Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Tulisan Gus Dur Soal ‘Islam Kaset’ Ramai Dibagikan, Singgung Pengurus Masjid Bunyikan
Tulisan Gus Dur Soal ‘Islam Kaset’ Ramai Dibagikan, Singgung Pengurus Masjid Bunyikan Toa Tengah Malam

Terkini.id, Jakarta – Tulisan Mantan Presiden RI, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur tentang pelantang suara masjid banyak dibagikan di media sosial.

Tulisan tersebut diterbitkan tahun 1982 silam di Majalah TEMPO, dan dianggap relevan dengan suasana saat ini, di tengah ramainya debat soal volume toa masjid yang dibatasi.

Rupanya pada 1982 silam itu, Gus Dur juga pernah mengkritik para pengurus masjid yang membunyikan toa terlalu besar dan belum waktunya. Khususnya saat dini hari.

Dalam tulisannya, Gus Dur awalnya memberi penjelasan bahwa banyak kalangan yang tidak harus dibangunkan untuk salat, seperti lansia yang butuh tidur pulas, anak kecil, wanita yang haid dan lainnya.

“Tidak bergunalah rasanya memperpanjang illustrasi seperti itu: akal sehat cukup sebagai landasan peninjauan kembali “kebijaksanaan” suara lantang di tengah malam — apalagi kalau didahului tarhim dan bacaan Al Quran yang berkepanjangan. Apalagi, kalau teknologi seruan bersuara lantang di alam buta itu hanya menggunakan kaset! Sedang pengurus masjidnya sendiri tenteram tidur di rumah,” tulis Agus Dur.

Quote:


https://makassar.terkini.id/tulisan-...-tengah-malam/


Zalim adalah tabiat dan watak yang ada dalam diri manusia. Ini merupakan akhlak yang tercela dan sifat buruk yang dapat merusak agama, menghilangkan kebaikan, dan mendatangkan keburukan, bahkan bisa memutus tali silaturahmi.
Dikutip dari buku Ensiklopedia Doa Muslimah oleh TIM GIP, secara bahasa zalim adalah meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya atau melakukan sesuatu yang tidak semestinya. Orang disebut zalim jika melakukan sesuatu yang tidak wajar dari apa yang telah digariskan Allah dan rasul-Nya sehingga merugikan orang lain.

Semua manusia memiliki potensi untuk berbuat zalim. Itu karena manusia memiliki hawa nafsu. Contoh perbuatan zalim adalah seorang penguasa yang selalu menekan bawahannya agar tetap pada posisinya.

Zalim adalah salah satu perbuatan yang diharamkan oleh Allah, sebagaimana dijelaskan dalam hadist Qudsi berikut.

“Wahai hamba-Ku, sesungguhnya aku telah mengharamkan zalim atas diri-Ku. Dan, aku jadikan perbuatan harap di antara kalian. Oleh karena itu, janganlah kalian saling berbuat zalim.”

Maksut dari hadist ini adalah tidak diperbolehkan bagi siapa pun menzalimi orang lain, baik menyakiti atau memberikan mudharat antarsesama. Karena sesungguhnya, orang yang paling dicintai oleh Allah adalah orang yang paling berguna untuk orang lain dan memberikan kebaikan bagi orang lain.


Iblis dan setan itu adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling pintar dan paling licik.

Ketika manusia over PD bahwa dia mampu melawan mereka justru iblis dan setan tertawa bahagia.

Bahkan mereka mungkin sering menggunakan strategi yg sangat brilian yaitu menunjukan jalan surga tapi tujuan akhir ternyata neraka.
Disaat manusia merasa paling hebat maka secara otomatis kesombongan tanpa di sadarinya adalah buahnya adalah neraka.

Tak salah orang2 hebat terdahulu menggunakan ilmu padi makin tinggi dia makin merunduk sikapnya.emoticon-Cool

contohnya...emoticon-Recommended Seller
fandy15beckz
vickytej2301
dewimetal
dewimetal dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.2K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan