iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pemilik Mobil Ber Sunroof dan Moonroof Sebaiknya Tahu Hal Penting Ini


[ HT# 899 ]

Mobil bersunroof dan moonroof biasanya berkelas mahal dan menjadi 'gaya' tersendiri bagi pemiliknya. Tapi sayang, menurut opini saya mobil sunroof atau moonroof ini di negara tropis seperti Indonesia kurang cocok digunakan, cuaca yang cenderung panas, berdebu, dan berpolusi tinggi membuat saya enggan memilikinya.

Tapi yah, namanya pilihan... ada saja orang tertarik dengan mobil bersunroof atau moonroof karena memiliki ekstra pandangan keatas, jalur 'cepat' membuang udara panas di dalam mobil, menghirup udara segar dipegunungan, dan 'menyapa' pendukungnya yang setia.

Saya bukan anti terhadap mobil bersunroof ataupun moonroof ini, tapi kalau dilihat secara manfaatnya tidak begitu signifikan dibanding manfaatnya sehari-hari; ruang plafon yang semakin sempit, kepala rawan 'kejedot', terlebih ada perawatan ekstra yang harus dikeluarkan. Mobil bersunroof dan moonroof membuat kita terlalu banyak mengorbankan diri demi sebuah 'gaya' dinegeri tropis dan tidak ramah ini.

Tapi kamu yang berduit sah-sah saja memilikinya, tapi secara perawatan butuh ekstra kerja dan biaya untuk merawatnya agar tetap bermanfaat dan bekerja dengan baik. Seperti beberapa hal yang dibilang mekanik bengkel langganan saya berikut ini.

1
KESATU

Mengingat letak sunroof tepat diatas plafon mobil maka hindari sunroof terpapar panas langsung terlalu sering dan lama. Hal ini berkaitan dengan seal karet dan kelenturannya yang apabila sering dibiarkan kepanasan umur karet akan lebih pendek dari seharusnya. Karet mudah getas atau kaku yang berakibat tidak lagi menempel dipermukaan kaca dengan baik, rawan bocor maka harus segera diganti.



Pe-er lain adalah jok dan bagian interior ikut terpapapar matahari akan bikin kusam. Terlebih cuaca sekarang ini sulit sekali diprediksi musimnya. Untuk itu parkirlah mobil di tempat yang sejuk atau diberikan cover mobil premium yang mampu menolak panas dan meredam/mengeluarkan suhu panas dengan sangat baik.

2
KEDUA

Pastikan agar kaca sunroof atau moonroof dalam keadaan bersih dan jauh dari jamur. Setelah dicuci segera keringkan dengan baik. Seperti saya bilang; akan butuh perawatan ekstra agar kebersihan kacanya selalu terjaga. Mengandalkan tukang cuci saja tidak menjamin kebersihannya karena sehari-hari udara di Indonesia cenderung berdebu.



Merawat kaca mobil standarnya saja sudah cukup merepotkan terlebih kaca sunroof atau moonroof yang letaknya di tengah atas mobil cukup merepotkan saat melakukan perawatannya, harus naik-turun bangku dan keluar masuk. Tentu saja ini berkaitan dengan waktu dan biaya tambahan.

3
KETIGA

Untuk membuka, menutup kaca sunroof atau moonroof dibutuhkan motor penggerak yang harus bekerja dengan semestinya. Keluhan yang sering terjadi adalah motor penggerak tidak bekerja dengan baik karena motor mulai melemah, butuh pelumasan atau ada bagian rel yang terganggu akibat ganjelan krikil, daun, debu, atau kerak yang menggumpal.



Untuk itu jika mobil sudah selesai digunakan sebaiknya sering memeriksa kebersihan dan kerja sunroof atau moonroof barulah mematikan mesin. Tujuannya adalah agar ketika digunakan tidak rusak ditengah jalan. Kalau rusak bisa-bisa kitanya malah kepanasan atau kehujanan ketika sunroof atau moonroof tidak bisa di tutup. Merepotkan bukan?

4
KEEMPAT

Hindari mobil sering melewati jalan berlubang atau jalan tidak rata. Meskipun sunroof atau moonroof dilengkapi dengan peredam seal karet tapi sesuai umurnya maka daya kerja karet, engsel, dan pengunci motornya tidak lagi maksimal.



Kaca sunroof atau moonroof mulai menimbulkan bunyi atau bergerak tidak beraturan ketika melewati jalan tidak rata. Tentu saja ini cukup mengganggu kosentrasi pengendara dan kenyamanan penumpang itu sendiri. Jadi pilihlah jalan yang rata agar sunroof atau moonroof selalu berada di tempatnya.

5
KELIMA

Pastikan ketika parkir kaca sunroof atau moonroof telah tertutup dengan rapat dan benar. Jika sampai terlupa atau dalam keadaan rusak maka akan mengundang atau memudahkan orang tidak bertanggung jawab lewat dari bagian ini, termasuk hewan berbahaya masuk tanpa kita ketahui.



Ibarat sebuah pintu yang tidak terkunci dan terbuka maka kesempatan dan niat buruk jadi lebih besar, air hujan pun mudah masuk, kotoran hewan burung atau daun kering bisa masuk. Untuk itu sebelum mematikan mesin dan meninggalkan mobil pastikan semua telah terkunci rapat, ya!

6
KEENAM

Mobil bersunroof atau moonroof umumnya paling sering dimanfaatkan oleh anak-anak yang ingin melihat pandangan luar tapi tetap berada di mobilnya. Memang sangat menyenangkan tapi ingat ini sangat berbahaya dan SANGAT tidak direkomendasikan.



Dan sebagai orang tua waspadailah selalu saat tangan mereka berusaha menekan/meraih sambil berdiri memegang bagian tepi kaca, atau rel sunroof atau moonroofnya. Bantulah mereka agar tangan mereka tidak menekan atau mencengkeram dengan kuat, jika lama-lama dibiarkan akan merusak proporsi letak sunroof atau moonroof seperti tidak lagi presisi saat kaca sunroof atau moonroof terbuka dan tutup.

7
KETUJUH

Tetap menjaga kejernihan kaca sunroof atau moonroofnya. Masih dengan perilaku anak-anak yang tidak bisa diam biasanya sering meninggalkan jejak telapak tangan atau jari ketika sedang berada di sunroof atau moonroofnya.



Jejak tangan atau jari berupa minyak, saus, kecap dan lain sebagainya yang terlalu lama menempel di kaca dan dibiarkan selain membuat kaca kotor akan bereaksi dengan kaca film dan sinar matahari langsung akibatnya mungkin kaca film akan belang atau menggelembung di spot tertentu.

8
KEDELAPAN

Ketika mobil akan memasang roof rack atau roof box sebaiknya perhatikan dengan benar posisi pemasangannya. Ukur dengan cermat agar letaknya tidak menggganggu ruang gerak sunroof atau moonroofnya.



Ketika terjadi hentakan karena tidak sengaja atau benturan antara batang besi roof rack atau roof box akan membuat engsel penyangga kaca sunroof meleset, kaca terjepit, bahkan motor penggerak jadi cepat rusak atau kaca retak. Disarankan mobil yang sudah dilengkapi sunroof dari pabrik tidak memasang roof rack ataupun roof box.




Sebuah opini
Sumur. Bengkel langganan
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 09-01-2022 04:29
kluwer
asamboigan
10mountainflat
10mountainflat dan 23 lainnya memberi reputasi
22
8.1K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan