samsol...Avatar border
TS
samsol...
Anggaran Sirkuit Formula E Naik Jadi Rp 60 M, PAN: Tak Aneh, Masih Hemat
Jakarta - Anggaran pembangunan sirkuit Formula E naik menjadi Rp 60 miliar. PAN DKI menilai pembangunan sirkuit Formula E masih hemat dan tidak aneh.

"Soal anggaran yang meningkat, saya pikir dari Pemprov dan pihak yang bersangkutan sudah menjelaskan. Tidak ada hal yang aneh. Sekalipun meningkat, tetap tidak melebihi anggaran rencana awal, artinya masih lebih hemat," ujar Wakil Ketua DPRD Fraksi PAN Zita Anjani kepada wartawan, Senin (7/3/2022).

PAN menilai anggaran pembangunan sirkuit Formula E tidak seberapa dibanding sirkuit lain.
Ia pun membandingkan pembangunan sirkuit Formula E dengan Mandalika.

"Kalau mau melihat lebih luas, pembangunan sirkuit Formula E anggarannya tidak seberapa dibandingkan pembangunan sirkuit lain. Contoh, sirkuit Mandalika dengan panjang 4,31 km menelan anggaran Rp 950 miliar," kata Zita.

Zita menuturkan, dengan panjang sirkuit 2,4 km, anggaran Rp 60 miliar terbilang hemat. Terpenting, menurut Zita, anggaran yang digunakan bukan dari APBD.

"Formula E yang panjangnya 2,4 km, hanya Rp 60 miliar, tentu lebih hemat. Dan yang terpenting anggarannya bukan dari penyertaan modal dalam APBD, melainkan RKA JakPro," tuturnya.


Zita mendukung pembangunan sirkuit Formula E. Ia bahkan mengaku tak sabar menunggu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan penyelenggaraan Formula E.

"Kita dukung, pembangunannya sudah separuh jalan. Apalagi kata Wagub mau dipermanenkan, tentu lebih baik. Saya pribadi, tidak sabar duduk dibangku penonton menyaksikan Pak Gubernur meresmikan ajang balap international ini," imbuhnya.

Sebelumnya, penanggung jawab proyek sirkuit Formula E dari PT Jaya Konstruksi, Ari Wibowo, mengatakan anggaran pembangunan sirkuit Formula E mencapai Rp 60 miliar. Angka ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan harga saat lelang tender Rp 50 miliar.

"Kalau di tahap ini saya masih di tahap Rp 60 miliar, ya. Tapi saya tidak boleh masuk keseluruhan anggaran penyelenggaraan event ini," kata Ari di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (6/3).

Ari mengatakan anggaran ini sepenuhnya digunakan untuk pembangunan lintasan mobil balap listrik itu. Adapun kenaikan disebabkan oleh sejumlah hal. Salah satunya penyesuaian kondisi lapangan.

"Treknya. Jadi saya tidak masuk dalam penonton, grand stand-nya penonton, tribun, itu nggak masuk," ujarnya.

"Ada pekerjaan yang bisa dilihat, di-seen. Ada yang unseen. Misal di dalam tanah ini ada tanah lunak berapa meter, lunaknya seperti apa. Itu kan unseen. Untuk melakukan penyelidikan atas sesuatu yang unseen itu, waktunya tidak sebentar. Mungkin bisa 6 bulan untuk melakukan penyelidikan," sambungnya.

Direktur Utama PT JakPro Widi Amanasto menegaskan sumber dana bukan dari penyertaan modal daerah dalam APBD DKI, melainkan dari rencana kerja dan anggaran (RKA) JakPro 2022.

"Nggak. Kita kan punya anggaran sendiri RKA 2022," jelasnya.

https://news.detik.com/berita/d-5973...eh-masih-hemat

Buset....emoticon-Ngakak

Jujur ane kagak heran liat model wakil rakyat yg pinternya luar biasa kaya gini.
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Nambah anggaran di bilang masih hemat trus di bandingkan ama sirkuit mandalika.

Eh neng...

Secara kualitas aspal saja dah beda kelasnya.
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
kiprasetya
agandamai
akumidtorc
akumidtorc dan 16 lainnya memberi reputasi
15
3.5K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan