kyauto.officialAvatar border
TS
kyauto.official
Brosur Mobil Salah Cantumkan Fitur, Ford Australia Tekor Puluhan Miliar



Ketika brosur mobil baru mencantumkan fitur yang sejatinya tak terdapat di dalam suatu produk wajar jika konsumen merasa dirugikan. Bisa-bisa pihak pabrikan harus mengeluarkan ganti rugi dalam jumlah besar.

Hal tersebut dialami Ford Australia belum lama ini, seperti dikutip dari Motor1, Selasa (28/12/2021). Kasus tersebut berawal dari langkah Ford Australia menjual Mustang Mach 1 di Negeri Kangguru.

Pada salah satu brosur yang beredar disebutkan generasi terbaru pony car tersebut dilengkapi fitur adaptive cruise control, ambient light di bagian dalam pintu, lampu kabut LED, matras Mach 1, rear parking sensor, dan limited slip differential Torsen.

Celakanya, fitur-fitur tersebut ternyata tak ditemui pada unit yang diterima oleh konsumen. Ada kemungkinan brosur yang sampai ke tangan konsumen tertukar dengan brosur Mustang Mach 1 versi kawasan lain.

Kompensasi Kerugian



Menyadari kesalahan tersebut, Ford Australia segera menyampaikan permintaan maaf sedalam-dalamnya kepada konsumen. Upaya untuk mempertahankan citra tersebut dibarengi dengan beberapa tawaran kompensasi, seperti gratis servis selama tiga tahun hingga gratis kegiatan track day.

Di samping itu Ford Australia juga menawarkan opsi refund sebesar 5.400 dolar Australia atau sekitar Rp55,6 juta per mobil. Konsumen juga diberikan pilihan untuk mengembalikan mobil yang telah dibelinya dan menerima full refund dari dana pembelian.

Adapun jumlah unit Ford Mustang Mach 1 yang masuk pasar Australia adalah 700 unit. Dengan jumlah sebanyak itu, Ford Australia disebut mesti menyiapkan dana ganti rugi mencapai 4,5 juta dolar Australia atau sekitar Rp46,3 miliar.

Angka tersebut belum lagi ditambah potensi denda dari Australian Competition and Consumer Commision (ACCC) sebesar 53.280 dolar Australia atau sekitar Rp548,9 juta. Sebabnya Ford Australia dianggap memuat konsumen terkecoh dengan informasi awal yang diberikannya.

Belum diketahui pasti musabab brosur mobil yang keliru tersebut bisa sampai ke tangan konsumen. Parahnya lagi rupanya ada empat versi brosur mobil Mustang Mach 1 yang beredar secara luas.
emineminna
indrastrid
davecchio
davecchio dan 18 lainnya memberi reputasi
19
9K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan