Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lsodfhikc8Avatar border
TS
lsodfhikc8
Kisah " Demae-mochi " keunikan kurir makanan di Jepang

Sumur Foto : Ini Cuy

Agan-agan penyuka mie ? suka olahan mie apa rebus, goreng atau olahan mentahan ? emoticon-Leh Uga

Kali ini tread ane tidak membahas cara memakan mie atau merekomendasi jenis olahan mie yang enak. Melainkan sebuah jasa pengantar mie yang menjadi keunikan tersendiri dari negara jepang.




Sumur Foto : Ini Cuy

Idealnya ketika kita ingin membuat usaha dalam bidang kuliner dan memiliki banyak pelanggan yang lokasinnya jauh dari tempat berdagang kita, setidaknya kita membutuhkan kendaraan minimal kendaraan bermotor untuk mengantarkan makanan yang sudah kita olah.

Sekitar medio tahun 1930-an hingga 1960-an, Jepang memiliki sebuah cara unik dalam mengantar makanan kepada pelanggan ( dalam hal ini makanannya ialah olahan mie soba ). 




Mereka semua disebut "demae-mochi" (出前持ち), mereka membawa mie soba dan udon dari toko mie kepada para pekerja kantor yang lapar. Cara mereka membawa bahan makanan tersebut cukup ekstrim, dimana para pengantar tersebut bersepeda melalui jalan-jalan yang sibuk dengan tumpukan besar mie soba di pundak mereka. emoticon-Matabelo.






Demae-mochi sendiri diketahui sudah ada sejak periode kekaisaran Edo, ketika Keshogunan Tokugawa memerintah Jepang. 


Lukisan Cat Air tahun 1940 oleh pelukis Jepang Wada Sanz

Keahlian para kurir damae-mochi ini begitu melegenda, dalam melakukannya seorang demae yang terampil bisa membawa lusinan mie soba yang panasnnya poll emoticon-Mad (S) , disiang hari, dikemas sekaligus lalu digendong ke pundaknya lalu berjalan kaki ( sebelum sepedah diperkenalkan ) emoticon-Wow




Ketika sepedah sudah masuk dan diperkenalkan di Jepang pada medio 90-an, jasa demae-mochi semakin dibutuhkan dan inovasipun dilakukan mereka dengan lebih gokil lagi seorang demae mengendarai dengan satu tangan di setang, meliuk-liuk diantara kendaraan-kendaraan dan adapula yang saking SuHunyabisa melakukan hal tersebut sambil "ngudud" atau merokok emoticon-Leh Uga

Perlu agan ketahui bahwa kala itu seorang demae-mochi sanggup membawa makan siang ke satu perusahaan sebanyak 20 atau 30 porsi, emoticon-Wow hal itu diungkapkan oleh Nick Kapur, seorang profesor sejarah Jepang dan Asia Timur dan penulis dari Japan at the Crossroads: Conflict and Compromise After Anpo.

Tahun 1950, Negara Jepang memasuki masa industri otomotif. Dimana masyarakat kelas menengah keatas mulai memakai kendaraan mobil terutama di Ibukotanya Tokyo, sehingga membuat lalu lintas pada masa tersebut menjadi padat dan sering sekali menimbulkan banyak kasus kecelakaan yang mana demae-mochi sering sekali menjadi korban emoticon-Sorry. Akibat kasus kecelakaan yang sering terjadi, sekitar tahun 1961, pihak berwenang turun tangan ditambah pemerintah setempat juga menyatakan sikap dengan resmi melarang penggunaan sepeda sebagai transportasi pengiriman, namun jasa kurir demae tetap saja dijalankan bak sudah menjadi identitas yang mendarah daging.




Di tahun yang sama, Honda salah satu perusahaan otomotif Jepang menggenjot produksi Super Cub, Sebuah motor skutik dengan mesin 50 cc yang bisa dioperasikan dengan satu tangan saat menavigasi jalanan padat yang mana ini memodernisasi para kurir demae-mochi dalam melakukan aktivitasnya. Tsugio Ogata, salah satu desainer grafis di balik proyek tersebut. Yang mana kala itu memberi tahu co-founder Honda saat itu Fujisawa Takeo

"Ini adalah kendaraan yang dapat dikendarai oleh pengantar mie soba dengan satu tangan. dan setumpuk nampan mie di pundaknya.'”


Project Super Cup-nya Ogata pun menjadi sukses besar berkat kampanye iklan yang menargetkan para pengantar soba mie. Puncaknya 60 tahun kemudian, Super Cub adalah salah satu kendaraan bermotor terlaris sepanjang masa, dengan lebih dari 100 juta terjual dan super cup menjadi inisiasi dimulainya jasa pengantar makanan dengan kendaraan tanpa harus memikul makanannya di bahu mereka hingga sekarang. emoticon-Selamat

===============================================================


Meskipun kini keberadaan demae-mochi klasik sudah tergerus modernisasi zaman, keberadannya membuat kita semua takjub sekaligus cemas jika apa yang mereka bawa terjatuh meskipun kerja keras dan kegigihannya dalam mengantarkan makanan kepada para pekerja tersebut patut diacungi jempol emoticon-2 Jempol. Mengesampingkan itu semua, demae-mochi menjadi pioneer dari jasa pengantar makanan yang kita liat sekarang.


Demikian thread singkat dari ane, semoga bermanfaat emoticon-Jempol.



Quote:


Okutet
cheria021
HeAVen_DoG
HeAVen_DoG dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan