Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Langkah Anies Beri IMB Gereja di Jakarta Dinilai Berdampak Positif
Langkah Anies Beri IMB Gereja di Jakarta Dinilai Berdampak Positif
23 Des 2021, 19:04 WIB

Perbesar


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gereja Katolik Damai Kristus di Duri Selatan, Jakarta Barat. (@aniesbaswedan)
Liputan6.com, Jakarta Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Lakpesdam PBNU), Rumadi, turut menanggapi pemberian izin mendirikan bangunan (IMB) Gereja Katolik Tambora dan gereja Immanuel di Jakarta oleh Gubernur Anies Baswedan. Menurutnya, itu adalah langkah yang bagus.
"Pemberian IMB itu harus dilihat sebagai kewajiban pemerintah untuk menjamin dan memberi perlindungan kepada warga negara dalam menjalankan agama dan keyakinannya," kata Rumadi, Kamis (23/12/2021).

Rumadi yang pernah aktif di Wahid Institute itu menilai kebijakan Anies itu tentu akan memberikan dampak yang baik dalam konteks kehidupan beragama di masyarakat. Dia pun memberikan apresiasi.
"Iya. Situasi kondusif harus terus dijaga," katanya lagi.
Meskipun demikian, dia mengatakan bahwa sebenarnya itu hal normal saja. Banyak daerah-daerah lain yang juga sudah melakukan.
Rumadi menambahkan, ketika masih di Wahid Institute pernah melakukan advokasi atau pendampingan terhadap Gereja Katolik Tambora. Meskipun saat ini sudah tidak lagi.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Gereja Katolik Damai Kristus di Duri Selatan, Jakarta Barat.
Keluarnya izin tersebut mendapat apresiasi dari Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Kardinal Ignatius Suharyo.
Dia mengatakan, penyerahan IMB dimaknai sebagai pemberian tugas kepada umat katolik untuk selalu membuat gerakan persaudaraan.
"Ini tugas untuk umat di sini dengan peranan yang berbeda beda untuk terus membuat gerakan persaudaraan," kata Suharyo yang dikutip melalui chanel Youtube , Rabu, 22 Desember 2021.
Suharyo yakin, pemberian IMB oleh Anies bukan sekadar hadiah. Tapi, menjadi tanggung jawab kepada umat Katolik untuk terus mencari jalan baru membangun persaudaraan yang sejati.
Suharyo juga bersyukur dengan eratnya persaudaraan, terbukti negara bisa menghadapi covid-19. ia mengajak seluruh masyarakat kuat dan secara bersama melawan covid-19.
"Wabah covid-19 ini meninggalkan banyak pekerjaan. Kita diajak terus merawat persaudaraan agar kita semakin cepat keluar dari kesulitan yang diakibatkan wabah covid-19 ini," kata dia.

Beri Kenyamanan Umat Beragama
Sementara itu, Anies mengungkapkan, pemberian IMB tersebut merupakan bentuk tanggung jawab baru untuk gereja tersebut. Yakni dapat menghadirkan kebahagiaan bagi semua kalangan.
"Saya percaya akan bisa dijalankan dengan baik. Sehingga, kehadirannya dirasakan sebagai kebahagiaan bagi semua yang ada di kawasan ini. Semoga pembangunannya berjalan dengan lancar, tepat waktu, dan bisa memberikan manfaat bagi semua," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu.
Selain itu, Anies juga mengharapkan agar Jakarta lebih baik yaitu untuk kenyamanan dan kesejahteraan. Salah satunya yaitu melalui silahturahmi.
"Karena dengan silaturahmi, rasa kekeluargaan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan warga kota Jakarta akan tetap terjaga," jelas Anies.

https://www.liputan6.com/news/read/4...dampak-positif
Diubah oleh dragonroar 24-12-2021 04:45
pilotugal2an541
gmc.yukon
screamo37
screamo37 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan