Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Siapa Presiden Indonesia Terkaya Sepanjang Sejarah? Ini Kisaran Hartanya


Suara.com - Harta pejabat negara, termasuk presiden bisa diketahui publik. Namun, masyarakat sampai saat ini tetap bertanya-tanya siapa presiden terkaya Indonesia sepanjang sejarah?

Tidak ada data kekayaan resmi dari presiden pertama Soekarno hingga presiden ketujuh Joko Widodo. Namun, berdasarkan perincian yang dikutip dari berbagai sumber berikut kekayaan Susilo Bambang Yudhoyono presiden keenam Indonesia mencapai lebih dari Rp6,8 triliun. Berikut rinciannya seperti dikutip dari berbagai sumber. 

1. Soekarno

Presiden pertama sekaligus proklamator kemerdekaan Indonesia ini dikabarkan mencapai 57.000 ton emas dari Amerika. Sebuah surat kabar Austria bahkan pernah memuat klaim bahwa kekayaan Soekarno mencapai 180 miliar dolar atau sekitar Rp 2.522 triliun yang disimpan di Union Bank of Switzerland (UBS). 


2. Soeharto

Presiden yang dikenal dengan sebutan Pak Harto ini juga merupakan sosok yang kaya. The Washington Post pernah menerbitkan liputan soal kekayaan Soeharto pada 1998. Diakses di situs resminya, liputan itu menyebutkan jika kekayaan bersih Soeharto saat itu adalah 16 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp224 triliun, sedangkan kekayaan bersama keluarga mencapai 30 miliar dolar Amerika atau Rp420 triliun. 

Dalam laporan yang sama, Soeharto dikenal selalu hidup sederhana. Dia lebih banyak menghindari Istana Kepresidenan dan memilih tinggal di rumahnya sendiri di Jalan Cendana. Saat itu Pak Harto tidak pernah berpakaian mewah atau perhiasan mahal. Namun, tetap dilaporkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia oleh majalah Forbes. 

3. BJ Habibie

BJ Habibie menggantikan jabatan Soeharto setelah reformasi 1998. Presiden yang mengenyam pendidikan pesawat terbang di Jerman ini menurut Fed Intern Economy Review memiliki kekayaan sekitar 60 juta dolar AS atau sekitar Rp815 miliar. Kekayaan ini berasal dari industri di bidang teknologi seperti latar belakang pendidikannya. Habibie bergelut di bisnis industri pertanian dan perkebunan di Batam. 

4. Abdurrahman Wahid

Presiden yang dikenal dengan Gus Dur ini menurut LHKPN 2021 memiliki kekayaan Rp3,4 miliar. Harta ini berasal dari kas dan giro serta aset berupa pesantren yang dia pimpin sebagai tokoh NU terkemuka di Indonesia.

5. Megawati Soekarnoputri

Putri dari Presiden Soekarno ini menurut LHKPN 2015 memiliki kekayaan Rp96,164 miliar. Kekayaan presiden wanita pertama Indonesia ini berasal dari beberapa bisnis yang dijalankan seperti SPBU serta penyewaan tanah dan bangunan di sejumlah wilayah di Jakarta. 

6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Selain Soeharto, SBY juga pernah dinobatkan sebagai orang kaya versi Forbes. Harta SBY ditaksir Rp6,8 triliun. Harta ini didapatkan dari kepemilikan tanah dan bangunan di Bogor dengan total 4.000 meter persegi dan bisnis-bisnis lain yang menjanjikan. 


7. Joko Widodo

Joko Widodo sebagai presiden yang saat ini aktif menjabat diketahui memiliki kekayaan Rp63,5 miliar menurut LHKPN 2021. Kekayaan itu berasal dari tanah dan bangunan serta bisnis yang ditekuninya di bidang kayu dan meubel. 

https://www.suara.com/bisnis/2022/01...tanya?page=all

Wuidiiih.. Pak SBY memang luar biasa.. emoticon-I Love Indonesia (S)

Pantesan mas AHY terlihat sejahtera betul walaupun cuma pensiunan mayor dan pengangguran.. emoticon-Malu (S)

Btw.. Sayangnya.. Saat pak SBY jadi presiden.. Pak ubedillah badrun belum lahir.. Jadi ga ada yg lapor ke KPK.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 28-01-2022 07:10
kily89
muhamad.hanif.2
viniest
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan