Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Ini lho Kue Apem Kesesi Pekalongan Yang Melegenda




Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar Agan Sista Pecinta kuliner se Nusantara, semoga tetap sehat dan tetap semangat dalam menjalani kehidupan ini.

Jumpa kembali di Thread saya, apalagi kalau bukan tentang makanan hehehehe. Tahukah Agan Sista semuanya, apa itu kue Apem, kue yang terbuat dari bahan utama beras dan gula merah ini sangat melegenda lho. Kue yang dibuat oleh warga Kesesi ini begitu melegenda sampai sekarang lho.



Pernah suatu hari pada saat saya ngantar anak sekolah di TK, saya ngobrol-ngobrol dengan orang Kesesi Pekalongan, di mana di daerah Kesesi itu terkenal dengan kue apemnya.
Namanya Mbak Asih, kata Mbak Asih Apem Kesesi itu paling enak yang dibuat di Desa Bantul. Berdasarkan pengalaman yang membuat Apem, air yang digunakan itu yang cocok ya air dari daerah Kesesi, wah ternyata airnya saja harus dari daerah Kesesi, katanya rasanya bisa berbeda kalau dibuat di daerah lain, walaupun masih wilayah Pekalongan. Untuk membuat Apem sendiri berasnya harus direndam selama dua hari. Dan juga kue Apem ini adalah salah satu dari beberapa kue yang tidak bisa lepas dari daun pisang, daun pisang yang digunakan juga bukan daun pisang sembarangan, ada daun pisang pilihan khusus untuk membungkus makanan, kalau Apem kesesi sendiri bukan dibungkus melainkan diletakkan di atasnya. Uniknya lagi kalau kita membeli apem Kesesi ini, sebelum dibungkus plastik akan dibungkus dahulu dengan daun jati kemudian baru dimasukkan ke dalam plastik.

Apem Kesesi ini juga dijual di daerah Comal, bahkan ada yang menyebutnya apem Comal. Padahal yang membuat adalah warga Kesesi, yang penting Apemnya laris manis deh di Wilayah Pekalongan dan sekitarnya.
Pernah juga waktu saya arisan di daerah Kesesi disuguhi Apem yang masih hangat, wah rasanya benar-benar enak, kue tradisional Pekalongan yang tanpa bahan pengawet. Luar biasa harganya pun sangat murah, dulu itu harganya
Rp 500. Mungkin sekarang harganya sudah Rp 1000 tapi menurut saya masih tetap murah lah. Dengan uang segitu busa dapat kue enak.

Nah kemarin itu waktu ada arisan RT ternyata saya disuguhi Apem Kesesi, memang rasanya masih sama, seperti waktu saya makan apem ini di waktu kecil. Rasanya nggak ada bedanya, dengan perpaduan tepung beras dan gula merah yang menciptakan rasa manis tapi tidak terlalu manis, pembuatannya dengan cara dikukus, menurut saya itu sehat banget.



Bagaimana Agan Sista semuanya, adakah di daerah Agan Sista kue Apem, mungkin ada namanya sama tapi bentuknya berbeda.
Itulah sekilas tentang Kue Apem Kesesi, Pekalongan.

Sekian Thread kuliner saya kali ini, sampai jumpa di Thread selanjutnya, tetap bahagia bersama keluarga dan orang-orang tercinta, bye ... bye ...

Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri
lia1999
betiatina
enyahernawati
enyahernawati dan 27 lainnya memberi reputasi
26
6.9K
309
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan