Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Berbagi Pengalaman! Begini Proses Memperpanjang SIM di Polres Bantul



Hai Gansist! Selamat pagi, siang, sore, dan malam.
Surat ijin mengemudi atau lebih sering disebut dengan SIM. Memiliki SIM salah satu syarat bila ingin berkendara yang harus diperpanjang masa berlakunya setiap 5 tahun sekali.

Pada thread kali ini aku akan membahas tentang pengurusan perpanjang masa berlakunya SIM. Berhubung aku tinggal di Bantul, aku akan berbagi kisah tentang pengurusan perpanjang SIM pada tanggal 4 Februari 2022.

Adapun yang perlukan dalam pengurusan perpanjang SIM adalah
-surat hasil tes psikologi,
-surat keterangan sehat dari dokter,
-fotokopi KTP 1 lembar,
-SIM asli beserta fotokopian 1 lembar.
Simpel, kan, cuma 4 syarat yang dibutuhkan.



Sebaiknya fotokopi SIM dan KTP bawa dari rumah saja sebanyak 3 lembar, yang diperuntukan: tes psikologi 1 lembar, cek kesehatan 1 lembar, dan 1 lembar lagi untuk di polres.
Baik marilah kita prethelin satu-satu;

A. Surat tes psikologi.

Biaya untuk tes psikologi sebesar 50 ribu. Tempat tes tepat berada di sebelah Utara Samsat Bantul. Jadi Gansist bila mau mengurus perpanjangan SIM, yang pertama dilakukan nyari surat tes psikologi dulu. Bawa fotokopi KTP dan fotokopi SIM, cukup 1 lembar masing-masing. Usahakan jangan fotokopi di lokasi karena biasanya akan lebih mahal. Kemarin, aku diminta fotokopi 3 lembar bayar 5.000.



Tes psikologi bukanya jam 07.00. Pelaksanaan tes pun secara massal, kira-kira 30 orang masuk dalam ruangan diminta mengerjakan soal sebanyak 30 soal dijawab dengan ceklist. Pilih Ya atau Tidak. Jangan khawatir soalnya tidak susah kok, hanya seputar pribadi kita. Contoh: apakah anda sering mengalami rasa kurang konsentrasi? Jawab: tidak

B. Surat Cek Kesehatan.

Biaya untuk cek kesehatan sebesar 25 ribu. Lokasinya hanya di Utara kantor polres Bantul. Jam buka mulai dari jam 07.30 sampai setengah hari jadi datang lah lebih awal agar dapat nomor antrean kecil. Caranya pun sangat mudah, Gansist tinggal menyodorkan surat hasil tes psikologi plus fotokopi KTP. Gansist akan diperiksa tensi darah dan ditanya berapa BB, TB serta disuruh membaca titik-titik warna. Aku termasuk buta warna parsial karena tidak bisa membaca kode warna.
Bila ingin sedikit lebih murah Gansist nyari surat sehat di puskesmas terdekat tempat tinggal Gansist.

Setelah kedua surat tersebut didapat langsung saja Gansist masuk ke polres bagian administrasi SIM. Gedungnya baru, bangunan tinggi dari depan wana biru lebih dominan. Lokasinya berada di paling selatan kantor polres Bantul.



Sampai di depan gedung, harus antre untuk cek suhu tubuh, bila suhu normal pintu otomatis akan terbuka. Setelah masuk Gansist akan dihadapkan pada monitor pendaftaran. Pas ane kemarin ada petugas yang mengarahkan untuk pencet tombol pendaftaran dan mengecek kelengkapan berkas. Setelah lengkap selanjutnya, akan muncul 2 lembar nomor antrean. Lalu masukkan loket pembayaran berkas tersebut dan bayar sebesar 75 ribu lalu Gansist diberi blanko untuk diisi yang akan diserahkan di loket 1 lantai 2. Kenapa rangkap 2 nomor antrean? Karena 1 lembar akan dimasukkan dalam berkas, dan yang satu untuk pegangan saat nunggu antrean agar tidak lupa.

Selanjutnya untuk pengurusan perpanjangan SIM diarahkan ke lantai 2. Setelah sampai di depan pintu, tempelkan barcode yang ada di nomor antrean untuk membuka pintu masuk. Masuk dan duduk nunggu panggilan sesuai nomor.

Di lantai 2 ada 3 loket yang harus Gansist masuki. Loket 1 untuk mengecek atau menginput data-data milik Gansist. Setelah selesai lalu keluar dan nunggu panggilan ke loket 2 yakni untuk foto wajah dan scan sidik jari. Setelah dari loket 2, langsung masuk loket 3 untuk mengambil SIM baru milik Gansist. Dan misi pun selesai.



Setelah selesai Gansist bisa langsung pulang melewati pintu keluar yang ada tulisan exit

Nah itu tadi pengalaman ane, mengurus perpanjangan SIM dengan total biaya yang sebesar 150 ribu. Sebetulnya mengurusnya tidak terlalu lama, hanya nunggu antrean yang lama. Kemarin aku sampai rumah sekitar jam 09.30 wib, berangkat jam 06.30 wib.

Sekian thread dari aku, semoga bermanfaat. Terima kasih.


rjet
mangdodog
indrag057
indrag057 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
4.6K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan