Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

machinAvatar border
TS
machin
Hasil Eksperimen Tentang Watak Manusia Jika Diberikan Kekuasaan,Mengerikan!!!

Stanford Prison Experiment | Simplypsychology


Sebagai pembukaan, mari kita diskusi tentang watak kita, iya, watak manusia. Watak yang bagaimana? Watak yang tidak pernah bisa kita ketahui responnya jika kita tidak melakukan satu tindakan tertentu kepada manusia. Kenapa mendiskusikan sesuatu yang tidak kita ketahui? Ya karena menarik, semua hal yang tidak bisa diketahui oleh manusia secara langsung selalu menarik untuk didiskusikan. Selain nanti ada sudut pandang yang bermacam-macam, nanti kita mungkin bisa menemukan sesuatu yang sama sekali tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.
Pastinya, diskusi ini bisa asik jika kita semua bersikap netral. Ya, semua tahu apa itu sikap netral, tak perlu lah dijelaskan. Penghuni KasKus sudah pintar-pintar. Kemudian, biar tidak melebar kemana-mana, aku akan membatasi diskusi ini hanya berdasarkan film yang berjudul The Standford Prison Experiment.


Quote:



Sumber screenshot Simplypsychology

Penelitian ini sungguh mengejutkan para tim. Belum masuk hari kedua, ada penjaga yang sudah membuat rese para tahanan. Penjaga yang berjaga pada shift 2, yaitu pada pukul 02:30 pagi, membunyikan peluit dan membangunkan para tahanan. 
Para penjaga mulai membuat aturan yang sangat serius, aturannya menjadikan para tahanan seolah benar-benar tidak memiliki moral sama sekali. Tidak ada pengakuan kebaikan kepada para tahanan, semua tahanan dianggap buruk oleh para penjaga. Dan bahkan menghukum para tahanan untuk melakukan push up hanya karena masalah kecil yang sebenarnya bukan masalah.

Akhirnya, pada hari kedua, kondisi semakin memanas. Para tahanan mulai menujukkan sikap memberontak. Mereka melepas stocking yang dipakai di kepala mereka dan merobek nomor yang ada di baju mereka. Para tahanan juga mengunci kamar tahanan mereka dengan menggunakan dipan mereka. Kejadian terus memanas dan sampai ada bentrok fisik.
Konten Sensitif


Singkat cerita, penelitian yang harusnya diselesaikan dua minggu berhenti di hari ke enam. Kondisi di dalam penjara buatan sudah tidak terkontrol. Bahkan ada satu orang yang sudah tidak kuat di hari ke dua. Dia bertindak tidak terkontrol, berteriak, dan bahkan mengutuk semua penjaga yang melontarkan kata-kata kasar dan menghukum atas hal yang sangat tidak masuk akal.


Quote:



Salah satu peserta menjerit histeris dan lupa bahwa semua yang dia lakukan hanya penelitian semata. Namun, para penjaga menjadikan penelitian tersebut seolah kehidupan di penjara yang sebenarnya. Mereka melabeli para tahanan dengan suka-suka mereka. Membuat perintah yang sebenarnya tidak masuk akal dan juga sesuatu yang tidak pernah dilakukan oleh tahanan. Semua tindakan penjaga diluar akal sehat manusia yang kalau di dunia nyata, mereka bilang bahwa memanusiakan manusia adalah segalanya.


Namun, mereka lupa menjadi manusia karena mereka mendapatkan kekuasaan penuh atas manusia lainnya.

Quote:

--
Sekian trit berbagi informasi siang ini.
Sehat dan bahagia selalu.emoticon-rose
Sumber terlampir & opri.

jerryreality220
6666661234
screamo37
screamo37 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
7.1K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan