iskrimAvatar border
TS
iskrim
Jawaban, Kenapa Tidak Ada Kunci Stang Motor yang Lurus Atau Hadap Kiri


[ HT# 944 ]

Aksi maling motor yang gak ngotak memang benar-benar nekat bahkan ada yang tergolong sadis demi sebuah motor incaran bisa dia peroleh dengan cara paksa, gak mikir panjang akibat dan resikonya seperti apa.

Pabrikan motor pun mencoba beberapa cara dengan teknologi kekinian guna menghindari pencurian motor, seperti mulai menambahkan penutup anak kunci. Dan teknologi tercanggih saat ini seperti model keyless pun masih juga bisa diembat, paling gabutnya ya, motor itu dicuri dengan cara diangkat atau digendong lalu dinaikkan ke mobil bak!

Beredar mitos lama dimasyarakat teknik mengunci stang menghadap kanan dianggap cukup efektif daripada menghadap kiri, karena kunci T sebagai andalan maling untuk merusak kunci bisa mengalami kesulitan menjebol lubang kunci karena terhalang oleh bagian stang yang aksesnya menuju kunci inti.


Stang menghadap kanan masih bisa di maling

Namun teknik kunci stang menghadap kanan tidak semua tersedia karena hanya tipe motor tertentu saja yang bisa dan sama sekali tidak berguna jika diterapkan di motor jenis sport ataupun trail. Jadi solusi terbaik yang paling aman adalah dengan menambahkan beberapa kunci ganda seperti menggembok piringan cakram, menambahkan alarm, merantai roda motor, mengganti lubang kunci dengan model 'ding dong' dan lain sebagainya ini akan menyulitkan, menambah kerjaan si maling, mengulur waktu, dan akan maling akan berikifir ulang untuk beraksi.



Kunci model ding dong

Lalu pertanyaannya sekarang adalah dari beberapa teknik dan cara menghindari kecurian motor mengapa tidak ada rekomendasi mengunci motor dengan stang ke kiri atau lurus saja?

Menurut pengamatan dan wangsit yang saya terima dari mbah Jambrong asal khayangan alam setengah sadar, jika stang dikunci menghadap kiri akan menyulitkan akses pengendara, kaki kanan cenderung mentok stang kiri saat akan menaiki motor, kalau menghadap kanan seperti sekarang ini lebih mudah untuk diakses pengendara yang akan menaikinya sekaligus sebagai pengaman kunci motor.

Lalu bagaimana kalau mengunci motor dengan posisi stang lurus? Saya rasa hampir sama saja, tidak ada gunannya, seperti halnya motor sport dimana lubang kuncinya tidak memiliki pengaman tambahan dari pabrik seperti halnya motor bebek atau matic.

Alasan lain mengapa tidak ada teknik mengunci stang motor model lurus karena tujuannya untuk menghemat penempatan dan ruang saat disimpan di pabrikan, saat pengiriman, termasuk saat parkir dirumah yang umumnya pemilik motor memiliki lahan yang terbatas.



Mengunci stang motor menghadap lurus selain menambah ukuran motor jadi lebih memanjang saat parkir, tapi juga beresiko motor langsung meluncur tanpa kendali saat setelah parkir diturunan oleh pengemudi pemula.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 13-02-2022 10:19
azmitegal
davecchio
primzlegacy666
primzlegacy666 dan 19 lainnya memberi reputasi
18
11.2K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan