Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Agan Kalau di Pos Ronda Pada Ngapain, Apakah Melakukan Hal Ini?



Hai Gansist! Selamat malam!

Pos sistem keamanan keliling disingkat pos siskamling atau sering disebut gardu ronda pasti ada sekitar komplek atau di kampung tempat Gansist. Gardu ronda seperti namanya digunakan untuk berjaga-jaga suasana kampung agar aman. Atau untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Biasanya, setiap warga akan mendapat giliran jaga di pos ronda. Personilnya tergantung dari jumlah kepala keluarga di dusun tersebut. Kalau di kampung aku biasanya anggota ronda per hari/malam kurang lebih berjumlah 7 sampai 10 orang.

Nah, membicarakan pos ronda atau pos siskamling kira-kira kegiatan apa yang biasa Gansist lakukan? Berikut ini, kegiatan di pos ronda yang barangkali Gansist lakukan:

1. Main Kartu


Aktivitas yang paling seru dan paling sering dilakukan yakni main kartu. Ada kartu remi kartu domino. Kalau di tempatku biasanya main kartu remi. Seru pastinya main remi bisa untuk mencegah rasa kantuk, apalagi kalau kalah dan harus menata/mengocok kartu remi.

2. Main HP

HP menjadi teman yang setia di mana pun berada. Tidak siang atau malam, hujan atau panas hp jadi teman sejati. Termasuk saat di pos siskamling. Dengan hp apapun bisa dilakukan main games, nonton YouTube, main sosmed, dll.




3. Ngobrol/Jagongan

Jagongan atau ngobrol dengan tetangga memang pas dialkukan saat di pos ronda. Meskipun bertetangga jarang sekali bisa ngobrol santai dengan tetangga karena kesibukkan bekerja masing-masing. Dengan ngobrol kita bisa saling sharing tentang berbagai hal, yang terkadang luput dari pandangan.

4. Nonton TV

Di pos ronda pastinya bukan hal yang mewah lagi dengan adanya televisi. Televisi menjadi salah satu hiburan yang bisa diandalkan saat mendapat giliran jaga di pos ronda. Nonton sinetron, nonton konser, nonton sitkom yang seru sih pas nonton bola bareng. Meriah, euh!

5. Dengar musik

Musik menjadi hiburan yang tak kalah seru apalagi pas muter dangdut koplo. Dengar musik bisa disambi apa aja, tidak terlalu fokus kayak nonton televisi. Bisa sambil main kartu, makan cemilan atau bahkan sambil bergoyang.

6. Tidur

Kegiatan yang satu ini memang sering dilakukan, apalagi pas kerjaan lagi banyak. Daripada tidur di rumah mending tidur di pos siskamling. Jadwal piket ronda terlaksana sekaligus istirahat/tidur.

7. Ngerokok

Rokok, menjadi hiburan dan bisa melegakan pikiran dan hati, katanya sih gitu. Maklum TS tidak merokok jadi tidak bisa merasakan manfaat dan fungsi dari merokok. Meskipun rokok kadang dijadikan alat bergaul/srawung bagi sebagian kaum lelaki.

8. Masak-memasak



Kegiatan masak memasak mungkin jarang ditemukan di pos ronda tapi di pos ronda ku malah sering, biasanya masak mi instan rebus atau masak bubur. Seru, bapak-bapak pada masak, terus dimakan ramai-ramai.

9. Main catur

Olahraga otak, orang sering bilang begitu. Kalau aku malah ngantuk main catur lama mikirnya, soalnya diem-dieman mainnya kayak musuhan. Tapi terkadang ada juga kok ngeronda sambil main catur karena nggak kebagian partner main kartu remi atau kartu domino.



Nah, itu tadi kegiatan yang dilakukan saat di pos siskamling. Mungkin Gansist mau menambahi, silakan ditulis di kolom komentar.

Sekian thread dari aku yang retjeh ini. Terima kasih atas atensinya. See you on next my thread.

Narasi: opini pribadi
Ilustrasi: dok. pribadi
sudarmadji-oye
gonjo17
siloh
siloh dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.3K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan