poetra11Avatar border
TS
poetra11
Penemuan Belut Sepanjang 3,6 meter di Hong Kong Malah Diserbu Pecinta Kuliner
Tau kan gimana licinnya belut? Yang biasa kita liat atau konsumsi kan kecil, nah ini ukurannya aja 3,6 meter berapa dan gimana nangkepnya ya? yang kecil aja nangkep sendirian susah. Gimana ya rasa dagingnya klo segede gitu? 



Belut Raksasa Langka 3,6 Meter Ini Ludes Diburu Pembeli. (Image: Facebook/Aaron Kwan)

September 2021 lalu, Belut langka raksasa berukuran 3,6 meter sempat membuat heboh pencinta kuliner laut di Hong Kong. Belut langka raksasa ini termasuk ke golongan Moray. Sebutan langka disematkan pada belut ini, sebab ukurannya yang mencapai 3,6 meter. Rata-rata belut mempunyai panjang antara 30 dan 40 cm saja. Seperti dikutip dari laman Mashable pada April 2021, Moray sebenarnya sering dijumpai di laut. Belut jenis ini banyak disantap konsumen Tiongkok dan Jepang.
 Belut ini telah ditangkap oleh seorang nelayan dengan memakai pancing tradisional lalu menawarkannya ke pedagang di salah satu pasar tradisional di Mei Foo, Hong Kong.

Akan tetapi belut Moray yang satu ini tergolong sangat langka karena ukurannya. Selain panjang 3,6 meter, belut ini berbobot 15 kilogram. Bahkan dibutuhkan dua orang dewasa untuk mengangkat belut ini.
Nama lain dari spesies ini adalah Gymnothorax javanicus atau Moray raksasa. Ditemukannya belut langka raksasa ini menambah khazanah belut di Asia. Warga Asia, termasuk Indonesia, doyan menyantap ikan belut. Walau masuk ke dalam golongan ikan, belut malah mirip dengan ular. Selain belut raksasa ini, ada juga belut listrik, sawah, laut, menjadikan ada total 20 jenis belut. Keberadaan belut ini tercium media setelah seorang warganet bernama Aaron Kwan membagikan penemuan belut ini via Facebook. Sang pedagang bercerita dirinya mendapati seorang nelayan menawarkan belut ini kepadanya. Ia enggan menyebut berapa yang dia bayarkan untuk membeli belut raksasa itu.

Setelah foto belut tersebut viral, sang pedagang memotong belut itu menjadi banyak bagian kecil lalu menjualnya. Ini untuk menjawab rasa penasaran warganet tentang rasa dari belut langka ini. Walhasil, potongan daging tersebut langsung laris.

Konten Sensitif

Belut Raksasa Langka 3,6 Meter Ini Ludes Diburu Pembeli (Image: Facebook/Aaron Kwan)

Padahal untuk per 600 gram, si pedagang membanderolnya dengan US$13 atau sekitar Rp184 ribu. Banyak yang tertarik membelinya meski tidak punya pengetahuan tentang cara memasaknya.
Untuk membantu pembeli, si pedagang membuat panduan cara memasaknya. Ia memberitahu cara mempersiapkan daging belut, memanggang hingga garing atau memprosesnya sebagai sup daging lembut.


Klo ane mah baru liat dagingnya aja pasti udah mual 
 
Sumber
mod.modan
mod.modan memberi reputasi
1
3K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan