ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Ini Sih Skill Dewa! Truk Bermuatan 94 Ton Lewati Tanjakan Ekstrim Dengan Mudah!
Halo Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini ane bakal bahas seputar truk yang bermuatan sangat berat yaitu 94 ton, yang melewati tanjakan ekstrim nih Gansis.


Bicara soal truk, Gansis pasti sudah tahu ya. Truk adalah sebuah kendaraan untuk memuat barang, yang berkapasitas jauh lebih besar ketimbang bagasi mobil dan bus. Truk ada berbagai jenis, mulai truk biasa, truk trailer, dan lain-lain.

Tapi, Gansis pernah ga sih membayangkan truk dengan muatan sebesar itu melewati tanjakan ekstrim Sitinjau Lauik di Sumatera Barat? 

Yup, 3 truk yang menarik muatan seberat 94 ton ini melewati tanjakan maut Sitinjau Lauik dengan sangat mudah! Ya, wajar aja sih, penariknya saja dari merek MAN, yang tentu bertenaga sangat tinggi. 


Dibutuhkan kekompakan, truk dengan power yang cukup dan skill dewa Gansis buat menarik muatan seberat 94 ton itu. Sepertinya, muatan itu berisi alat untuk proyek Geothermal di Muara Laboh, yang direncanakan akan menghasilkan listrik sebesar 65 MW.

Video yang diupload oleh Sitinjau Lauik Truck Video sekitar 2 tahun lalu tersebut yang sudah mendapatkan lebih dari 7 juta viewer, menunjukkan perjuangan tim dan 3 unit truk penarik untuk membawa muatan seberat 94 ton melewati Sitinjau Lauik.

Muatan trailer belakangnya menggunakan sebuah gandengan dengan 10 axle ban Gansis. Sudah pasti sih trailer belakangnya memang digunakan untuk memuat muatan yang berat.


 

Bicara soal tikungan Sitinjau Lauik, tikungan ini merupakan tikungan yang sangat ekstrim Gansis di lintas Padang-Solok di Sumatera Barat. Tikungan ini telah memakan banyak korban karena sangat ekstrim, di sisi kiri tanjakan dari tikungan Sitinjau Lauik ini bahkan mungkin mencapai lebih dari 40-50 derajat.

Segala kendaraan sering melewati tikungan ini. Tak jarang ada kendaraan yang menyangkut, terutama truk-truk trinton yang berukuran sangat panjang. Tak jarang juga ada insiden truk rusak di tengah tanjakan, bahkan pernah ada kejadian truk patah sasis ini tikungan Sitinjau Lauik ini.

Pernah juga ada sebuah kecelakaan bus yang viral karena terekam kamera, kronologinya sebuah bus rem blong, kernet busnya loncat di tengah tikungan dan busnya menabrak dinding pembatas, lalu menabrak sebuah truk tangki milik Pertamina. Untungnya, semua penumpang selamat dan tak ada korban.


Berikut ini tips saat ingin melintas di jalan curam dan ekstrim seperti Sitinjau Lauik agar aman dan selamat:

1. Periksa Rem

Ini penting banget sih Gansis. Kita harus memeriksa rem dulu sebelum menaklukkan jalan ekstrim seperti Sitinjau Lauik. Sebab tanpa rem, kita tak akan bisa mengerem dan bisa berakhir tragis.

2. Periksa mesin dan transmisi

Ini juga sangat penting Gansis. Jika mesin mati di tengah tikungan, kita akan menemui masalah besar. Jika transmisi tak bisa dioper ke gigi 1 misalnya, kita juga tak akan kuat menanjak dan bisa berbahaya.

3. Dahulukan dan jaga jarak dengan truk-truk besar yang akan turun dan menanjak

Jangan pernah mendahului atau bahkan menerobos truk-truk besar yang akan turun dan menanjak Gansis. Penting juga untuk menjaga jarak dengan truk-truk besar yang akan turun dan menanjak. Sebab, jika ada masalah dengan truk dan kita tak menjaga jarak, itu akan sangat berbahaya Gansis.



Supir truk bukan pekerjaan yang mudah Gansis. Supir harus mempunyai skill yang mumpuni, rajin mengecek armadanya, dan berkendara dengan hati-hati Gansis, serta supir tak boleh ugal-ugalan di jalanan.

Supir harus memastikan barang bawaannya sampai dengan kondisi layak dan baik Gansis, serta menguasai segala hal seputar truknya, jadi ketika ada trouble supir mudah untuk memperbaikinya.

Video yang ane maksud bisa Gansis lihat di bawah ini ya.

Spoiler for Video:

Gimana pendapat Gansis seputar truk ini? Jangan lupa komeng ya! Ane juga akan sangat berterima kasih jika Gansis membetulkan informasi di thread ini yang salah!

Sumber: disini
Narasi: Opini Pribadi
Pic: disini
Original Written By: @ulungrinjani
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toastemoticon-I Love Indonesia

Diubah oleh ulungrinjani 13-03-2021 02:50
pulaukapok
dhinyzfrn
buday
buday dan 28 lainnya memberi reputasi
29
9.4K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan