abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Sekelas Bupati Cup Hadiahnya Cuma 95 Ribu? Malu sama Lomba Kampung yang Ratusan Ribu!


Ane mau cerita dikit nih. Sekitar 4-5 tahun yang lalu di desa ane ngadain perlombaan 17 agustusan gitu. Yang ngadain pemerintah desa. Nah perlombaannya tu banyak ada balap karung, lomba kelereng dalam sendok, masukin pensin ke botol, estafet air dalam gelas, sampai panjat pinang. Nah kalo panjat pinang, konsepnya kan beregu tuh maka hadiahnya lumayan gede. Disamping perlombaannya yang juga susah ya.

Maka hadiah untuk perlombaan panjat pinang ini kalau ditaksir sebesar 4 jutaan. Karena diatas itu ada sepeda dewasa, makanan dan minuman, dan ada uang tunai 2 juta rupiah. Lumayan gede kan hadiahnya. Tapi sepadan sama sulitnya ngedapetin sih. Kalo dipikir-pikir ada 5-6 orang dewasa dapet itu hadiah, terus sepeda sama uang tunai diuangkan, masing-masing dapat uang sebesar 500an ribu sekian, plus makanan dan minuman yang diatas tadi.

Quote:


Nah berdasarkan cerita ane tadi, mari kita bandingkan dengan perlombaan yang ada di suatu kabupaten. Masuknya ni perlombaan udah gede dan bergengsi karena sesuai nama perlombaannya aja bupati cup. Gak usah ane sebut wilayah nya, yang pasti disana juga ada perlombaan kayak di desa ane tadi. Jadi sama-sama perlombaan yang diadakan pemerintah (walaupun pemkab dan pemdes beda jauh hehe), terus sama-sama diikuti oleh masyarakat, dan sama-sama berhadiah.

Bedanya cuma hadiahnya di kabupaten itu wadidaw kecilnya, sedangkan di desa ane tadi masih lumayan lah. Setidaknya masih patut untuk kelas perlombaan kampung. Lah kalo hadiahnya 95 ribu apa ya patut untuk sekelas kabupaten dengan nama event bupati cup? Serius ane dengar beritanya aja jadi malu sendiri. Mana perlombaannya panjat tebing lagi, yang notabene nya udah masuk cabang olahraga yang sering dipertandingkan di PON bahkan olimpiade lagi haha.

Kalo panjat pinang masih oke lah, meskipun gak ngotak juga. Lah ini panjat tebing, hadiahnya 95 ribu. Ini luar negeri aja insecure liatnya. Insecure kok bisa hemat banget wkwk. Kocaknya berdasarkan yang ane baca beritanya adalah alasan kenapa lomba ini hadiahnya segitu. Alasannya banyak seperti anggaran untuk tahun ini cuma sedikit, terus post-post nya banyak. Oke masih wajar. Nah yang wadidaw nya alasannya karena mepet waktu SPJ (surat pertanggungjawaban). Maksud ane kalo emang mepet waktunya, dan lomba ini cuma dalih untuk penghabisan anggaran, kenapa lomba nya yang sekelas panjat tebing? Haha.

Quote:


Yah walaupun ane tau sebenarnya disana, di ranah pemerintahan untuk masalah anggaran emang ada aturannya. Seperti anggaran diatur, ada pajak, dan sebagainya. Tapi apa gak sebaiknya dirancang dan dipikirkan sematang mungkin dengan tetap memperhatikan kelayakan, kepatutan, dan kenyamanan masyarakat? Kalo lombanya udah susah, hadiahnya kecil lagi kan ujung-ujungnya yang image nya jelek siapa? Lagian masyarakat yang mau ikut wadidaw juga sih hahaha.

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media aja ya gan. Emang paling enak jadi tinggal di wakanda forever aja ya gan biar gak ketemu kayak ginian di dunia per-acting-an wkwk. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Opini pribadi & Googling
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
Okutet
dzulizhar
Cargoimport94
Cargoimport94 dan 15 lainnya memberi reputasi
14
8.7K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan