Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Hobi Melakukan Bullying? Ingat Akan Hal Ini, Stop Menindas dan Menyakiti Orang Lain
Hobi dan bahagia melihat orang lain susah dengan berusaha membuat orang lain susah?
Ingat, hidup dan mati seseorang tidak ada yang tahu


Masih tentang bullying, jika kemarin mengulas mengenai cara dan tips mencegah dan menghindari aksi bullying dari orang sekitar, maka kali ini kita akan membahas bagaimana caranya agar para pelaku bullying sadar bahwa apa yang mereka lakukan salah.

Benarkah pelaku bullying tidak tahu bahwa apa yang mereka lakukan adalah sebuah perbuatan salah yang tidak bisa dibenarkan?

Menurut ane pribadi tentu oara pelaku bullying mengetahui bahwa apa yang mereka lakukan adalah tindakan yang salah, namun karena memang memiliki "kelainan," yaitu bahagia melihat orang lain tersakiti maka mereka akan mengesampingkan benar dan salah.

Lantas apakah ada cara agar para pelaku bullying paham dan sadar tentang kesalahan mereka dan berhenti melakukan bullying?

Pastinya akan selalu ada cara untuk menghentikan sebuah ketidak benaran GanSis, adapun beberapa caranya adalah sebagai berikut.


sumber gambar

1. Sadar Baik dan Buruk
Untuk sadar baik dan buruk bagi mereka yang hobi melihat orang lain susah ini tidak semudah orang baik melihat kebaikan dan keburukan GanSis.

Mengalahkan egoisme diri yang mendorong untuk melakukan keburukan akan sangat sulit untuk dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan berbuat buruk.

Perlahan sadari dalam hati bahwa apa yang dilakukan adalah hal yang salah, menyakiti orang lain, dan tidak manusiawi.
Berusaha untuk menempatkan diri jika menjadi korban dan rasakan apa betapa sakitnya dibully akan membuat pelaku bullying sadar bahwa membully orang lain itu sangat jahat.

2. Dosa
Mengingat bahwa setiap apa yang kita lakukan jika itu buruk maka akan mendapatkan dosa. Jika kita masih memikirkan dosa maka tidak mungkin akan membully atau menyakiti orang lain baik itu dengan perkataan ataupun perbuatan.

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa dosa tidak terlihat. Memang benar dosa tidak terlihat, namun jika Tuhan yang tidak terlihat saja dianggap nyata kenapa dosa yang juga tidak terlihat disepelekan. Itu yang harus mulai dipikirkan.

3. Melihat Kekurangan Diri Sendiri
Melihat kekurangan yang ada pada diri sendiri juga dapat mencegah seseorang untuk melakukan bullying terhadap orang lain.

Jika diri masih merasa kurang pasti akan segan untuk menghina kekurangan orang lain, karena memang setiap orang kodratnya selalu memiliki kekurangan hanya saja letak kekurangannya yang berbeda-beda.

Apakah masih akan membully orang lain jika melihat diri sendiri banyak kekurangan?
Maka cara terakhir dapat Agan dan Sista terapkan.

4. Menjadikan Pelaku Sebagai Korban
Jika mungkin ketiga cara normal di atas tidak dapat menjadikan seorang pelaku bullying sadar bahwa apa yang mereka lakukan adalah sebuah tindak kejahatan maka bisa Agan dan Sista gunakan cara menjadikan pelaku menjadi korban bullying agar mereka tahu seberapa sakit dibully oleh orang lain.

Teguran keras dengan membalikkan posisi ini akan memberikan mereka perhatian bahwa dibully itu menyakitkan. Jika mereka paham rasanya sakit dibully maka mereka akan jera dan tidak lagi membully.



Itulah 4 cara untuk mencegah diri sendiri melakukan perbuatan keji terhadap orang lain. Cara terakhir adalah cara yang dapat dilakukan oleh orang sekitar yang melihat pelaku bullying yang tidak bisa dinasehati dengan baik-baik.

Ingat, setiap apa yang kita lakukan akan berbalik pada diri sendiri suatu saat nanti. Jika kita berlaku jahat terhadap orang lain maka bisa saja orang lain suatu saat akan melakukan kejahatan terhadap diri kita GanSis.

Mari hidup saling mengasihi dan menyayangi, stop kejahatan baik fisik, mental, dan kejahatan lain yanf beragam jenisnya tidak dapat disebutkan.

Terima kasih telah singgah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.




Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
catros
Okutet
zeze6986
zeze6986 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.4K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan