke google map, sehingga google map memberi arahan lewat jalan perumahan sebelah yang memang letaknya bersebelahan. Lalu solusinya bagaimana kalau begitu?

Solusinya ternyata cukup mudah.

Google Map sudah memberikan fasilitas bagi kita usernya, untuk ikut berkontribusi melengkapi informasi yang ada di google Map. Termasuk informasi tentang jalan-jalan baru yang belum masuk ke dalam GoogleMap. Berikut ini cara menambahkan jalan baru ke GoogleMap, langkah demi langkah (ini ane pakai aplikasi di HP ya GanSist).

1. Buka Google Map, click tombol Contribute, letaknya kalau di app ane ada di posisi bawah layar.

Gbr dokpri

2. Setelah click Contribute, kita bisa memilih untuk menginput/menyumbangkan beberapa jenis informasi ke dalam Google Map. Khusus untuk masalah yang dihadapi gara-gara jalan yang belum terdaftar ke Google Map, pilih EDIT MAP.

Gbr Dokpri

3. Setelah EDIT MAP, masih ada beberapa pilihan lagi sebelum kita bisa mulai mengedit peta di Google Map dan menambahkan/mengedit informasi sebuah jalan. Tergantung dengan situasi yang kita hadapi masing-masing ya GanSist.

Di situasi ane ini, karena jalan ke rumah ane itu belum masuk ke Google Map, maka yang ane pilih adalah : Add or fix a road -> kemudian pilih -> Missing Road.

Gbr dokpri


Gbr dokpri

4. Berikutnya kita akan dibawa ke gambar peta di Google Map, arahkan kursor ke posisi titik awal jalan yang hendak kita tambahkan, click add point. Kemudian arahkan kursor ke titik selanjutnya dari jalan yang sedang kita tambahkan dan click add point. Demikian seterusnya sampai kita sudah membuat garis yang menggambarkan secara lengkap, jalan yang ingin kita tambahkan itu.

Gbr dokpri

Setelah selesai, lengkap seluruh jalan tergambar, click NEXT.

Gbr Dokpri

5. Langkah terakhir adalah memasukkan nama jalan dan keterangan-keterangan lain tentang jalan yang baru kita tambahkan ke Google Map tersebut, dan kirimkan (Send).

Gbr dokpri


---------------------o--------------------

Setelah itu, yang kita bisa lakukan adalah menunggu. Ya, informasi yang kita berikan ke Google Map, tidak akan ditelan mentah-mentah oleh pihak Google. Mereka akan mengonfirmasi dulu data yang kita berikan, sebelum kemudian data tersebut mereka updatekan ke peta mereka.

Ane lupa sih, berapa lama ane mesti menunggu sebelum jalan menuju ke rumah ane masuk Google Map, tapi rasanya nggak lama kok, nggak sampai satu bulan.

Kira-kira begitu tips dari ane GanSist, semoga bermanfaat.
emoticon-Nyepiemoticon-Nyepiemoticon-Nyepi

Sumber referensi : Pengalaman pribadi.
Diubah oleh lonelylontong 22-03-2022 03:24
abiudin99
Cobroet
jw8indo
jw8indo dan 67 lainnya memberi reputasi
68
9.6K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan