Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

TokenomyAdminAvatar border
TS
TokenomyAdmin
Panduan Cara Membuat NFT untuk Pemula


Belum lama ini, Indonesia digegerkan oleh berita penjualan NFT berupa foto selfie milik pria asal Solo bernama Ghozali yang berhasil mencapai angka milyaran rupiah. Meskipun NFT memang sudah banyak dikenali dan populer sejak tahun 2020, kisah sukses Ghozali tersebut berhasil membuat NFT lebih diminati oleh pasar Indonesia.

Non-Fungible Token, atau yang akrab disebut NFT merupakan salah satu bentuk aset digital berupa karya seni yang menjadi sangat populer di tahun 2021 meski sebenarnya sudah ada dari tahun 2014. Tercatat dimulai dari tahun 2020, jumlah penjualan aset ini mengalami kenaikan hingga 55%, angka tersebut mencapai 389 juta dolar AS dan setara dengan 5 triliun rupiah. Dengan adanya trend tersebut, kini NFT sudah mulai mendapatkan banyak perhatian.

Bentuk NFT pada umumnya merupakan karya seni digital. Hal tersebut bisa berupa video, musik, gambar ilustrasi, tulisan, dan banyak macam seni lainnya yang dianggap memiliki nilai tinggi. Kepemilikan aset ini dibuktikan dengan bukti kepemilikan yang sah karena masing-masing karya NFT unik dan berbeda dari lainnya. Bukti kepemilikan itulah yang diperjual belikan di pasar dan biasanya menggunakan crypto sebagai alat transaksinya. Harganya pun mengikuti pasar dan disesuaikan dengan jumlah permintaan yang ada.

Saat ini, salinan dari NFT pun dapat diperjual belikan dan dianggap sebagai bagian yang valid dari sistem blockchain. Namun, harganya jelas berbeda dengan aset aslinya. Dengan keuntungan yang besar dari penjualan aset tersebut, tak heran bila banyak yang tertarik untuk memilikinya. Namun, tahukah Anda bahwa semua orang bisa membuat aset NFTnya sendiri? Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara pembuatan NFT untuk pemula.

Cara Membuat NFT
Melihat perkembangan pasar NFT yang semakin populer, tak jarang orang yang ingin membeli aset ini sebagai investasi. Tapi, akankah lebih menarik bila Anda membuat aset itu sendiri dan menjualnya di pasaran? Karena NFT merupakan sebuah karya seni berbasis digital, tentu hal tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja! Ini dia langkah-langkah pembuatan NFT untuk pemula yang dapat Anda lakukan.

Mempersiapkan Karya Seni atau Aset NFT Lain
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan aset NFT berupa karya seni milik Anda berupa musik, video, meme, ataupun gambar GIF. Persiapan ini penting karena Anda perlu mengklaim hak kekayaan intelektual atas karya tersebut terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya dengan mengajukan hak kepemilikan tersebut secara hukum sebelum mengubahnya menjadi sebuah NFT agar tidak melanggar aturan yang ada dalam sistem blockchain. Barulah setelah itu Anda bisa mendaftarkan karya tersebut di blockchain pilihan sebagai aset NFT.

Pilih Blockchain
Untuk menjadikan sebuah karya sebagai NFT, maka Anda harus memasukkan aset tersebut ke dalam sebuah blockchain. Salah satu blockchain yang sangat terkenal yang menjadi pilihan seniman adalah Ethereum. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda memiliki crypto wallet yang sudah terintegrasi ke blockchain ini sebagai alat transaksi pembayaran.

Pilih NFT Marketplace
Selain membutuhkan blockchain, Anda juga memerlukan marketplace untuk NFT sebagai tempat jual beli. Ada beberapa platform NFT terkenal yang dapat Anda pilih. Beberapa diantaranya adalah OpenSea, Rarible, Foundation, Mintable, Axie Marketplace, NBA Top Shot, Larva Labs, dan lainnya.
Masing-masing dari marketplace tadi memiliki ciri khasnya sendiri, jadi pastikan Anda memilihnya dengan menyesuaikan tipe karya seni yang dimiliki.

Cara membuat NFT di OpenSea
Sebagai salah satu platform marketplace NFT paling terkenal saat ini, OpenSea bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi tempat Anda mengunggah NFT pertama Anda. Untuk dapat membuat NFT di OpenSea, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini melalui aplikasi di Android:

  • Buka platform OpenSea
  • Sambungkan crypto wallet Anda ke dalamnya
  • Buka menu account dan pilih My Collection
  • Pilih menu Create a Collection
  • Upload file yang akan dijadikan NFT dan beri nama
  • Isi detail deskripsi untuk aset NFT Anda
  • Klik Create
  • NFT Anda sudah siap digunakan


Cara Jual NFT di OpenSea
Bila Anda sudah berhasil membuat aset NFT Anda di OpenSea, maka hal berikutnya yang dilakukan adalah menjualnya di market. Namun sebelum memulai, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki saldo di MetaMask berupa Ethereum 0,05. Anda juga harus memahami bahwa ada biaya sebesar 2,5% yang akan diambil oleh OpenSea dari setiap penjualan yang berhasil Anda lakukan.

Bila sudah mempersiapkan saldo dan juga aset NFT Anda, berikut cara-cara penjualan NFT melalui OpenSea:

  • Pilih My Collection dengan klik ikon foto profil yang berada di pojok kanan atas
  • Pilih NFT yang sudah Anda buat, kemudian klik “Sell”
  • Pilih metode penjualan yang diinginkan. Apabila ingin melakukan penjualan langsung klik opsi “Fixed Price”, dan jika Anda tertarik menggunakan metode lelang klik opsi “Time Auction”
  • Masukkan harga NFT berdasarkan mata uang kripto Ethereum sesuai keinginan Anda
  • Klik“Duration” untuk menentukan berapa lama Anda ingin menjual aset tersebut
  • Setelah selesai membuat pengaturan di atas, klik opsi “Complete Listing”
  • Berikutnya, OpenSea akan membuka MetaMask Anda untuk konfirmasi pendaftaran penjualan NFT







Diubah oleh TokenomyAdmin 31-01-2022 03:59
0
849
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan