Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

monkbertyAvatar border
TS
monkberty
Roger Keith Barrett aka Syd Barrett, si Jenius Pecandu LSD !

Roger Keith Barrett, yang lebih dikenal dengan nama Syd Barrett lahir di Cambridge, Cambridgeshire, Inggris, pada 6 Januari 1948 dari keluarga kelas menengah pasangan Arthur Max Barrett dan Winifred Flack Heeps. Syd adalah anak ke 4 dari 5 bersaudara yang tinggal 60 Glisson Road. Mereka pindah ke 183 Hills Road pada 1951. Sejak kecil Syd sudah bermain piano serta gemar menulis dan menggambar. Ia membeli ukulele saat berusia 10, dan banjo setahun kemudian. Diumur 14 tahun ia membeli Hofner sebagai gitar akustik pertamanya, kemudian setahun berselang ia membeli gitar elektrik pertamanya dan merakit amplifiernya sendiri.


Syd's Family

Julukan Syd ia dapat dari seorang basis jazz lokal Cambridge. Awalnya ia dijuluki Sid "the beat" Barrett, kemudian ia ganti menjadi Syd. Sumber lain mengatakan julukan itu ia dapat dari teman sekolahnya kala field day di Abington Scout site, bukannya mengenakan baret Pramuka, ia justru terlihat mengenakan topi datar. Syd adalah seorang anak pramuka dengan pasukan 7th Cambridge dan kemudian menjadi pemimpin patroli. Sang adik, Rosemary Breen, mengatakan jika Syd tidak mau dipanggil dengan sebutan itu dirumah.


with Roger Waters

Saat Syd duduk bersekolah di Morley Memorial Junior School, ia sempat diajar oleh ibu Roger Waters, yang kelak menjadi rekan bandnya di Pink Floyd. DI tahun 1957, ia melanjutkan pendidikan di Cambridgeshire High School for Boys dengan Roger. Ayahnya meninggal pada 11 Desember 1961 karena kanker. Kala itu, saudara kandungnya sudah meninggalkan rumah, akhirnya sang ibu menyewakan kamar yang ada dirumahnya. Sang ibu sangat membantu Syd pulih dari kehilangan ayahnya dan mendorong Syd dan bandnya kala itu, Geoff Mott and the Mottoes tampil di ruang depan rumah mereka.


with Rosemary Breen

Lulus SMA, pada September 1962, Syd melanjutkan pendidikannya di Cambridge College of Arts and Technology, dimana ia bertemu David Gilmour. Kala itu, diakhir 1962 dan 1963, Syd mulai memainkan lagu the Beatles di berbagai tempat, namun pada 1963, ia justru menjadi fans Rolling Stones. Bersama kekasihnya kala itu, Libby Gausden, mereka menonton pertunjukan Rolling Stones di balai desa Cambridgeshire. Mulailah Syd menulis lagu. Seorang temannya ingat pernah mendengar Effervescing Elephant. Syd dan Gilmour akhirnya sering memainkan pertunjukan akustik bersama. Syd mulai bermain bass untuk They Without pada pertengahan 1963, serta bermain gitar untuk Hollerin' Blues pada musim panas berikutnya. Pada tahun 1964, Syd dan kekasihnya menonton pertunjukkan Bob Dylan dan terinspirasi menulis Bob Dylan Blues.


with Libby Gausden

Syd kemudian kembali melanjutkan pendidikannya dengan mendaftar di Camberwell College of Arts di London pada 1964 untuk belajar melukis. Di tahun 1965, Syd kemudian bergabung dengan Tea Set, dan berganti nama menjadi The Pink Floyd Sound kala ia konser dengan band dengan nama serupa, dan kemudian berganti lagi menjadi Pink Floyd. Dan ditahun yang sama, untuk pertama kalinya mereka datang ke studio saat teman Richard Wright memberi mereka waktu luang untuk rekaman.


Pada musim panasnya, Syd berkenalan dengan LSD pertamanya bersama Dave Gale, Ian Moore dan Storm Thorgerson. Dari hasil penggunaan LSD tersebut, band ini kemudian masuk ke sekte Sikh bernama Sant Mat. Storm dan Syd kemudian pergi ke sebuah hotel di London untuk bertemu guru sekter tersebut. Namun hanya Storm yang berhasil join the sect, Syd dianggap terlalu muda untuk bergabung. Storm melihat peristiwa ini begitu membuat Syd kecewa. Namun bersama teman-temannya Syd memutuskan untuk lebih banyak menulis lagu (dengan hasil Bike yang ditulis disekitar periode tersebut).


Storm Thorgerson

Ditahun 1966, bacaan Syd berubah menjadi Grimm's Fairy Tales, The Hobbit dan Lord of the Rings karya Tolkien, dan The I-Ching. Dimasa ini, Syd berkontribusi besar dalam penulisan lagu untuk album pertama Pink Floyd serta lagu yang nantinya muncul dialbum solonya. Ditahun yang sama sebuah kafe baru bernama UFO London Club dibuka dan dengan cepat menjadi surga bagi para penggiat musik psychedelic Inggris, dan Pink Floyd menjadi house bandnya. Pink Floyd kemudian dengan cepat menjadi band psychedelic paling populer di skena musik underground London.


Pada awal 1967, Syd mengencani Jenny Spiers, namun dibelakang Syd ternyata Jenny berselingkuh dengan Peter Whitehead. Jenny meyakinkan Peter untuk memakai Pink Floyd dalam sebuah film tentang the swinging London scene. Jadilah dengan biaya £80 di bulan Januari, Peter membawa Pink Floyd ke John Wood's Sound Techniques di Chelsea dengan promotor Joe Boyd. Disinilah Pink Floyd merekam versi full 16 menit Interstellar Overdrive dan Nick's Boogie. Peter mengabadikan perekaman ini dan kemudian dimasukan ke film Tonite Lets All Make Love in London.


with Jenny Spiers

Album studio pertama Pink Floyd, The Piper at the Gates of Dawn direkam antara Februari dan Juli pada 1967 di studio 3 Abbey Road dan diproduksi oleh mantan engineer the Beatles, Norman Smith. Saat album ini rilis pada 4 Agustus 1967, lagu Arnold Layne sudah mencapai tangga lagu nomer 20 di Inggris, meskipun lagu itu di banned oleh radio London. Single lanjutannya See Emily Play juga mencapai puncaknya di nomer 5. Album The Piper at the Gates of Dawn sendiripun meraih sukses dengan mencapai nomer 6 ditangga album Inggris. Syd menulis 8 lagu dan ikut berkontribusi di 2 lagu lain dalam album ini.


at Abbey Road, 1967

Di akhir 1967 hinggal awal 1968, kesehatan Syd menjadi tidak terkontrol akibat penggunaan LSD. Ada juga sumber yang berspekulasi ia menderita skizofrenia. Syd menjadi depressed and withdrawn, dan mengalami haluasinasi, bicara tidak teratur, memory lapses, mood swing yang intens. Meskipun perubahan itu terjadi secara bertahap, namun Syd totally menjadi orang yang berbeda. Perubahan paling mencolok adalah tatapan kosong dan suka bengong, Syd mulai sering tidak mengenali teman-temannya, dan sering kali tidak tau dia berada dimana. Pada saat tur Los Angeles, Syd sempat berkata "Gee, it sure is nice to be in Las Vegas!". Ia juga dilaporkan sering memainkan hanya satu kunci dipanggung atau bahkan tidak memainkannya sama sekali. Pada sebuah pertunjukan di Santa Monica, Syd perlahan detuned his guitar.


Saat diwawancarai Pat Boone selama tur, Syd hanya bengong tanpa jawaban. Syd juga menunjukkan perilaku yang sama selama tampil pertama kali di acara televisi Dick Clark show, American Bandstand. Selama periode ini, Syd sudah sering lupa membawa gitarnya ke sesi latihan, merusak peralatan dan kadang tidak dapat memegang plektrumnya. hal ini berlanjut ditahun 1967, Syd dilaporkan menghancurkan tablet Mandrax dan krim Brylcreem dan ditaburkan ke rambutnya yang akhirnya meleleh menutupi wajahnya. Namun bagian Madrax dibantah oleh Mason dengan mengatakan Syd tidak pernah menyianyiakan 'good mandies'.


at American Bandstand

Selama tur Inggris Pink Floyd with Jimi Hendrix pada November 1967, gitaris David O'List dari Nice menggantikan Syd pada beberapa kesempatan kala Syd gagal tampil. Selama natal, para personil mengajak David Gilmour untuk menjadi gitaris kedua menggantikan Barrett untuk beberapa pertunjukkan. Gilmour bermain dan bernyanyi sementara Syd berkeliaran diatas panggung. Personil lain lama kelamaan mulai jengah dengan perilaku Syd. Pada 26 Januari 1968, saat Waters mengemudi ke pertunjukan di Southampton University, mereka memilih untuk tidak menjemput Syd. Karena Syd sudah berkontribusi besar dalam penulisan lagu Pink Floyd, rencananya mereka akan menjadikannya anggota non-tur, seperti yang dilakukan Beach Boys dengan Brian Wilson, tapi ini terbukti tidak praktis.

Menurut Waters, Syd datang ke sesi latihan terakhir mereka dengan lagu baru Have Yout Got it Yet? Lagu itu tampak sederhana saat dibawakan pertama kali oleh Syd, namun menjadi sulit saat dimainkan oleh band, karena Syd mengubah aransemennya ketika mereka bermain. Water kemudian menyebutnya "a real act of mad genius." Setelah album pertama Pink Floyd, hanya Jugband Blues yang dimasukan dalam album A Saucerful of Secrets. Sedangkan Apples and Oranges hanya menjadi singel yang gagal pula. Dua lagu lain, Scream Thy Last Scream dan Vegetable Man, tetap tidak dirilis karena dianggap terlalu gelap dan meresahkan. Barrett bermain gitar di lagu Remember a Day dan Set the Controls for the Heart of the Sun.


A Saucerful of Secrets

Dengan perasaan bersalah, para personil lain tidak dapat memberitahu Syd bahwa ia sudah tidak lagi berada di band. Wright, yang kala itu tinggal bersama Syd, selalu beralasan keluar membeli rokok kala band tampil disebuah pertunjukan. Ia kembali beberapa jam kemudian dan menemukan Syd tetap diposisi yang sama, kadang dengan sebatang rokok yang terbakar habis dijarinya. Pada 6 April 1968, Pink Floyd secara resmi mengumumkan bahwa Syd sudah tidak lagi menjadi bagian di band. Dihari yang sama, kontrak mereka dengan Blackhill Enterprises juga berakhir. Namun Blackhill Enterprises tetap mempertahankan Syd. Setelah keluar dari band, Syd menghilang dari publik selama setahun. Pada 1969, atas utusan EMI dan Harvest Records, Syd memulai karir solo singkatnya dan merilis 2 album solo, The Madcap Laughs dan Barrett ditahun 1970 dan sebuah single, Octopus. Beberapa lagu, Terrapin, Maisie dan Bob Dylan Blues, mencerminkan minat awal Syd pada musik blues.


The Madcap Laughs

Peter Jenner mengikuti kepergian Syd dari Pink Floyd. Ia menuntun Syd ke EMI Studios untuk merekam beberapa lagu di bulan Mei untuk kemudian menjadi bagian di album The Madcap Laughs. Namun Peter sempat berkata "I had seriously underestimated the difficulties of working with him". Selama sesi bulan Juni dan Juli berjalan dengan baik, sebelum akhirnya Syd putus dengan pacarnya, Lindsay Corner dan pergi berkeliling Inggris dengan mobil Mini-nya kemudian berakhir di perawatan psikiatri di Cambridge. Pada tahun baru 1969, Syd menyewa sebuah flat di Egerton Gardens, South Kensington, London, bersama seniman postmodernis Duggie Fields. Flat tersebut sangat dekat dengan flat David Gilmour. Kemudian setelah itu Syd mulai kembali bermusik dan mulai memulihkan sesi rekaman yang diproduksi Peter dan beberapa perbaikan trek. Setelah sesi pertama usai, Syd mengajak drummer Humble Pie, Jerry Shirley dan drummer Jokers Wild, Willie Wilson untuk membantu, serta Gilmour bermain bass.

(lanjut di komen ya..)
Diubah oleh monkberty 23-02-2022 08:41
MasterSims
EriksaRizkiM
screamo37
screamo37 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
6.1K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan