cintadineAvatar border
TS
cintadine
10 Game PS1 Terbaik Sepanjang Masa yang Harus Gamer Mainkan Setidaknya Satu Kali


Playstation 1 dirilis pada 1994 oleh Sony di Jepang dan 1995 di seluruh dunia. Awalnya memang tidak begitu terdengar namun ketika para developer berlomba untuk mengembangkan game terbaik, konsol ini mampu membuat sejarah yang tak akan terlupakan dan terus dikenang hingga sekarang. Meskipun angka penjualannya tidak sebanyak PS2, namun PS1 punya ceritanya tersendiri di mana konsol ini yang mampu menjungkalkan Nintendo dari tahta raja konsol sekaligus membuat Sega keteteran dalam persaingan.

Era PS1 menjadi era keemasan video game di mana pada saat itu belum ada yang namanya game online, microtransaction, hingga konten yang harus dibeli lagi dalam game. PS1 juga menjadi salah satu konsol dengan jumlah game yang sangat banyak yaitu lebih dari 7000 judul game yang dirilis. Luar biasa bukan?

Dalam sejarah video game,era PS1 juga merupakan bermunculannya game dengan kualitas yang sangat baik dan bahkan beberapa di antaranya masih layak untuk dimainkan di era sekarang.

Maka dari itu, ane mencoba menyusun daftar beberapa game terbaik PS sepanjang masa yang harus agan mainkan setidaknya sekali dalam seumur hidup.

10. Harvest Moon: Back to Nature


Sebenarnya game buatan Natsume ini tidak terlalu dikenal di dunia barat, namun di Indonesia game ini sangat terkenal dan bahkan masih banyak dimainkan hingga saat ini.

Harvest Moon: Back to Nature adalah game simulasi kehidupan dan pertanian yang tak lekang dimakan zaman. Orang yang awam terhadap game PS lainnya juga sangat menyukai game ini karena gamenya yang sederhana dan mudah dimainkan. Kalau dipikir-pikir lagi, game ini memang repetitif tapi mungkin game ini punya sesuatu yang sulit dijelaskan kenapa begitu dicintai oleh gamer di Indonesia.

9. Final Fantasy VII


Sering disebut sebagai seri Final Fantasy terbaik. Meski sebenarnya yang layak dijadikan terbaik adalah Final Fantasy VI namun karena kalah tenar dan grafiknya masih 2D, maka FFVII lah yang lebih populer.

FFVII adalah seri Final Fantasy pertama dengan grafik 3D dan juga merupakan yang paling terkenal. Mempunyai tiga bagian keping CD, kisah game RPG ini cukup panjang dan juga membutuhkan waktu gameplay yang cukup lama. Cerita yang dihadirkan dan juga karakter yang ikonik merupakan alasan kenapa game ini bisa sukses besar.



8. Crash Bandicoot Trilogy


Naughy Dog dikenal sebagai developer game papan atas dan pertama kali dikenal karena seri trilogi Crash Bandicoot. Game ini bergenre platformers dan memiliki grafik yang sangat baik di masanya. Kunci keberhasilan Crash Bandicoot bisa sukses adalah karena gameplaynya yang sangat asik dan juga adiktif. Naughty Dog menerapkan sistem level yang pas di mana game ini tingkat kesulitannya semakin tinggi ketika petualangan semakin jauh dan juga melawan boss.

Sebagian gamer juga berpendapat jika seri ketiga yaitu Crash Bandicoot 3: Warped justru menjadi yang paling mudah untuk dimainkan.

7. Medal of Honor


Salah satu pionir game bergenre FPS dan bisa jadi ini adalah cikal bakal atau yang menginspirasi seri Call of Duty.

Medal of Honor dikembangkan oleh DreamWorks Interactive dan dirilis oleh EA pada 1999. Cerita dalam game ini ditulis oleh sutradara Steven Spielberg. Dengan grafik PS1, game ini mampu memberikan pengalaman bermain game FPS yang cukup seru di masanya. Berlatar pada babak akhir masa Perang Dunia 2, Medal of Honor pertama ini layak agan mainkan kembali untuk merasakan kembali bagaimana vibes dari game perang era PS1.

6. Chrono Cross



Sama-sama digarap oleh Square, Chrono Cross memang kalah populer dari Final Fantasy. Namun dari segi story, Chrono Cross patutlah diacungi jempol dan juga gameplaynya yang juga sama bagusnya. Game ini merupakan sekuel dari Chrono Trigger yang dicap sebagai salah satu game RPG terbaik sepanjang masa.

Chrono Cross dirilis pada tahun 2000, tahun yang sama dengan perilisan Final Fantasy IX. Angka penjualannya pun kalah dari FFIX, namun Chrono Cross ini punya sesuatu yang unik yang tak dimiliki oleh seri Final Fantasy.

5. Tony Hawk's Pro Skater 2


Game skaterboard ini membawa nama Tony Hawk, skater terkenal di masanya. Game ini dulu merupakan salah satu game yang paling banyak dimainkan di rentalan. Grafik yang cukup wow dan juga gameplaynya yang dinamis membuat game ini mendapatkan ulasan yang sangat baik.

Dalam game seri Tony Hawk kedua ini, berbagai fitur ditambahkan dan juga beberapa map yang dapat dipilih untuk beraksi di atas skateboard dan juga style atau berbagai gerakan yang dapat dieksplor pemain agar mendaparkan poin sebanyak-banyaknya.

4. Tekken 3


Dirilis pada 1998, Tekken 3 mendapatkan respon yang sangat positif dan dinobatkan sebagai salah satu game fighting terbaik sepanjang masa. Game ini menjadi game fighting yang paling banyak dimainkan di PS1 jika dilihat dari angka penjualannya.

Boleh dibilang, jika Tekken 3 ini memiliki grafik yang melebihi zamannya dan menyaingi Street Fighter dan Mortal Kombat yang saat itu tengah berjaya.

Berkat kesuksesan Tekken 3, Namco selaku developer terus mengembangkan sekuelnya hingga berlanjut ke PS4.

3. Resident Evil 2


Salah satu penentu kesuksesan franchise Resident Evil ya seri kedua ini. Resident Evil 2 dirilis pada 1998, mengisahkan polisi rockie bernama Leon Kennedy yang terjebak di Racoon City yang sudah menjadi kota zombie dan bertemu dengan gadis bernama Claire Redfield.

Para penggemar Resident Evil memang menganggap game ini begitu memorable dan tak terlupakan. Salah satu alasannya adalah puzzle-nya yang merupakan ciri khas dari Resident Evil dan juga story-nya yang dinilai lebih baik dari seri pertama. Pada 2019, versi remakenya dirilis dengan plot dan garis besar cerita yang sama.

2. Gran Turismo 2


Gran Turismo 2 menjadi game terlaris sepanjang masa untuk PS1, game simulator yang dikembangkan oleh Polphony Digital ini dirilis pada 1999. Terdapat 2 CD dalam penjualannya. Yaitu CD untuk mode arcade dan CD untuk mode simulasi dan mode simulasi inilah yang menjadi mode utama.

Lewat game ini, pada masa itu pemain diajak untuk seolah menjadi pembalap profesionak yang memulai karirnya dari nol, membeli mobil, mendapatkan SIM, hingga ikut balapan.

Ada berbagai mobil dari berbagai brand yang tengah populer di era 90an dan pemain akan merangkak dari mobil dengan harga yang paling murah.

1. Metal Gear Solid


Merupakan masterpiece dari seoeang Hideo Kojima. Kreator game asal Jepang itu benar-benar visioner dalam mengembangkan Metal Gear Solid. Bagaimana tidak? Formula yang ada dalam game ini setelahnya banyak digunakan pada game-game action berikutnya bahkan dipakai hingga sekarang.

Game ini juga memiliki grafik dan voice actor yang membuat nuansa cerita menjadi lebih hidup. Bukan hanya itu, cerita dalam game ini juga merupakan salah satu cerita terbaik yang ada dalam video game. Mengusung genre stealth action, pemain akan berperan sebagai Solid Snake yang mempunyai misi yang cukup rumit dan masuk ke dalam wilayah musuh secara diam-diam.

Karena game ini lumayan sulit, maka disarankan agan memakai cheat di emulator saat memainkannya jika ingin memainkan game ini untuk pertama kali.

Nah, gan. Game apa aja yang udah agan mainkan? Dan buat agan yang lahirnya di atas tahun 2000an mungkin banyak game PS1 yang belum dimainkan, ane rekomendasikan kesepuluh game di atas emoticon-Big Grin

Quote:
EriksaRizkiM
tom1988
topantita
topantita dan 24 lainnya memberi reputasi
25
12.6K
178
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan