wa2n43Avatar border
TS
wa2n43
Istana di Ibu Kota Baru Rp2 T, Ridwan Kamil: Berlebihan

Istana di Ibu Kota Baru Rp2 T, Ridwan Kamil: Berlebihan

Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
NEWS 10 February 2022 09:45

IKN (Dok: PUPR)
Foto: IKN (Dok: PUPR)
Jakarta, CNBC Indonesia -

Ongkos pembangunan istana negara di Ibu Kota Baru Nusantara, Kalimantan Timur dinilai terlalu mahal untuk satu fungsi bangunan. Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Menurut dia dalam praktek arsitektur desain awal tidak selalu langsung dibuat karena ada kompromi lain seperti biaya teknis dan selera klien. Sehingga desain awal istana ini masih harus dikawal dan dikaji.

"Hasil akhir biasanya nggak sama dengan desain awal. Tapi itu keputusan politiknya, termasuk istana negara hingga Rp2 triliun itu nggak masuk akal. Membelanjakan Rp2 triliun untuk satu fungsi bangunan agak berlebihan," kata Ridwan Kamil dalam diskusi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Rabu (9/2/2022).

Ridwan melihat presiden punya otoritas untuk memilih bangunan sesuai seleranya. Seperti presiden Soekarno yang membangun Jakarta sesuai seleranya, dimana patung dan gigantisme.

Meski begitu mengusulkan harus ada pendampingan dari asosiasi arsitek sebagai pembisik atau penasihatnya. Supaya asosiasi terlibat dalam proses pembangunan ini.

"Ada perdebatan desain garuda besar dan pilihan material menjadi Rp2 triliun itu dari material (mahal, red) bukan dari luas bangunan. Itu pilihan monumental bikin patung tapi seolah-olah bangunannya mahal. Ini momen IAI punya sikap dan didengar masyarakat karena menyangkut nama baik bangsa di masa depan,"kata Ridwan.

Diketahui total dana yang dibutuhkan untuk pembangunan IKN baru mencapai Rp466 triliun. Sementara untuk pembangunan kawasan pemerintahan termasuk istana membutuhkan anggaran Rp51 triliun.


(dce/dce)

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...mil-berlebihan
bukan.bomat
tepsuzot
evywahyuni
evywahyuni dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.7K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan