curry30uaAvatar border
TS
curry30ua
Apa Itu Aquamation ? Yang Akan Dilakukan Jenazah Desmond Tutu

sumber : https://www.theguardian.com/world/20...reen-cremation 

Desmond Tutu adalah seorang teologian, bishop, aktivis kemanusiaan dan tokoh anti apartheid di Afrika Selatan yang baru saja meninggal pada 26 Desember di usia nya mencapai 90 tahun. Desmond Tutu dikenal dengan hidup nya yang sederhana dan menghabiskan hidupnya untuk kegiatan kemanusiaan dan spiritual. Desmond Tutu dikenal sebagai Archbishop pertama kulit hitam di Afrika Selatan yang terkenal oleh heroisme nya dengan gerakan anti-apartheid dinegara tersebut. 

Setelah meninggal pun tokoh ini tetap memikirkan kesederhanaan dan tidak menyusahkan kerabat dan orang lain. Dikabarkan sang tokoh anti-apartheid ini akan menjalani proses "Aquamation" yang akan dilakukan ke jenazah nya. Secara garis besar, aqumation adalah tipe kremasi yang dapat dilakukan tanpa menggunakan substansi pembakaran layaknya pada acara-acara funeral kremasi pada umumnya. 

Sang tokoh dikabarkan akan melakukan Aquamation demi menjaga lingkungan atau yang biasa disebut "eco-friendly cremation". Dengan melangsungkan tipe kremasi ini, asap hasil pembakaran pun tidak akan dihasilkan sehingga tetap menjaga polusi udara dan bisa disebut sebagai metode kremasi yang tenang dan santun. 


sumber : https://california18.com/aquamation-...dy/2421652022/ 

Aquamation merupakan proses yang mengandalkan alkali hydrolisis dan air. Jadi pada hasilnya nanti, tubuh jenazah pun akan nampak seperti melalui dekomposisi atau penguraian layaknya jenazah dikubur didalam tanah. Point yang terpentingnya adalah proses penguraian atau pembusukan tersebut lebih dipercepat dengan menggunakan tekhnik ini sehingga lebih menghemat waktu. 

Saat proses, jenazah akan masuk ke tabung atau wadah yang dibuat dari stainless-steel dengan dicampur dengan air, senyawa-senyawa alkaline dan akan dipanaskan untuk memepercepat proses penguraian. Komposisi yang digunakan sekitar 95% air dan 5% senyawa-senyawa alkaline yang akan dipanaskan hingga menyentuh suhu 200-300 derajat Fahrenheit atau sekitar 150 derajat celcius yang akan disirkulasikan sekitar 6-8 jam proses.

Yang pada akhir proses Aquamation tersebut akan menyisakan tulang-tulang jenazah saja yang akan dikeringkan melalui oven dan akan menjadi abu atau bubuk. Berbagai sumber pun menyebutkan bahwa abu atau bubuk yang dihasilkan dari Aquamation ini lebih sedikit dibandingkan abu pembakaran pada kremasi biasanya.


sumber : https://www.greencremationtexas.com/...in-your-state/ 

Sehingga proses Aquamation ini dapat menghasilkan 90% efisiensi energi dan mengurangi emisi gas dari proses pemakaman hingga 35%. Dilansir oleh BBC report, abu Desmond Tutu akan dikebumikan di Katedral St. George di Cape Town. Sang tokoh pun mewasiatkan bahwa ketika acara pemakaman berlangsung dilakukan dengan cara yang sederhana dan sang tokoh pun tidak mau untuk dibuatkan monumen patung sebagai simbol perjuangan dan kemanusiaan untuk dikenang, melainkan tetap konsisten untuk menjadi orang yang sederhana meskipun diakhir masa hidupnya. 




Rest In Heaven Father Tutu ... emoticon-noroseemoticon-noroseemoticon-norose

Thank You .. !!! emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


sumber tambahan :
- https://www.npr.org/2022/01/01/10696...f-desmond-tutu
- https://www.theguardian.com/world/20...reen-cremation
Diubah oleh curry30ua 02-01-2022 06:35
prabas
emineminna
yanginiusername
yanginiusername dan 15 lainnya memberi reputasi
16
6K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan