c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Timor Leste Miskin! Yang Bener Gan?




Youtuber Indonesia sering membuat narasi kalau negara tetangga Timor Leste itu negara miskin? Tidak salah juga, karena berdasarkan angka Timor Leste masuk peringkat 152 dari 162 negara yang miskin di dunia.

Namun bagaimana kemiskinan yang terjadi disana?



Apakah terjadi kelaparan hebat seperti di negeri Afrika, apakah masyarakatnya hidup serba kekurangan?

Oke, ane akan ajak sedikit melihat narasi visual dari youtuber lokal disana. Jadi tidak berpatokan pada youtuber Indonesia, yang seringnya memojokkan negara tetangga tersebut dengan judul heboh yang memberikan kesan negara itu ingin kembali ke pangkuan Indonesia.





Dari vlog VictoriagenIX, terlihat kemacetan yang terjadi di wilayah Timor Leste. Ini menandakan banyaknya mobil, motor atau kendaraan yang beroperasi disana hingga menimbulkan kemacetan.

Ini menandakan kehidupan di Ibukota Timor Leste baik-baik saja, tidak ada yang hidupnya miskin, hingga mereka susah untuk makan, bahkan busung lapar terjadi dimana-mana tidak nampak.



Bahkan mereka masih bisa asik shoping ke Timor Plaza, salah satu mall besar yang ada disana. Narasi miskin yang disebutkan memang sama sekali tidak terasa di vlognya warga lokal ini.

Sebab begini, pada dasarnya di negara miskin pun akan ada masyarakat yang kaya begitu juga sebaliknya di negara kaya akan ada juga masyarakat yang miskin.

Jadi masalah kemiskinan yang terjadi di Timor Leste tidak bisa dipatok rata, sama akan halnya di Indonesia masih banyak masyarakat miskin yang butuh bantuan dari pemerintah.



Jalan-jalan desa yang terisolir juga masih cukup banyak, jadi lebih baik hentikan narasi-narasi menghibur diri, seakan Timor Leste masyarakat hidupnya serba susah, serba sulit lalu ingin kembali ke Indonesia.

Lupakan itu semua, Timor memang sudah memilih untuk merdeka dan berpisah. Masyarakat disana juga tidak semiskin yang diwartakan, kehidupan ekonomi mereka masih berjalan normal. Sama halnya dengan daerah lain yang ada di Indonesia, kehidupan masyarakatnya sibuk dengan aktivitas harian pada umumnya.

Memang kalau ada yang masih mengharap Timor kembali ke Indonesia, itu hal yang wajar. Tapi, membuat narasi seakan masyarakat Timor Leste tidak betah karena kehidupan disana itu sangat miskin? Ini yang patut dipertanyakan, terlihat kehidupan di Dili seperti tidak ada kemiskinan, walau tentu saja realita kemiskinan pasti ada namun agak berbeda dari yang selalu diwartakan, sekali lagi kesenjangan sosial di banyak wilayah pasti ada.

Apakah dengan berganti warga negara langsung bisa kaya?


Tapi, lebih baik kita membangun Kupang, karena pada dasarnya mereka juga bagian dari Indonesia, dan lupakan tentang Timor Leste bila mereka menjadi negara bankrut, dan gagal bayar hutang itu sudah menjadi pilihan mereka.

Bagaimana tanggapanmu dengan hal ini juragan?





Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




Diubah oleh c4punk1950... 15-02-2022 05:35
asamboigan
goeltom25338186
agusrezapratam4
agusrezapratam4 dan 41 lainnya memberi reputasi
36
14.7K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan