cintadineAvatar border
TS
cintadine
10 Konsol Game Terbaik Sepanjang Masa, Nintendo Mendominasi


Sejarah konsol video game rumahan memang cukup panjang dan sudah dimulai sejak era generasi pertama di era 1970an hingga sekarang yang merupakan generasi kesembilan di mana ada Playstation 5 dan Xbox Series X.

Ada banyak konsol video game rumahan yang sudah beredar. Ada yang berhasil sukses dan ada juga yang gagal. Nah, berikut ini adalah daftar 10 konsol game terbaik sepanjang masa versi ane, yang datanya ane rangkum dari berbagai sumber yang ada di internet. Ini dia gan.


10. Atari 2600


Inilah konsol legendaris yang menjadi pionir konsol game. Atari 2600 adalah konsol game generasi kedua dan menjadi konsol pertama dalam sejarah yang mendapatkan kesuksesan komersial yang besar. Konsol ini begitu terkenal di dunia barat dan melahirkan game terkenal seperti Pac-Man. Berkat Atari 2600 juga, industri video game menjadi hidup dan bermunculan konsol lainnya. Konsol ini dirilis pada 1977.


9. Sega Genesis (Mega Drive)


Konsol yang sangat terkenal di kalangan anak 90an dan dulu yang memiliki konsol ini pastilah dicap sebagai anak orang kaya. Sega Genesis atau Sega Mega Drive untuk wilayah Jepang dan Asia dirilis pada 1988 dan menjadi salah satu konsol generasi keempat. Grafik yang dihadirkan pada Sega Genesis juga mampu mencuri perhatian gamer kala itu. Angka penjualannya cukup fantastis dan game yang paling terkenal adalah Sonic The Hedgehog.


8. Playstation 4

Mengalami kegagalan di Playstation 3 dengan angka penjualan yang kalah dari Wii, Sony belajar dari kesalahan tersebut dan munculah Playstation 4. Konsol ini mampu memenuhi kebutuhan gamer di era generasi kedelapan. Dirilis pada akhir 2013, angka penjualan PS4 juga menjadi jawara di generasinya mengalahkan Xbox One.

Adapun game eksklusif terkenalnya adalah God of War dan juga The Last of Us.

7. Super Nintendo Entertainment System

Sebagai penerus NES, konsol SNES ini bisa dibilang mampu menjawab ekspektasi publik kala itu, karena NES saat itu memang sangat sukses dan para gamers ingin penerusnya bisa jauh lebih baik. SNES berhasil menjadi salah satu konsol terbaik sepanjang masa dan kala itu konsol ini memiliki cukup banyak game terkenal termasuk game eksklusif Donkey Kong Country yang grafiknya bisa melebihi zamannya.

6. Nintendo 64

Nama Nintendo 64 di Indonesia seolah terkubur karena kesuksesan Playstation yang sangat fenomenal. Padahal Nintendo 64 adalah salah satu konsol terhebat sepanjang masa. Konsol ini mampu memberikan lompatan yang cukup jauh dari SNES yang masih 2D dan di Nintendo 64 sudah mulai lahir game-game 3D. Super Mario 64 merupakan game yang diakui sebagai salah satu game terbaik sepanjang sejarah Nintendo.

5. Nintendo Wii


Nintendo sadar kalau pasar game hardcore memang sudah dikuasai oleh Sony Playstation, maka mereka melakukan inovasi berupa Nintendo Wii yang lebih menekankan gameplay dan kesenangan dalam bermain alih-alih membuat grafik yang gila-gilaan. Hasilnya adalah Nintendo Wii mampu menjadi konsol terlaris di era generasi ketujuh dan mengalahkan angka penjualan PS3 dan Xbox 360. Dalam Wii, pemain diajak untuk banyak bergerak di dunia nyata melalui kontrolernya yang disebut Wiimote yang disertai sensor gerak.



4. Nintendo Switch

Masih ingat dengan Nintendo Wii U? Ya, konsol tersebut termasuk dalam salah satu kegagalan Nintendo. Nintendo Wii U memang serba nanggung dan gagal menarik hati para gamers. Tapi tidak dengan Nintendo Switch yang bisa dikatakan sebagai konsol generasi kedelapan yang telat hadir karena baru ada pada 2017.

Konsol ini berhasil dalam berinovasi menjadi konsol hybrid yang bisa menjadi konsol portable. Game terbaik? Legend of Zelda: Breath of the Wild.

3. Playstation

Anak 90an pastilah merasakan bagaimana hebohnya ketika Playstation 1 dirilis di Indonesia di mana rental PS begitu menjamur dan lewat konsol inilah banyak anak 90an menyentuh joystick untuk pertama kalinya. Berbagai situs terkenal juga menempatkan Playstation di jajaran atas konsol terbaik sepanjang masa.

Game terbaik? Sangat banyak!

2. Nintendo Entertaiment System


Jika anak 90an akrab dengan Playstation, maka anak kelahiran 80an harusnya akrab dengan NES atau dulu sering disebut Nintendo saja. NES diakui sebagai konsol klasik yang mampu mengubah industri video game untuk selamanya. Game ikonik Super Mario Bros juga muncul untuk pertama kalinya dalam NES ini.

1. Playstation 2


Ya, sudah pasti di peringkat pertama ada "The King of Game Console" alias sang raja konsol, Playstation 2 yang kini angka penjualannya belum ada yang sanggup mengalahkannya. Playstation 2 ini memang adalah konsol 'ajaib' yang melebihi zamannya. Kualitas dan spesifikasi yang meningkat tajam dari generasi sebelumnya, hingga banyaknya game berkualitas bermunculan dalam konsol ini, membuat Playstation layak dinobatkan sebagai konsol terbaik sepanjang masa. Hebatnya, masih banyak orang memainkan PS2 hingga sekarang.

Nah, gan menurut agan gimana? emoticon-Big Grin

Quote:
Diubah oleh cintadine 11-02-2022 04:59
langitnyabiru
dekbar023661
topantita
topantita dan 16 lainnya memberi reputasi
17
8.3K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan