nafta101Avatar border
TS
nafta101
Emang Bisa? Rekaman Vokal di Rumah


Rekaman nggak harus di studio loh. Kamu bisa rekaman di rumah.


Jika kamu seorang vokalis, mikrofon adalah alat musikmu. Sama seperti gitaris yang memilih gitarnya, vokalis juga harus bisa milih mikrofon. Beberapa mikrofon akan melayani suara kamu lebih dari yang lain. Dan dengan menambahkan efek seperti equalizer, compressor dan modulasi, akan semakin menyempurnakan suaramu.

Untungnya, mikrofon sekarang punya kualitas yang sangat baik, jadi kamu nggak perlu menghabiskan duit untuk mendapatkan suara yang bagus. Tapi, tetap penting untuk memilih mikrofon yang tepat dan menggunakan teknik yang baik untuk mendapatkan hasil maksimal.

Kali ini, TS akan membahas dasar-dasar jenis mikrofon, pola pengambilan suara, dan teknik mikrofon sehingga kamu bisa memaksimalkan rekaman vokal di rumah kamu.

Tipe Mikrofon

Tiga teknologi mikrofon adalah Condenser, Dynamic, dan Ribbon. Kamu nggak perlu tahu cara kerjanya untuk mendapatkan suara yang bagus, tapi setiap jenis punya perbedaan sonik, serta kelebihan dan kekurangan.

Quote:


Quote:


Quote:


Tetapi nggak juga harus memilih mic yang mahal. Equalizer dan plugin bisa membuat karakter mikrofon terlihat sama.

Ambil contoh, meskipun mikrofon Dynamic tidak secerah mikrofon Condenser, peningkatan frekuensi High bisa menambah artikulasi dan presence.

Selalu ingat bahwa performa kamu adalah yang paling penting. Karena ada banyak cara untuk memanimpulasi vokal, tapi nggak ada cara untuk ngerubah suara aslinya.

Preamp & Phantom Power
To be continue...


Kalo banyak yg kepo ane lanjutin gaeess emoticon-Malu

Sumber
Windows Report
Audio Technica



emineminna
bajer.dinar212
asamboigan
asamboigan dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.1K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan