gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Pengacara Bahar bin Smith Minta Semua Tahan Diri, Kedepankan Dialog
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengacara Bahar bin Smith, Aziz Yanuar meminta kepada semua pihak untuk menahan diri dan mengedepankan dialog untuk menyelesaikan persoalan.

Hal itu ia sampaikan merespons video pria berseragam TNI dan berkaos loreng yang mengecam Bahar agar tidak menjadi seorang penghasut terhadap sesama muslim usai salah satu ceramahnya menyindir KSAD Jendral Dudung Abdurachman viral di media sosial.

"Hendaknya semua pihak menahan diri untuk tak saling bertikai. Mari kedepankan dialog dan persatuan," kata Aziz kepada CNNIndonesia.com, Senin (20/12).

Aziz lantas membandingkan sikap TNI AD yang mengedepankan dialog dalam menghadapi Kelompok Kriminalisasi Bersenjata (KKB) di Papua selama ini. Padahal, KKB di Papua kerap merugikan nyawa dan mengancam kedaulatan negara Indonesia.

"Mereka yang merusak serta membakar berbagai fasilitas publik saja masih membuka dialog dengan mengedepankan persaudaraan," kata Aziz.


Di sisi lain, Aziz mengaku heran karena salah paham dalam bertutur kata justru tak mengedepankan dialog. Padahal, masih sesama saudara satu bangsa.

"Mengapa yg hanya salah paham dalam bertutur kata dan berpandangan sampai tidak mengedepankan persaudaraan dan dialog?
masih satu pulau dan juga satu bangsa lho ingat," ujarnya.


Sebelumnya, pria yang mengenakan seragam TNI mengingatkan Bahar agar tak menjadi penghasut sesama muslim. Namun, pria berseragam TNI itu belum diketahui identitasnya.

Peringatan itu diberikan lantaran ceramah Bahar sempat menyindir Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman. Bahar terlihat mempertanyakan kiprah Dudung sewaktu terjadi erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur beberapa waktu lalu. Bahar membandingkan Dudung justru getol untuk menurunkan baliho.

"Saya muslim, kamu juga muslim, anda sebagai ulama tapi menghina sesama manusia. Khususnya TNI. Apa hubungannya Semeru dan baliho? Jangan hanya menghasut umat muslim. Membenturkan TNI dan Rakyat. Saya cari kamu, bib," kata pria berseragam TNI yang videonya diunggah akun YouTube Rakyat Jelata dikutip Senin (20/12).

Belakangan, Bahar bin Smith telah dilaporkan ke polisi terkait dugaan SARA. Dari informasi dokumen yang didapat, laporan ini terdaftar dengan nomor LP/B/6354/XII/2021/SPKT/Polda Metro Jaya, pada 17 Desember 2021.

"Ya (Bahar Smith dilaporkan), terkait hal yang bersifat SARA," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan saat dikonfirmasi, Senin (20/12).

Saat ditanya apakah pelaporan atas Bahar bin Smith terkait dengan cuplikan-cuplikan videonya yang viral, Zulpan belum memberikan jawaban kepada CNNIndonesia.com.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...epankan-dialog

Dah nyerang secara frontal dan lebih satu kali kepada KSAD itu tidak perlu dialog lagi..

Nyerang jkw,megawati dan menghina kepolisian itu tdk bisa di bilang salah paham lagi..

Sekarang siap tuai hasil mulutnya si bahar.

Ane yakin si bahar mulai ngemis2 perlindungan ke bohir2nya skrg.

emoticon-Traveller
bontakkun
viniest
kiprasetya
kiprasetya dan 29 lainnya memberi reputasi
30
4.4K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan