Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dellesologyAvatar border
TS
dellesology
Gebrakan Masyarakat Chile, Negara Yang di Pimpin Oleh Kaum Muda
Hello GanSis selamat beraktivitas dan semoga sehar selalu dan selalu jaga protokol kesehatan terlebih dicuaca yang sedang tidak menentu ini kadang panas kadang hujan yang bisa menjadi sumber utama penyakit terlebih, ditengah Pandemi yang masih merajalela termasuk varian Omnicorn yang baru yang masih menjangkiti bangsa Indonesia dan dunia, dan semoga pandemi segera berakhir dan masyarakat bisa bekerja seperti sediakala.

GanSis kali ini kreator mau berbagi mengenai negara di Amerika Latin yakni Chile. Pada Januari lalu Chile kembali melakukan pemilu dan terpilihlah Presiden Gabriel Boric yang bisa dibilang presiden termuda di Chile dia terpilih di usianya 36 tahun dan akan resmi menjabat sebagai Presiden Chile pada 22 Maret 2022 nanti. Selama masa mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum di Universitas Chili, Boric dikenal sebagai pioner yang menyuarakan hak suara pemuda Chile untuk mengubah konstitusi Chile, Boric juga merupakan anggota DPR Chile yang waktu itu mewakili Region Magallanes dan Antartika pertama sebagai wakil independen pada 2013 dan 2017 sebagai bagian dari Front Luas yang dikenal dengan koalisi sayap kiri yang ia dirikan dengan beberapa partai lainnya. Pada tahun 2021, ia terpilih sebagai calon presiden dari koalisi Apruebo Dignidad (yang mencakup Front Luas, Partai Komunis Chili, dan beberapa gerakan kecil lainnya) setelah memenangkan pemilihan pendahuluan resmi dengan 60% suara. Pada 19 Desember 2021, Boric mengalahkan José Antonio Kast pada putaran kedua pemilihan presiden, dengan memperoleh 55,9% suara. Ia ditetapkan menjadi presiden termuda dalam sejarah Chili dan merupakan pemimpin negara termuda kedua di dunia, serta presiden terpilih dengan jumlah suara terbesar dalam sejarah negara itu.


Potret Presiden Terpilih Chile Gabriel Boric. Sumber Gambar

Walaupun ia akan dilantik pada 11 Maret 2022 mendatang, namun Boric sudah membentuk kabinet yang nantinya akan membantu dia menjalankan pemerintahan di Chile. Uniknya komposisi kabinet yang dia bentuk akan berjumlah 24 orang dan 14 orang diantara jajaran menterinya nanti akan diisi oleh perempuan dari berbagai latar belakang. Menariknya didalam kabinet Boric ada satu orang yang menyita perhatian dan merupakan salah satu dari rekan Boric di tahun 2011 saat memperjuangkan pendidikan di Chile, yakni Camilla Vallejo. Camilla Vallejo ini dikenal sebagai srikandi merah Chile. Camilla Vallejo di tunjuk oleh Boric sebagai juru bicara pemerintah.


Potret Camilla Vallejo dan sang anak saat sidang parlemen. Sumber Gambar

Sebagai catatan, pasca 2011 Camila dan Boric aktif di parlemen Chile dengan membawa isu pendidikan seperti yang ia perjuangkan serta isu mengenai hak perempuan, bahkan dibeberapa kesempatan, ia seringkali membawa buah hatinya dalam rapat-rapat di parlemen karena menurutnya tugas politiknya tidak serta merta memisahkan dirinya seorang politikus, dan tugas utamanya sebagai seorang wanita dan seorang ibu. Meskipun pada saat itu Camila merupakan anggota parlemen pemerintah, Camila kerap ditemui dalam aksi-aksi protes warga Chile, dan inilah yang membuat Boric mengangkat Camilla Vallejo menjadi juru bicara pemerintah, karena kedekatan beliau dengan rakyat saat adanya protes rakyat kepada pemerintah Chile.


Sumber Gambar

Walaupun masih tergolong muda dan nyentrik penampilannya dengan tatto Boric dan Camilla Vallejo mendapatkan perhatian dan suara tersendiri dari hati rakyat Chile, terbukti pemenangan suara yang didapatkan Boric dari rakyat Chile yang membuat dirinya menang sebagai presiden Chile bahkan menjadi presiden Chile termuda serta gebrakan awalnya menaruh srikandi tangguh seperti Camilla Vallejo yang patut di apresiasi karena menjunjung tinggi kesetaraan wanita dalam politik.


Nah Gan Segitu saja sekilas mengenai presiden terpilih Chile yang sebentar lagi akan dilantik dan kabinet yang dibentuknya yang mayoritas diisi oleh wanita-wanita hebat dan ya semoga Boric bisa membawa Chile menjadi negara yang lebih maju lagi terlebih Boric latar belakangnya sebelum menjadi Presiden saat masuk Parlemen hanya warga biasa dan bekas mahasiswa hukum disalah satu universitas di Chile. Semoga ini bisa menjadi contoh buat negara Indonesia terutama kepada wakil rakyatnya walaupun sudah terpilih dan duduk di kursi parlemen yang empuk jangan mudah lupa dengan suara rakyat yang ada di luar. Karena jujur opini pribadi kreator banyak temen-temen TS dulu kuliah sebagai seorang aktivis yang lantang menyuarakan penderitaan "rakyat" katanya, tapi saat sudah lulus dan masuk ke parlemen terlena dengan kursi empuk dan fulus. Memang tiga hal dapat merusak dan merubah manusia sih GanSis Harta, Tahta, wanita, yang sebenarnya ini semua bisa diatasi kalau kita tidak memikirkan ego pribadi ketika menjabat walaupun itu sulit setidaknya cobalah amanah dan dengarlah keluh kesah rakyat setelah menjadi anggota parlemen.

GanSis itu saja thread kreator kali ini dan opini kreator kalau ada hal kritik saran atau diskusi bisa komen di thread TS ini. Oke terimakasih buat GanSis yang sudah membaca thread TS semoga menginspirasi TS akhir terimakasih dan Sampai jumpa dilain kesempatan.

emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Spoiler for Sumber dan Referensi:




MasterSims
emineminna
screamo37
screamo37 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
5.4K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan