Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotugal2an541Avatar border
TS
pilotugal2an541
Ketua DPRD DKI: Uang Formula E Rp 560 Miliar Dipakai untuk Bayar Fee ke FEO
Ketua DPRD DKI: Uang Formula E Rp 560 Miliar Dipakai untuk Bayar Fee ke FEO

Tiara Aliya Azzahra - detikNews

Selasa, 08 Feb 2022 12:09 WIB

Foto Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi: (Ari Saputra-detik)

Jakarta -

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyebut anggaran sebesar Rp 560 miliar untuk Formula E yang bersumber dari APBD DKI bukan untuk dinikmati warga Jakarta, melainkan lari ke luar negeri. Dia menyebut uang itu digunakan untuk membayar commitment fee ke Formula E Operation (FEO) yang bermarkas di Inggris.

"Pengeluaran terbesar Formula E saat ini sebesar Rp 560 miliar. Itu dipakai untuk pembayaran commitment fee ke Formula E Operation (FEO)," kata Prasetio melalui keterangan tertulis, Selasa (8/2/2022).

Pras, sapaan karibnya, mengatakan anggaran itu berpotensi digunakan untuk satu kali balapan Formula E. Sebab, kepala daerah yang menggantikan Gubernur DKI Anies Baswedan tak berkewajiban melanjutkan programnya.

Politikus PDIP itu juga meyakini hal ini menjadi penyebab Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga pada 15 Agustus 2019 lalu mengirimkan laporan kepada Anies Baswedan. Salah satu isi laporan itu menyebutkan bahwa kewajiban membayarkan commitment fee selama 5 tahun bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah pasal 92 ayat 6.

Pras juga menyinggung soal besaran commitment fee di Jakarta merupakan yang paling besar dibandingkan negara-negara lain. Ia mencontohkan, penyelenggaraan Formula E di Montreal, Kanada, hanya dikenakan biaya nomination fees for the City of Montreal senilai Rp 1,7 miliar dan Race fees senilai Rp 17 miliar, dengan total biaya sebesar Rp 18,7 miliar

"Di sini memang tampak Pemprov DKI Jakarta tidak terlibat langsung dalam penyelenggaraan. Tapi nyatanya kan Jakpro sebagai pelaksana sepenuhnya ada dibawah kendali Gubernur," ucap Pras.

sumber

JANGAN SAMPE LOLOS, PEPET TEROSSS

snoopze
irmanator
aldonistic
aldonistic dan 14 lainnya memberi reputasi
15
2.3K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan