Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yachtsourcingAvatar border
TS
yachtsourcing
Memilih Kapal Model Katamaran Wajib Pertimbangkan Ini

Model katamaran, jenis kapal yang satu ini mungkin jarang didengar. Tetapi kami jamin jika hampir semua orang pernah melihatnya karena dalam segi design, ini cenderung unik. Jadi, apa yang membuat Anda harus memilih kapal ini dan apa saja nilai minus yang dimiliki?

Model kapal ada banyak, dan hampir semua memiliki nilai keunggulannya tersendiri. Ini juga yang membuat lahirnya banyak fans kapal baik hanya sekedar melihatnya tau bahkan ingin membelinya. Dan salah satu model kapal tersebut adalah Katamaran atau dua lumbung.

Katamaranini diambil dari bahasa Tamil India, “Kattumaram” yang kalau diartikan adalah multi lumbung. Dan jika kita melihat model katamaran tersebut, design yang paling menonjol ada di dua lumbungnya. Berbeda dengan kapal yang pada umumnya kita kenal lumbung tunggal.

Dan dari sini juga nantinya kita bisa melihat banyak keunggulannya. Jika Anda sedang mencari atau ingin membeli kapal yang penuh dengan keunggulan, maka model ini tidak boleh lepas dari perhatian. Tetapi harus perhatikan juga kelemahan yang dimiliki pada kapal ini.

Keunggulan Kapal Model Katamaran di Segi Design dan Lainnya

Berbeda dengan jenis kapal yang lain, lumbung ini membuat model kapal ini memiliki banyak keunggulan. Yang pertama adalah memliki gelagak yang luas. Bayangkan saja karena dua lumbung ini tidak mungkin diletakkan berdekatan, ini membuat geladak jauh lebih luas.

Dengan dua lumbung ini juga model katamaranbisa berlayar lebih jauh dengan aman. Ini bisa menghadapi gelombang yang besar dengan tetap stabil dan tidak terpengaruh secara masif dengan arus ombak. Sehingga potensi karam jauh lebih rendah karena sangat stabil.

Kestabilan ini tidak membuat harus berjalan lambat. Malah jika kita bandingkan dengan jenis kapal yang seukuran, dua lumbung ini dapat mendorong kapal dengan kekuatan yang lebih besar. Sehingga tidak heran jenis kapal ini sering dipakai oleh para pelaut handal.

Lumbung ganda ini memiliki interior yang dibuat dengan lebih rapi juga karena bentuk yang dimiliki tidak tajam ke bawah. Jadi, interiornya bisa lebih luas dengan level kenyamanan yang tidak mungkin dirasakan di kapal lain selain kapal model katamaranyang dua lumbung.

Di segi bahan bakar, bisa dibilang ini menjadi salah satu yang paling hemat. Pergerakan yang halus ini membuat mesin tidak perlu bekerja terlalu ekstra sehingga dapat menghemat bahan bakar hingga 30 persen jika dibandingkan dengan kapal bermesin sama dengan ukuran sama.

Apa yang Menjadi Nilai Minus untuk Kapal Model Katamaran?

Tetapi model kapal ini juga tidak lepas dari kelemahan, dan ini juga yang perlu untuk para calon pembeli pertimbangkan. Desain lumbung ganda ini pasti akan membuat kapal lebih sulit untuk dikendalikan di situasi tertentu karena bobotnya jauh lebih berat dari umumnya.

Selain itu, body yang lebar kesamping membuat nahkoda kapal akan lebih sulit berbelok. Tidak bisa selincah apa yang biasanya pengemudi kapal lakukan di kapal model satu lumbung. Jadi, untuk manuver tertentu tidak bisa dilakukan dengan kapal model katamaran.

Kapal model apapun akan sangat berguna jika digunakan sesuai dengan fungsinya. Jangan karena ingin cepat, Anda memilih yang murah, atau ingin hemat bahan bakar, tetapi pilih yang berat. Pilih saja kapal katamaranini karena udah pasti lengkapi yang dibutuhkan.
0
519
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan