Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

update.psiAvatar border
TS
update.psi
PSI Curiga PNS DKI Bakal Dipaksa Beli Tiket Formula E


TEMPO.CO, Jakarta - Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Anggara Wicitra Sastroamidjojo, curiga dengan penyelenggara Formula E yang seluruhnya melibatkan BUMD DKI Jakarta. Mulai dari PT JakPro selaku penyelenggara, Jaya Ancol sebagai penyedia tempat, hingga Jaya Konstruksi Manggala Pratama yang bertugas membuat sirkuit balap mobil listrik tersebut.

"Jangan-jangan nanti (biaya pembuatan sirkuit) ditalangi oleh pinjaman Bank DKI, dan disponsori oleh seluruh BUMD. Lalu yang disuruh membeli tiket seluruh PNS dan karyawan BUMD DKI Jakarta. Semuanya mau di-setting," ujar Anggara dalam keterangannya, Sabtu, 11 Februari 2022.

PSI curiga ajang Formula E seperti rekayasa, setelah melihat proses lelang tender sirkuit yang tidak transparan oleh JakPro. Anggara mengatakan pada 5 Januari 2022, JakPro memang telah mengumumkan lelang terbuka untuk sirkuit tersebut. Tapi tak lama kemudian perusahaan menyatakan lelang gagal tanpa alasan yang jelas.

"Setelah itu, tiba-tiba sudah ada pemenangnya lagi. ini bisa diduga ada upaya sistematis meloloskan Formula E yang sudah banyak masalah dari awalnya," kata Anggara.

Anggara mengatakan pengumuman tender yang diulang seharusnya mengundang peserta yang mendaftar tender sebelumnya. Menurut dia, PSI telah mencoba meminta dokumen prosedur pengadaan barang dan jasa dari JakPro, tapi sampai saat ini belum diberikan.

Anggara menantang JakPro untuk membuka nama perusahaan yang mengikuti lelang itu beserta jumlah penawarannya kepada publik. Ia menantang JakPro membuka penyebab tender gagal dan saat tender ulang dibuka kembali, apakah mengundang juga peserta yang sebelumnya gagal.

"Sekarang kami curiga, bisa jadi semuanya rekayasa belaka untuk menutupi persekongkolan. Apalagi yang menang Jaya Konstruksi, apa ada hubungannya dengan pinjaman Ancol?" kata Anggara.

Tuduhan JakPro melakukan rekayasa dalam lelang dan penyelenggaraan Formula E ini sudah dibantah oleh Vice Managing Director Formula E, Gunung Kartiko. Ia mengklaim pihaknya sudah transparan terhadap proses lelang tender sirkuit Formula E.

"Proses pengadaan dan pembangunan sirkuit Jakarta E-Prix 2022 (Formula E) sudah sesuai prinsip pengadaan barang dan jasa yang ada di perusahaan dan dilakukan check and balances untuk independensi dan kredibilitas pengambilan keputusan. Tidak ada pemenangan terencana pada proses ini,” ujar Gunung.

https://metro.tempo.co/read/1560071/...iket-formula-e
gErOnImO2008
muhamad.hanif.2
F3121AS
F3121AS dan 8 lainnya memberi reputasi
7
2.2K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan