ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Kenapa Beberapa Bus Bagasinya Bisa Tembus?
Ciao Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar mengapa beberapa bus bagasinya bisa tembus dari sisi kiri ke kanan.


Bagasi merupakan suatu bagian yang penting dalam suatu kendaraan. Tidak terkecuali juga bus. Bus membutuhkan bagasi yang cukup untuk puluhan orang yang ikut didalam kabinnya.

Beberapa bus zaman sekarang, memiliki bagasi yang bisa tembus, tanpa ada yang menonjol ditengah. Mungkin Gansis bertanya-tanya, kenapa sih beberapa bus bagasinya bisa tembus? Nah, di thread ini ane bakal membahasnya nih Gansis.

[URL=https://imotorium.com/2016/04/30/mengenal-tipe-tipe-chassis-bus-yang-beredar-di-indonesia/imotoriumS E N S O R-chassis-bus-space-frame-potong-chassis-bagasi-tembus/]sumber gambar[/URL]

Bus yang bagasinya bisa tembus, memiliki sasis yang tipenya spaceframe. Apa itu sasis spaceframe? Sasis ini bisa disebut sebagai sasis semi-monocoque yang 1-setengah atau sepertiga panjang bus ditopang oleh sasis ladderframe biasa, sisanya monokok.

Jadi, dari pabrik, bus dikirim ke karoseri untuk dipasangi body, dalam keadaan memiliki sasis yang sangat pendek. Baru di karoseri, sasisnya dipotong dan disambung dengan rangka monocoque di tengah yang juga menyatu dengan body. 

Proses penyambungan sasis spaceframe di karoseri setelah sasis bus dipotong.
sumber gambar

Keunggulan bus dengan sasis spaceframe, tentunya yang pertama adalah kapasitas bagasi. Bagi sebuah PO yang penghasilan utamanya salah satunya dari pengiriman paket, tentu hal ini penting karena makin banyak paket yang bisa dibawa.

Khusus bus dengan body MHD, SHD dan UHD, sasis spaceframe memungkinkan bus untuk menyimpan motor di bagasi. Beberapa motor bisa parkir dengan aman di bagasi, tidak perlu dimasukkan ke kabin.


Yang kedua adalah fleksibilitas. Bus lebih mumpuni untuk dipasangi dek bawah yang lebih luas (untuk bus tronton double-decker atau bus tingkat), dan juga untuk lantai yang lebih rendah pun lebih memungkinkan, contohnya bus-bus Metrotrans dan Transjakarta.

Mau dipasangi garasi mobil? Bisa, untuk saat ini hanya bus Double Decker saja yang bisa. Adiputro beberapa waktu lalu memperkenalkan bus Double Decker atau bus tingkat yang dek bawahnya dikonversikan menjadi garasi mobil dengan kemampuan untuk mengangkut mobil sport dan mobil yang tidak tinggi-tinggi amat, tentu dengan aman.

Jetbus 3+ SDD Voyager edisi spesial karya karoseri Adiputro. Muat Mercedes-Benz AMG, ane kurang tahu model apa.
sumber gambar

Yang ketiga, adalah kekuatan bus. Bus akan lebih kuat, karena kekuatan lebih berpusat di body ketimbang di sasis bus. Kekuatan akan menyebar dari kiri ke kanan, tidak hanya ditengah saja. Jadi, bus akan lebih aman.

Bus zaman dahulu, di dekade 1990an dan 2000an awal, kekuatan lebih berpusat di sasis. Sasis bus zaman dulu (misalnya MB OH 1113, OH 1518 dan OH 1521) sangat tebal, namun body-body bus pada zamannya tidak terlalu kuat. Jadi ketika bus terguling atau terjadi kecelakaan, akan kurang aman karena kekuatan body bus tidak sebaik yang sekarang, dimana kekuatan lebih terpusat pada body, apalagi pada bus dengan sasis spaceframe.

Body Banteng karya karoseri GMM, yang membalut sasis Mercedes-Benz OH 1113 lawas.
sumber gambar

Untuk saat ini, bus dengan sasis spaceframe yang paling populer adalah Mercedes-Benz OH 1626. Ini dikarenakan harganya yang murah namun sudah lumayan nyaman dengan air suspension, juga sudah menggunakan sasis spaceframe. Selain itu ada Scania K360IB, K410IB, Mercedes-Benz O500R 1836, serta juga Mercedes-Benz O500R 2542.

Nah, itulah isi thread ane yang membahas seputar bagasi tembus. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ane? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Referensi: 1, 2, 3
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bermaksud untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
EriksaRizkiM
HeAVen_DoG
aldirules1205
aldirules1205 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
8.2K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan