valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Bicara Luas Jalan, Gubsu Edy Keluhkan APBD Lebih Kecil Dibanding Jatim


Medan - Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan keluhan soal APBD di Sumut yang hanya Rp 14 triliun. Menurutnya APBD ini kecil jika melihat panjangnya jalan di Sumut.

"Sumatera Utara ini luas pak, jalan provinsinya yang terpanjang. Tetapi APBD-nya Rp 14 triliun," kata Edy melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (6/2/2022).

Edy menyampaikan hal itu kepada Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury yang berkunjung ke Medan. Edy menyebut kondisi APBD ini salah apalagi jika dibandingkan dengan Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang memiliki luas jalan yang lebih kecil.

"Ini seperti ada yang salah, karena dengan 33 kabupaten/kota, dan luas areal perkebunannya 3 juta hektare lebih, itu terlalu kecil. Dibandingkan Jawa Timur yang 2,3 ribu km jalan provinsinya dengan APBD Rp 32 triliun," ujarnya.

Ia menuturkan hal ini karena kondisi jalan di Sumut masih banyak yang rusak dan harus diperbaiki. APBD yang ada, kata Edy, tidak cukup untuk memperbaiki jalan yang rusak ini.

Edy mengatakan salah satu wilayah yang memiliki jalan rusak adalah areal perkebunan yang berstatus sebagai jalan provinsi. Edy mengatakan Pemprov Sumut tidak memiliki uang yang cukup untuk memperbaiki jalan ini.

"Kebun itu kan menggunakan jalan, dan untuk memperbaiki itu wewenangnya adalah provinsi (pemerintah provinsi). Tetapi uang untuk memperbaikinya itu nggak ada," ujarnya.

Menurutnya kondisi keuangan itu yang membuat jalan di Sumut banyak yang rusak. Hal ini juga sudah disampaikannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi)

"Jadi jalan yang terjelek itu di sini. Tadi saya sampaikan juga sama Pak Presiden (saat kunjungan ke Sumut)," jelasnya.

Untuk diketahui, infrastruktur jalan provinsi di Sumut memiliki panjang 3.000,5 km. Dimana 75,% nya dalam kondisi mantap, dimana 25% lainnya masih butuh sentuhan.

https://news.detik.com/berita/d-5930...ibanding-jatim

Lha.. Yang nyusun APBD sumut kan situ sendiri.. Kok malah komplain ke orang lain??.. emoticon-Malu (S)

Kalo perusahaan perkebunan yg pake dan rusak jalan provinsi.. Ya tegur (kalo perlu jewer) dan suruh perbaiki dong.. emoticon-Malu (S)

Kalo perlu "palak" tuh CSR perusahaan buat perbaiki jalan2 d sumut.. Jenderal kok malah curhat??.. emoticon-Malu (S)





emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 06-02-2022 04:13
muhamad.hanif.2
apawaal
bukan.bomat
bukan.bomat dan 15 lainnya memberi reputasi
16
3.5K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan