Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Mengenal '2 Zona Preventif' Berkendara Motor dan Mobil (Penting Dipraktekin, Gan)


[ HT# 945 ]

Saat menjalankan kendaraan setiap pengemudi tidak selalu memiliki gaya berkendara yang sama baik itu motor ataupun mobil. Banyak alasan mengapa ada kendaraan yang sengaja berjalan pelan, sedang, zig zag, sampai sangat cepat.

Ketika pengemudi memacu kendaraannya maka pandangan pengemudi ke sekitarnya tentu berbeda-beda, ada yang masih bisa memandang jelas dan fokus kedepan tapi belum tentu bisa membaca keadaan disebelah kanan dan kirinya. Itulah mengapa kita perlu mengenal dan menguasai 2 zona ini sebagai langkah pencegahan dari hal yang tidak diketahui di waktu tak terduga dengan waktu sedemikian cepat.

2 zona sensor ini ibarat mata kita selain harus tetap fokus ke depan tapi juga harus melakukan pemindaian disekitar jalan. Menurut ahlinya, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, memang harus diakui cara ini membutuhkan latihan dengan menguji tingkat kewaspadaan agar lebih sensitif.

2 zona ini disebut dengan Zona Melihat (Seeing zone) dan Zona Analisa (Planning Zone). Kedua zona ini berperan penting dan saling terhubung guna mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan selama pengemudi menjalankan kendaraannya.



Kotak merah sebagai area 2 zona waspada MOTOR.


Bukan saja untuk meningkatkan kerja panca indera penglihatan, tapi juga harus bisa menganalisa adanya resiko-resiko yang mungkin saja terjadi. 3 contoh kasus sederhananya adalah: Pengemudi sedang melewati jalan berkabut tebal maka kewaspadaan dan kehati-hatian harus lebih ditingkatkan, melihat gelagat ada motor didepan jalannya oleng maka kita harus waspada dengan menjaga jarak, atau menyadari di samping ada kendaraan lain berusaha mensejajarkan kendaraan kita diwaktu yang cukup lama, maka kita harus segera waspada.

Lebih detailnya, menurut Jusri Pulubuhu, Zona Melihat adalah ketika mata melihat sesuatu tapi kondisinya masih samar atau meragukan direntang waktu antara 30-120 detik ke depan.

Sedang Zona Analisa secara kasat mata sudah terlihat dengan jelas objeknya dan otak pun sudah mampu mengenali secara jelas resiko apa yang mungkin terjadi. Zona Analisa menurutnya ada direntang waktu 12-15 detik ke depan. .



Kotak merah sebagai area 2 zona waspada MOBIL.


Jika dirasa itu sebuah ancaman maka pengemudi harus segera mengambil sikap tegas dengan langkah pencegahan atau lebih baik memilih untuk mengalah (untuk menang) dulu dengan menjaga jarak, berpindah jalur, atau membiarkan mereka mendahului atau di kondisi dimana kita harus segera menghindar dengan cepat (karena mungkin targetnya langsung ke kita diwaktu yang amat singkat).

Tapi umumnya teknik ini pun harus dilakukan dengan tenang, tidak gegabah, jika perlu lambatkan kendaraan secara bertahap, dan tetap memantau keadaan lewat semua kaca spion, tujuannya adalah agar tetap memberikan jaminan keselamatan terhadap pengendara lain saat dibelakang kita.




Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel, iskrim




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 14-02-2022 08:32
nilwatikta1965
koi7
dewisuzanna
dewisuzanna dan 17 lainnya memberi reputasi
18
4.9K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan