cintadineAvatar border
TS
cintadine
Makin diminati Masyarakat, Inilah 5 Keunggulan Chromebook dari Laptop Biasa


Beberapa bulan yang lalu kita sempat dihebohkan oleh pengadaan laptop oleh Kemendikbud yang seharga Rp. 10 juta tapi menggunakan Chromebook. Banyak kritikan muncul hingga menimbulkan perdebatan. Namun ada satu hal yang muncul, yaitu Chromebook kini punya popularitas terus naik dan semakin terkenal di Indonesia. Padahal Chromebook sendiri sudah ada sejak 2010 dan populer di kalangan pelajar di negara-negara maju.

Chromebook sendiri adalah perangkat laptop yang memiliki sistem operasi Chrome OS besutan Google yang dirancang seringan mungkin sehingga dikhususkan untuk para pelajar sekolah hingga mahasiswa atau pun kalangan umum yang pekerjaannya berhubungan dengan mengetik dan mengolah data.

Kini orang-orang Indonesia mulai sadar dan tahu kalau Chromebook memang cocok untuk sekolah dan mahasiswa. Di ecommerce pun Chromebook banyak diburu untuk orang yang sering belajar atau sekolah daring.

Lalu, kira-kira apa sajakah sih kelebihan Chromebook jika dibandingkan dengan Windows?

1. Harga yang Lebih Murah



Karena sistem operasinya yang gratis dan dibesut oleh Google, membuat Chromebook harganya lebih murah karena tak perlu membayar lisensi. Ditambahkan spesifikasi untuk menjalankan Chrome OS memang tidak memerlukan spek yang tinggi seperti Windows. RAM 2 atau 4GB saja sudah cukup dan procie Intel Celeron saja sudah cukup. Sementara storagenya hanya sekitar 32 sampai 128 GB saja, membuat produsen laptop bisa menekan harga serendah mungkin.

2. Ringan dan Cepat



Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalau Chrome OS ini adalah OS yang sangat ringan, booting upnya saja hanya butuh tiga detik. Itu karena Chrome OS sudah dioptimasi oleh Google karena kebutuhannya sudah disesuaikan bagi para pelajar dan pekerja yang membuka aplikasi-aplikasi sederhana. Jadi tak perlu takut melihat spek yang kelihatannya cupu, karena Chrome OS tak butuh spek tinggi untuk menjalankan OS dengan maksimal.

3. Bisa Offline Juga



Banyak yang bilang kalau Chromebook hanya akan optimal kalau ada internet. Hey, semua OS juga begitu kali! Windows juga akan lebih maksimal kalau ada internet, kalau enggak ada ya cuma bisa buka aplikasi yang offline saja. Chromebook juga begitu, walaupun offline, tetap bisa membuka beberapa aplikasi offline termasuk aplikasi Google Docs dan Google Sheet yang tentunya akan banyak dipakai. Pun begitu aplikasi pemutar media offline.

4. Ada Play Store



Karena sama-sama dari kernel Linux dan sama-sama buatan Google, Chromebook keluaran terbaru bisa menginstal aplikasi Android dan tersedia Google Play Store. Jadi banyak pilihan aplikasi tambahan untuk kebutuhan, kalau perlu kita instal Instagram dan Whatsapp di Chromebook. Selain itu, karena adanya Play Store ini, pengguna tetap bisa menginstal game-game ringan untuk sekedar hiburan.

5. Fokus Untuk Belajar



Chromebook cocok dibeli orang tua untuk anaknya yang masih sekolah karena Chromebook memang dirancang untuk itu. Sehingga para orang tua tak perlu khawatir laptopnya malah digunakan untuk main game secara berlebihan. Kan ada tuh, minta laptop buat belajar tapi mintanya laptop gaming yang harganya belasan juta dan membohongi orang tuanya. emoticon-Ngakak (S)

Nah itu dia gan pembahasan singkat tentang Chromebook. Yang punya Chromebook silahkan sharing di mari bagaimana pengalamannya. emoticon-Big Grin

Quote:


emineminna
Richy211
gta007
gta007 dan 24 lainnya memberi reputasi
21
9.7K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan