Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aduhaisayangAvatar border
TS
aduhaisayang
Orang Kaya mah Bebas. Bapak ini Punya Koleksi Uang 100 Triliun

Bagi Boy George Rahman, uang bukan sekadar alat pembayaran. Uang juga merupakan perekam sejarah, perekat hubungan, sekaligus alat investasi. Hidup ayah tiga anak itu tak bisa dilepaskan dari uang-uang unik yang dikoleksinya sejak era 90-an.

FOLDER-FOLDER tebal memenuhi meja dan sofa ruang tamu rumah Boy George Rahman di Surabaya ketika dijumpai awal Desember. Uang Rp 75 ribu yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI) untuk memperingati Hari Kemerdekaan Ke-75 RI terpajang rapi dalam plakat bening. Ada pula koleksi mata uang asing dalam edisi khusus.

Setiap koleksi unik itu punya cerita. ”Kalau ini, uang yang dikeluarkan bank sentral Brunei Darussalam dan Singapura untuk memperingati 50 tahun hubungan bilateral kedua negara,’’ katanya sambil menunjukkan sebuah halaman folder book berisi dua lembar uang. Uang-uang tersebut memiliki nominal yang sama, gambar yang sama, dan nomor seri yang sama. ’’Ini same currency,’’ imbuhnya, lantas membolak-balik halaman folder yang lain.

Uang kembar dolar Singapura (SGD) dan Brunei Darussalam (BND) hanya satu di antara ratusan uang langka yang Boy koleksi. Ada yang nomor serinya kembar, ada yang ukurannya jumbo (seukuran kertas A3), ada yang lembarannya tidak terpotong (uncut banknotes), ada yang dikeluarkan bank sentral berpuluh tahun lalu, ada yang nilainya khusus dan tidak diedarkan secara luas, dan ada uang keluaran untuk memperingati momen-momen istimewa.

Boy menjelaskan, uang uncut –yang untuk rupiah biasanya terdiri atas dua atau empat lembar– bisa didapatkan masyarakat dengan memesan ke Bank Indonesia (BI). ’’Tetapi jumlahnya terbatas sehingga mungkin tidak banyak yang tahu,” ucapnya.

Boy lantas hati-hati mengeluarkan uang bersambung yang disimpan dalam wadah tabung. Untuk mendapatkan uang plano (uncut banknotes yang lebih dari delapan lembar) tersebut harus ikut proses lelang dan hanya diikuti kolektor. ’’Penyelenggara lelangnya Java Auction bekerja sama dengan Peruri dan BI,” ujarnya, lantas berpose dengan koleksi uniknya itu. Boy membuka uang lembaran seperti sedang membaca koran. Dia lantas tiduran ’’diselimuti’’ uang plano.


Salah satu koleksi unik lainnya adalah uang 100 triliundolar Zimbabwe (ZWR) keluaran 2008. Uang tersebut merupakan uang dengan angka nol terbanyak di dunia. Boy mendapatkannya dari hasil barter dengan sesama kolektor dari Jakarta. Dibarter dengan uang koin rupiah seri WWF keluaran 1974 koleksi Boy.

Boy juga memiliki uang polimer yang dia sendiri tak tahu dari mana negara asal uang tersebut. Dia mendapatkan uang itu dari penjual (seller) secara borongan. Lantaran penasaran, Boy mengunggahnya di laman Facebook. ’’Saya post foto uangnya, teman-teman juga tidak ada yang tahu itu uang dari negara mana, haha. Tapi, ya tetap saya simpan,’’ kata Boy yang juga ketua Masyarakat Numismatik Surabaya (MNS) itu.

Riwayat karier Boy yang menekuni bidang ekspor membawanya pada pemaknaan yang lebih pada uang. Seiring pekerjaannya yang sering berhadapan dengan urusan custom clearance dan bolak-balik ke money changer, Boy sering melihat mata uang asing. Dia terpikir untuk mengoleksi mata uang dari berbagai negara. ’’Tahap awal, saya koleksi uang ringgit, dinar, riyal, dolar, peso, baht, dan lain-lain yang nilainya 1,’’ ucapnya.

Setelah mulai berkenalan dengan kolektor-kolektor yang lain, Boy belajar bahwa mengoleksi uang rupanya tidak sebatas itu. Hobi numismatika juga bisa menjadi kegiatan investasi. Uang koleksi dapat ditukar atau dijual. Dari situlah seorang kolektor bisa mendapatkan untung, sekaligus menambah jumlah koleksi uang langkanya.

Perjalanan hidup mengantarkan Boy ke hobi yang lain: otomotif. Dia menyenangi motor gede (moge) Harley-Davidson. Namun, anggota Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Surabaya itu sebenarnya bukanlah maniak touring. Berkumpul dalam komunitas HDCI baginya adalah sarana mengenalkan uang unik kepada lebih banyak orang.

Seorang ketua komunitas moge sangat berterima kasih kepada Boy karena memberinya uang koin keluaran 1951–2016. Di antara koin senilai 1 sen hingga Rp 1.000 itu, ada nominal yang mengingatkan si penerima akan uang jajan yang kerap diterima dari ibunya saat masih sekolah. ’’Dia terharu sampai (matanya) berkaca-kaca. Katanya, ’Saya senang sekali. Ini akan saya kasih lihat ke ibu saya’,’’ tutur Boy menirukan ucapan rekannya.

Untuk mengoleksi merchandise moge, terkadang Boy menjual koleksi uangnya. Atau, membantu kolektor menjualkan uangnya kepada kolektor lain. ’’Jadi, uang dan moge ini bisa mengenalkan saya lebih dekat kepada banyak orang,’’ tutur Boy.

MERAWAT KOLEKSI UANG

– Uang kertas harus di-cover dengan plastik pelindung agar tidak tersentuh tangan.

– Uang koin harus ada kapsul atau slap pelindung

– Penyimpanan dilengkapi silica gel agar tidak lembap dan berjamur.

KIAT BOY BERBURU UANG LANGKA

– Mengikuti lelang uang langka di Jakarta, Hongkong, dan Singapura

– Bertukar koleksi dengan kolektor lain

– Menjalin relasi dengan komunitas numismatika



sumber informasi (jawapos.com)
=-=-=-=--=


Orang kayamah bebas, hobi pak boy memang unik ya gan. Dia mengolekasi uang-uang dari berbagai negara di belahan dunia. Dari uang receh sampai ada yang bernominal ratusan triliun. Hobi beliau ini merupakan hoby yang mahal, orang-orang dengan penghasilan ngepas sebulan mana mungkin bisa melokoninya.Ya bisa juga sih kalau mau, koleksi uang recehan, atau cuma beberapa lembar doank. Orang-orang berpenghasilan ngepas pasti akan mengutamakan kebutuhan pokok sehari-hari seperti membeli beras dan bayar tagihan.

Berbicara tentang hobi, ada ungkapan populer yang mungkin sudah jadi Quotes keren bagi sebagian orang yakni 'Kami bukan orang kaya, tetapi hobi kami mahal.'

Terdengar keren kan? Bahkan di situ ada kesan ingin membangga-banggakan diri, menganggap hobinya keren nan berkelas. Tapi ya menurut TS itu orang gak tahu diri namanya, udah tahu bukan orang kaya, eh tetapi punya hobi yang mahal.

Ini benaran terjadi loh, dan ada dulu teman kuliah TS seperti itu. Pakaiannya bermerek nan bergaya kekinian, HP nya juga terus update, ngomongnya tentang hal tinggi-tinggi mulu, bilang kalau kesuksesan (pencapaiannya) karena bisnis. Ngotot ngajakin TS untuk ikut bisnis yang dia jalani. Eh ternyata MLM. Njualin produk yang gak penting-penting dan gak terlalu dibutuhkan. Nyari duit dari hasil komisi karena berhasil ngajak orang lain join. TS tolak mentah-mentah. Eh dia marah-marah. Langsung deh autoblock.

Mau tahu kondisinya sekarang?

Ngemis di group angkatan. Awalnya kami percaya saja dengan cerita duka yang dia terima. Penggalangan dana pun dilakukan, TS juga ikut nyumbang. Tapi lama-lama mencurigakan karena keterusan. Terbongkar deh semua aibnya.

Usut punya usut dia begitu karena tuntutan pergaulan yang high class. Sudah terlanjur telihat keren di mata publik, rutin post foto-foto seolah sudah sukses, jalan-jalan terus, makan di restoran mewah, dan pernak-pernik gaya hidup seakan mewah lainnya. Padahal aslinya orang tuanya sudah sepuh, di usia itu masih nyangkul sawah, beberapa hektar sawah terjual untuk modal anaknya berbisnis (gak tahu apa), dia gengsi memulai karir dari bawah karena insecure melihat teman-teman seangkatan sudah banyak di posisi top. Bukannya kerja keras, tetapi dia repot pamer seolah sudah sukses. Inilah yang TS maksud salah satu contoh penganut--> 'Bukan orang kaya tetapi hobinya mahal'.

Kok jadi ceritain aib orang ya? Gak apa-apa toh juga identitasnya tidak disebutkan, yang model begini pasti juga pernah agan temui. TS membahas ini sekadar mau mengingatkan saja, bahwa punya hobi itu disesuaikan dengan kemampuan.Kalau sudah kaya seperti pak Boy ya silahkan saja, memang sudah sepatutnya. Kalau gaji sebulan masih ngepas atau bahkan kurang, ya tahu dirilah bos. Jangan menyiksa diri sendiri demi mendapatkan penilaian keren di mata orang lain.

Cukup sekian dan terima kasih..


Zero
packyu
mod.modan
mod.modan dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan