cintadineAvatar border
TS
cintadine
7 Jasa Ekspedisi Terbesar di Indonesia, Agan Sering Pakai Mana Buat Belanja Online?


Perkembangan belanja online di Indonesia nampaknya semakin pesat. Terbukti kini orang-orang yang dulunya tidak bisa belanja secara daring kini mulai rajin membeli barang kebutuhannya lewat ecommerce kesayangannya. Memang sih, sejarah belanja online atau jarak jauh di Indonesia ini memang agak panjang. Mulai dari belanja jarak jauh yang hanya menggunakan media telepon (dulu namanya home shopping). Kemudian ketika internet lahir, belanja online menjadi semakin mudah.

Mulai dari berjualan lewat forum hingga muncul marketplace, rupanya masyarakat kita semakin sadar kalau belanja online punya kelebihan tersendiri.

Namun, industri jual beli online ini tidak akan berjalan tanpa adanya jasa ekspedisi atau kurir yang menjembatani penjual dan pembeli. Kalau zaman dulu jasa ekspedisi hanya biasa melayani jasa antar barang biasa, kini perusahaan ekspedisi semakin diuntungkan dengan era digital seperti sekarang ini.

Ada cukup banyak jasa ekspedisi di Indonesia dan berikut ini adalah yang terbesar dan yang paling banyak digunakan orang Indonesia dalam jual beli online.

1. J&T Express



Berdiri sejak 2015, J&T masih terhitung pemain baru di dunia kurir ekspedisi. Namun J&T mampu menyaingi perusahaan ekspedisi lainnya dengan cepat. Salah satu alasan kenapa J&T bisa berkembang dengan cepat adalah jumlah drop point yang banyak di seluruh Indonesia dan tanpa libur pengiriman.

Dengan kekuatan modal yang besar, J&T kini mampu menjadi salah satu jasa ekspedisi paling sering dipilih oleh penjual dan pembeli.

2. JNE



Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE didirikan pada 1990 sebagai divisi Tiki. JNE memiliki pilihan pelayanan pengiriman mulai dari Reguler, OKE,Yakin Esok Sampai, hingga JNE Trucking. Bertahun-tahun menjadi salah satu pionir perusahaan ekspedisi, JNE harus menghadapi persaingan sengit di era digital seperti sekarang ini. Meski demikian, JNE nampaknya sadar akan hal tersebut dan mulai menerapkan inovasi seperti pengiriman barang di hari libur termasuk hari Minggu.

3. Pos Indonesia



Pos Indonesia merupakan jasa pengiriman tertua di Indonesia dan sudah berusia 275 tahun atau sudah berdiri sejak zaman Hindia Belanda, lebih tepatnya zaman VOC. Perusahaan BUMN ini berganti-ganti nama beberapa kali hingga menjadi PT Pos Indonesia pada 1995. Dulu Pos terkenal sebagai jasa pengiriman surat yang sudah berpengalaman dalam ekspedisi ke seluruh Indonesia hingga sampai ke pelosok.

Di zaman digital ini Pos Indonesia memang masih ada di bawah perusahaan swasta namun masih banyak orang yang mengandalkan Pos sebagai jasa pengiriman dalam jual beli online.

4. SiCepat



Didirikan pada 2014, SiCepat menjadi salah satu perusahaan ekspedisi Indonesia yang bangak diandalkan konsumen. SiCepat menjalin kerjasama dengan sejumlah ecommerce di tanah air dengan program ongkir gratis seperti yang ada di Tokopedia. Salah satu layanan SiCepat adalah jemput paket langsung ke tempat penjual/pengirim walaupun hanya satu barang dan tanpa biaya tambahan.

5. Ninja Van



Ninja Van atau Ninja Xpress adalah jasa ekspedisi asal Singapura yang berdiri pada 2014. Ninja Van menjalin kerjasama dengan beberapa online shop termasuk Lazada yang memiliki layanan Cash on Delivery (COD). Terdapat layanan chat Telegram dengan CS Ninja Van agar pelanggan dapat melacak langsung paketnya .

6. Anteraja



Kalau perusahaan ekspedisi yang satu ini memang baru berdiri pada 2019 yang lalu, mungkin karena itulah angka komplain pelanggan pada Anteraja cukup tinggi. Meski demikian, Anteraja justru jadi pilihan default di Shopee saat kita belanja. Tapi sebenarnya kita bisa mengganti pilihan pengiriman di saat sudah berhasil pembayaran gan. Tinggal ke menu pesanan dan ganti pilihan pengiriman.

7. TIKI



PT Citra Van Titipan Kilat didirikan sejak 1970 dan merupakan salah satu pionir tertua sebagai perusahaan ekspedisi swasta di Indonesia. Meskipun kini harus bersaing ketat dengan yang lainnya, namun tampaknya TIKI masih menjadi salah satu pilihan dalam pengiriman di dunia jual beli online. TIKI dulu sering menjadi pilihan utama saat jual beli online era forum seperti Kaskus.

Itu dia gan, pembahasannya. Kalau agan suka pakai yang mana nih? Kalau ane yang penting barang bisa sampai tepat waktu dan selamat sih. emoticon-Big Grin

Quote:
Diubah oleh cintadine 19-12-2021 09:52
prabas
screamo37
asamboigan
asamboigan dan 33 lainnya memberi reputasi
34
13.5K
190
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan