Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ini Alasan Manusia Juga Perlu Takut Seperti Gajah Bertemu Semut?


[ HT# 980 ]

Gajah bertemu tikus? Kita sudah pasti tahu bagaimana reaksi si gajah dalam serial kartun, dia akan makin gusar dan menyelamatkan diri berusaha menghindari tikus. Lalu bagaimana jika gajah bertemu semut begitu juga dengan halnya manusia?

Semut adalah hewan yang bagi ukuran manusia terlebih gajah sebenarnya bukanlah sebuah persoalan besar karena kita atau gajah bisa dengan mudah membinasakannya dengan sekali injak atau sekali sentil saja. Tapi kita akan berfikir ulang jika semut jumlahnya ratusan dihadapan kita!

Tapi bukan itu yang akan saya bahas di thread kali ini melainkan sebuah fakta apabila tanpa sengaja kita menelan semut, apa yang terjadi kemudian, bagaimana reaksi tubuh kita? Karena tubuhnya yang amat kecil, semut bisa berada dimana saja, seringkali terlewatkan oleh pandangan mata kita, apalagi jika semut sudah masuk kedalam makanan atau minuman lalu sehari-hari kita memakannya. Kita pun nyaris tidak pernah menyadarinya.



Sekalipun seekor semut dia tetaplah binatang dan semua binatang biasanya memiliki alat pertahanan atau senjata. Meskipun semut biasanya akan langsung mati karena kandungan zat asam di air liur, langsung hancur terkunyah gigi, atau disistem pencernaan kita. Namun efek samping yang tidak terduga bisa saja kita rasakan.

Menurut sumber yang saya baca bila manusia terlanjur menelan semut reaksi terburuknya adalah manusia akan merasakan ; alergi kulit apabila menelan semut beracun (misal jenis semut api), manusia jadi pelupa selama 40 hari (semut memiliki zat enzim 'pelupa'), bisa membuat kita keracunan karena makanan dan bakteri yang menempel pada tubuh semut ikut tertelan, diare, demam, dan jika tersedak cukup parah (karena mungkin semut masuk ke dalam saluran pernafasan) harus segera mendapatkan pertolongan.



Nah, mengingat efek samping yang diterima manusia jika menelan semut cukup membahayakan tubuh (namun masih aman jika tertelan dalam jumlah yang wajar dan bukan semut kategori berbahaya) maka mencegah adalah langkah terbaik seperti menjaga kebersihan, menutup rapat gelas atau makanan.

Tujuannya adalah jelas agar para semut tidak bisa mengendus dan mengetahui keberadaan minuman atau makanan kita dimana berada. Jadi sekarang beralasan, rupanya bukan hanya gajah takut pada semut (belalai gajah adalah bagian sensitif bila kemasukan semut) tapi juga manusia harus teliti sebelum mengkonsumsi sesuatu. Semoga bermanfaat.




Sebuah opini
Ref. tkp1, tkp2
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 21-03-2022 07:01
evywahyuni
asamboigan
screamo37
screamo37 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.3K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan