iskrimAvatar border
TS
iskrim
Inilah yang Terjadi Jika Semua Komponen Mobil Terbuat Dari Karet (Sintetis), Nyaman?


[ HT# 934 ]

Ini hanya berandai, apa jadinya jika semua bahan dasar dan part semua jenis kendaraan terbuat dari bahan dasar karet? Bodi, kerangka, mesin yang kuat panas dan dikeadaan ekstrem? Akankah temuan ini terjadi dimasa depan, tidak ada yang tak mungkin jika Tuhan berkendak dan setuju dengan proposal yang kita ajukan kepada Nya.

Dalam penerapan industri sekarang ini karet telah menjadi bagian dari part teknologi dan paling cepat berkembang di antara segmen populer lainnya seperti bangunan & konstruksi, kawat & kabel, aditif pelumas, dan modifikasi plastik.

Penggunaan karet jenis EPDM (karet sintetis, bukan karet alam) paling sering digunakan dalam industri karena fleksibilitas, kekuatan, dan ketahanannya terhadap suhu dan cuaca sudah teruji.



Mungkin kehadiran roda tanpa angin (Airless Tyre) yang saat ini tengah dikenalkan ke masyarakat otomotif menjadi awal kemajuan teknologi otomotif khususnya kendaraan dengan bahan dasar karet. Bayangkan saja bagaimana kuatnya ban ini sampai digunakan untuk kendaraan operasional militer.

Kedepan yang namanya karet jenis PU (Polyurethanes) seperti pada airless tyre yang memiliki kekuatan dan daya tahan terbaik, karet jenis Viton/Fluorocarbons (FKM) yang kuat dengan tahan terhadap oli dan temperatur tinggi, jenis Silicone yang memiliki ketahanan dengan temperatur tinggi dan rendah, EPDM (Ethylene Propylene Diene Monomer) yang sangat unggul pada ketahanan terhadap ozone, steam dan cuaca, SBR (Styrene Butadiene Rubber) yang punya karakteristik mirip dengan karet alam yaitu kenyal, tidak mudah sobek dan tahan terhadap gesekan.

Dari kelebihan jenis dan karakter karet ini tentu kedepan akan ada pengembangan lebih lanjut agar karet terutama karet sintetis perlahan mendominasi kontruksi kendaraan yang lebih aman, nyaman, dan modern. Pemanfaatan karet sebagai rubber pads, rubber track pun sudah lama diterapkan di Excavator.

Saya bayangkan jika bisa direalisasikan dalam pembuatan kendaraan pasti peredaman suara, getaran mesin, dan guncangan akan jauh lebih baik. Gaya benturan yang mematikan bisa diredam lebih baik anti slip, tidak ada karat dan kendaraan pastinya jauh lebih senyap.


Sepeda dengan ban tipe Airless Tyre

Well, teknologi karet ini kedepan pasti tidak kalah menarik dalam membantu kerja manusia. Dulu sebelum ada hape orang berfikir mustahil berbicara jarak jauh dengan alat, berapa ribu meter gulungan kabel diperlukan, apalagi via wireless. Tapi kenyataannya sekarang dengan jarak ribuan kilometer kita bisa say hellosambil seduh teh diruang tamu.




Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 04-02-2022 02:03
zerauw
aalvin11
davecchio
davecchio dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.9K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan