Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tunarungu Bukan Penghalang untuk Dapat Menjadi Supir Ojol, Ini Dia Cara Komunikasinya
Tunarungu bukan halangan untuk dapat menjadi supir ojek online, ini cara komunikasi yang baik dengan penumpang


Ojek online, dapat dikatakan saat ini adalah jasa yang paling sering digunakan dan dibutuhkan oleh banyak orang GanSis.

Mulai dari antar makanan, antar barang, dan juga antar penumpang, semua jasa tersebut telah disiapkan dan dapat dipesan oleh mereka yang membutuhkan melalui aplikasi tertentu.

Adanya ojek online ini juga membuka peluang kerja bagi banyak orang. Selain cara mendaftarnya yang cukup mudah, persyaratan yang tidak memberatkan, bahkan beberapa golongan penyandang disabilitas tertentu pun dapat bekerja sebagai ojek online dan penumpang juga aman.

Berawal dari menonton sebuah video di Instagram @sholawat_cinta16, ane melihat seorang supir ojek online yang cukup menarik perhatian.

Pada bagian jacket supir ini tertulis penjelasan bahwa sang sopir memiliki sebuah keterbatasan yaitu disabilitas tunarungu (tuli).

Bukan hanya menjelaskan tentang kondisi dari si supir, tulisan pada bagian jacket tersebut juga dituliskan bagaimana cara penumpang berkomunikasi dengan supir agar tidak salah dalam memberikan arah tujuan perjalanan.

Bagaimana sih cara berkomunikasi dengan supir ojek online penyandang tunarungu?

Berikut ini sekilas tentang cara-cara berkomunikasi dengan supir ojol penyandang tunarungu.




1. Menggunakan Bahasa Isyarat

Jika Agan dan Sista dapat menggunakan bahasa isyarat khusus untuk tunarungu tentu ini sangat baik sekali GanSis, karena mereka akan sangat paham dengan isyarat yang Agan dan Sista gunakan. Namun jika tidak bisa bahasa isyarat maka biasanya mereka ini akan menunjukkan sebuah card atau kartu yang menjelaskan bahwa mereka tunarungu, jadi Agan dan Sista langsung duduk saja di jok penumpang.

2. Tepuk Pundak Kanan atau Kiri

Saat Agan dan Sista menjadi penumpang dati supir ojol penyandang disabilitas tunarungu biasanya mereka akan memasang pemberitahuan atau cara-cara untuk menunjukkan arah perjalanan GanSis. Sejauh ini menurut dari beberapa artikel yang ane baca, biasanya supir ojol penyandang tunarungu akan menggunakan cara tepuk pundak kananuntuk belok kanan, tepuk pundak kiri untuk belok kiri dan tepuk kedua pundak untuk berhenti.

Dalam menggunakan cara ini Agan dan Sista juga tidak bisa sembarang tepu ya GanSis, usahakan menepuk tidak terlalu kasar dan tidak mendadak saat meminta untuk belok kanan atau kiri.

3. Tidak Perlu Teriak-teriak

Sering kita lihat masih banyak orang yang kurang bisa menghargai kekurangan orang lain GanSis.

Saat Agan dan Sista berkendara dengan supir ojol penyandang disabilitas tunarungu maka GanSis tidak perlu berteriak-teriak seolah ingin memberitahukan sesuatu kepada si supir. Gunakan saja cara nomer satu dan dua, karena itu cara yang paling tepat sebab orang tunarungu tidak akan dapat mendengar teriakan Agan Sista dan hanya akan membuat mereka bingung.

4. Berterima Kasih

Mengucapkan terima kasih dengan menggunakan isyarat kepada supir ojol juga perlu Agan dan Sista berikan setelah menggunakan jasanya.

Meski ini tidak wajib namun paling tidak untuk menghargai perjuangan mereka dan juga memperlihatkan bahwa kita peduli dengan orang lain dan dapat baik dengan siapapun tanpa pandang kekurangan dan kelebihan GanSis.

Terima kasih kepada orang tunarungu dapat menggunakan salam namaste atau membungkuk berterima kasih ala orang Jepang.

sumber gambar

Itulah tadi GanSis cara berkomunikasi dengan supir ojol penyandang tunarungu. Meskipun mereka memiliki kekurangan namun masih tetap mau berjuang dengan kekurangan yang dimiliki, jadi alangkah baiknya jika kita ikut mengapresiasi perjuangan mereka dengan menggunakan jasanya.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan Agan dan Sista yang menggunakan jasa ojek online dan mendapati supir ojol penyandang tunarungu.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
garpupatah
suteragordyn
6666661234
6666661234 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
6.2K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan