Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

haz0204Avatar border
TS
haz0204
5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Ketika Self Healing
Self Healing






Assalamualaikum.
Hai, Agan dan Sista. Jumpa lagi di thread ane.
Apa kabar hari ini?
Semoga selalu baik-baik saja, ya.


Hampir setiap orang pasti pernah merasakan terluka hatinya. Entah itu disebabkan oleh perbuatan atau perkataan orang lain baik disengaja ataupun tidak, maupun sebab trauma lain yang membuat kita menjad terpuruk. Saat hal itu terjadi, yang jelas rasa sakit akan hadir begitu saja di dada. Menimbulkan sesak hingga sakit yang sungguh menyiksa.


Jika sudah seperti itu, pastinya masing-masing dari kita tidak ingin terus menerus larut dalam rasa sakit itu bukan? Tentunya kita ingin sembuh. Bisa kembali beraktivitas dengan normal seperti biasanya lagi tanpa dihantui oleh rasa sakit di dalam hati.


Self healing sendiri merupakan suatu proses penyembuhan diri dari luka batin yang kita alami. Banyak hal yang bisa kita lakukan selama self healing ini. Sejatinya, yang bisa menyembuhkan kita ya diri sendiri, bukan orang lain.


Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan selama proses self healing:


1. Kuatkan Iman




Hal pertama yang harus dilakukan adalah perkuat keimanan kita kepada Tuhan. Yakinlah bahwa tidak ada hal sekecil apa pun yang terjadi tanpa campur tangan-Nya.


2. Berhenti berpikiran negatif




Terkadang, saat tengah terluka, tak sedikit orang yang akan berpikiran negatif. Entah itu tentang orang lain ataupun tentang diri sendiri. Berhentilah memikirkan hal-hal buruk itu agar kita tidak semakin terpuruk.


3. Jangan menyalahkan siapa pun




Ada kalanya pula, beberapa di antara kita menyalahkan diri sendiri, orang lain, atau bahkan menyalahkan takdir atas apa yang kita alami. Jangan menyalahkan siapa pun. Melakukan itu hanya akan membuat kita semakin merasa sakit.


4. Ikhlaskan yang telah terjadi




Ikhlas itu memang tidak mudah, tetapi saat kita sudah berusaha melakukannya, berusaha mengikhlaskan semua yang telah terjadi pada kita, perlahan rasa sakit itu pun akan sirna dengan sendirinya.


5. Lakukan hal-hal positif




Agar tidak terus menerus berkubang dalam kesedihan ataupun rasa sakit dalam diri itu, lakukan hal-hal positif untuk mengalihkannya. Bisa dengan membaca buku, membaca kitab suci, nonton film, mendengarkan musik, jalan-jalan, atau hal lainnya yang bisa membuat kita jauh merasa lebih tenang.


Selain lima hal di atas, tips berikut ini bisa Gansist coba:

1. Baringkan tubuh dengan posisi rileks
2. Sejajarkan kedua tangan dengan tubuh, cari posisi se-rileks mungkin.
3. Pejamkan mata, lalu tarik napas dalam-dalam.
4. Keluarkan perlahan sembari mengucapkan kalimat sakti berikut ini, "Saya menerima dengan ikhlas segala yang telah terjadi dan saya mencintai diri sendiri sepenuh hati."
5. Lakukan hal tersebut berulang-ulang sampai hati kita merasa tenang.


Demikian beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menyembuhkan diri sendiri ketika tengah terluka ataupun dalam kondisi terpuruk.


Sekian dulu dari ane. Terima kasih sudah mampir di thread ini. Sampai jumpa di-thread selanjutnya.
Jangan lupa rate, komen, dan cendolnya, GanSist




Penulis: Haz
Sumber Tulisan: Opini Pribadi
cendraviolal267
cheria021
cheria021 dan cendraviolal267 memberi reputasi
2
1.2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan