Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Melakukan Serangan di Jalur Gaza, Helikopter Apache Israel Nyaris Tersengat Strela
Sebuah laporan dari Times of Israel mengatakam jika helikopter serang AH-64 Apache milik Pasukan Pertahanan Israel (IDF) nyaris "disengat" rudal Strela milik Hamas pada hari Minggu (02/01/2022), kejadian itu bermula ketika Apache sedang melakukan serangan di sebelah barat kota Gaza, pada saat yang bersamaan pasukan Hamas yang mengetahui keberadaan Apache langsung menembakkan dua rudal Strela. Untungnya dalam kejadian ini Apache Israel tidak sampai terkena tembakan, helikopter juga dilaporkan tidak mengalami kerusakan.

IDF mengatakan jika serangan udara Israel yang dilakukan oleh helikopter dan juga jet tempur adalah sebagai tanggapan atas dua roket yang ditembakkan dari Gaza pada Sabtu pagi, yang mendarat di lepas pantai Israel. IDF menambahkan jika serangan yang mereka lakukan pada Minggu dini hari menargetkan fasilitas produksi roket milik kelompok tHamas. Tank milik IDF juga menargetkan beberapa pos-pos di Gaza utara.

Sementara media milik Hamas mengatakan bahwa, pesawat tempur milik Israel telah menyerang pos terdepan Hamas di barat Khan Younis, di bagian selatan Jalur Gaza.


Quote:



Penggunaan rudal tipe MANPADS alias rudal yang dipanggul di bahu oleh para pejuang Hamas merupakan sebuah hal baru, dan penggunaan senjata itu sangat menarik perhatian media Israel. Meski penggunaan Strela merupakan prestasi tersendiri bagi Hamas, sebenarnya rudal yang mereka pakai termasuk sudah berumur.

Senjata yang dapat nama kesayangan SA-7 Grail oleh NATO ini juga dikenal sebagai 9K32 Strela-2, adalah rudal permukaan-ke-udara buatan Soviet yang diluncurkan dari bahu. Rudal ini relatif ketinggalan jaman, karena pertama kali dibuat pada dekade 1960-an, tetapi meski sudah uzur senjata ini masih tetap digunakan sampai sekarang.

Strela sendiri tepatnya dirancang pada tahun 1964 oleh manufaktur bernama Kalomna di Uni Soviet, dan mulai diproduksi untuk militer Uni Soviet pada tahun 1968. Dan dua tahun kemudian, di tahun 1970 rudal ini sudah banyak terlibat di palagan konflik global, mulai dari Perang Arab-Israel, Vietnam Irak, Afganistan sampai Malvinas.


Quote:



Strela memakai sistem pemandu pasif infrared, di mana rudal ini bisa mendeteksi sasaran secara tepat pada temperatur di atas 200-400 derajat Celsius. Temperatur itu merupakan suhu yang dikeluarkan oleh exhaust nozzle milim pesawat terbang atau helikopter. Sistem peluncur rudalnya terdiri dari tabung peluncuran rudal dan silinder baterai termal. Satu tabung peluncur dapat diisi ulang hingga lima kali pengisian.

Rudal ini dikendalikan oleh awak/personel secara manual. Ketika rudal meluncur dari tabung, digunakan sistem pembakaran short burn booster. Pola penembakan ini harus diwaspadai oleh para personel Strela, karena semburan roket dapat mengenai penembak.


Quote:



Rudal Strela dibuat untuk melumat pesawat yang terbang rendah dengan manuver tinggi. Sayangnya Strela hanya punya jangkauan tembak hingga 5,5 km dan ketinggian luncur maksimal 4,5 km. Strela juga bisa menghancurkan target dalam jarak sangat dekat, tapi minimum jarak target harus 18 meter dan ketinggian minimumnys 500 meter. Berat rudal Strela adalah 9,8 kg. Sudah termasuk hulu ledak seberat 1,15.

Menurut artikel indomiliter.com, Korps Marinir TNI AL juga masih mengoperasikan rudal uzur ini. Masih menurut sumber yanng sama, Strela datang ke Indonesia satu paket dengan pengadaan 39 kapal perang bekas Jerman Timur yang dibeli pada tahun 1990-an.


Referensi Tulisan: Times of Israel& indomiliter.com
Sumber Foto & Ilustrasi: sudah tertera di atas
evywahyuni
catros
emineminna
emineminna dan 22 lainnya memberi reputasi
23
7.2K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan