Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotugal2an541Avatar border
TS
pilotugal2an541
Anies Ingin Jakarta Zero Waste: Tapi Tak Mungkin Bila Kerja Sendiri
Wilda Hayatun Nufus - detikNews

Senin, 21 Feb 2022 11:18 WIB


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Faiq Azmi/detikcom)

Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada 7.800 ton sampah di Jakarta di setiap hari. Pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 ini, Anies menyampaikan impian ingin Jakarta jadi kota zero waste atau bebas sampah.

"Di Jakarta setiap hari ada sekitar 7.800 ton sampah tiap hari dan ini kemudian dikelola dengan proses yang kita semua sudah ketahui circular-nya, karena itu kita berharap sekali Jakarta nantinya bisa menjadi kota di mana sampah residu dikelola bersama dengan baik," kata Anies dalam sambutannya yang disiarkan di kanal Youtube Dinas Lingkungan Hidup DKI, Senin (21/2/2022).

Anies menerangkan, untuk menjadi kota zero waste, tentu tidak bisa dikerjakan sendiri. "Kalau kita perhatikan, kita ingin menjadi kota yang zero waste. Tapi ini tidak mungkin terjadi bila hanya dikerjakan sendiri," imbuh dia.

Lebih lanjut, Anies menyebut saat ini pihaknya mulai membangun fasilitas pengolahan sampah baru dengan metode refuse derived fuel (RDF) plant di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi. Anies menyebut TPST Bantargebang itu kini sudah mengelola 100 ton sampah per harinya.

"Adapun di sini di Bantargebang, TPST ini bukan lagi sebagai tempat untuk menampung sampah, tapi sekarang sudah mulai bergerak menjadi tempat untuk mengolah sampah. Kolaborasi dengan BRIN untuk mewujudkan sebuah pusat listrik tenaga sampah sebuah fasilitas karya anak bangsa yang alhamdulillah sudah berjalan dan mengelola 100 ton sampah per hari, ini adalah sebuah terobosan yang amat baik," ungkapnya

detik.com
Diubah oleh pilotugal2an541 21-02-2022 22:30
areszzjay
za4d1
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.7K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan