Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

newsmerahputihAvatar border
TS
newsmerahputih
Kenaikan UMP DKI Jakarta Sebesar Rp37 ribu-38 ribu, Dapat Apa sih?


Merahputih.com - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menetapkan keputusan mengenai Upah Minimun Provinsi (UMP) tahun 2022. Pada Selasa (16/11), Ida mengatakan bahwa UMP akan naik sebesar 1,09%. Padahal, para buruh sepakat menuntut kenaikan UMP sampai 10%. Ini disebabkan karena selama periode 2017-2020, upah minimum selalu naik di atas 8%. Namun saat pandemi COVID-19, UMP hanya naik sebesar 3%.

"Setelah melakukan simulasi, tentu akan ditetapkan gubernur, nilainya berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) rata-rata kenaikan upah minimum 1,09%. Ini rata-rata nasional, kita tunggu saja para gubernur," ungkap Ida dikutip dari CNBC Indonesia, pada Selasa (16/11). Penetapan UMP akan menunggu keputusan dari tiap gubernur, paling lambat 20 November 2021.

Persentase kenaikan sebesar 1,09% pada UMP DKI Jakarta 2022 setara dengan Rp37 ribu-38 ribu. MerahPutih.com pun berusaha menghubungi beberapa generasi muda yang tinggal di DKI Jakarta. Bagi mereka, dengan jumlah uang seperti itu, apakah dapat mengimbangi standar gaya hidup di Jakarta?

Panggil saja Ska, gamer yang bermain Call of Duty: Mobile setiap hari dengan teman-temannya. Menurutnya, uang sejumlah itu hanya bisa mendapatkan kurang dari 240 CP (COD Points) di permainan Call of Duty: Mobile.

Lantas, 240 CP kebeli apa sih di gim ini? "Ah ini mah, senjata jelek aja kagak kebeli," ungkapnya.

Beberapa senjata yang dijual pada Store dibanderol dengan harga 360 CP, yang sebenarnya sudah dipotong diskon. Tetapi 240 CP (lebih kurang Rp45 ribu) tetap tidak cukup jika senjata-senjata di gim ini tidak didiskon.

Beralih kepada Van, perempuan karier berusia 24 tahun yang tinggal di Cengkareng, Jakarta Barat. Baginya, uang sebesar itu setara dengan satu porsi makan siang yang biasa-biasa saja. "Kebeli makan siang paling, itu pun bukan yang di resto yang oke," ungkapnya ketika dihubungi oleh MerahPutih.com melalui WhatsApp.

Dia juga mengatakan bahwa uang segitu setara dengan sebuah produk make-up lokal. "Terus paling bisa beli lipstick (menyebut brand tertentu). Dulu sih (pakai produk ini), sekarang udah kagak. Udah enggak bisa pakai (brand itu), sekarang minimal CH***L," ungkapnya sambil bercanda.

Sebagai info mengutip dari laman brand terkenal itu harga salah satu lipstiknya, Rouge Coco Bloom, dibanderol seharga Rp632 ribu.

Ia juga mengaku sulit untuk membayangkan apa saja yang bisa kebeli dari uang sejumlah itu. "Sisanya agak susah. Jujur, enggak tahu kebeli apa. Paling jus stroberi," jelasnya.

Rahmad, mantan barista di salah satu coffeeshop terkenal lisensi dari Amerika mengungkapkan bahwa makanan dan minuman yang ada digerai tempatnya dahulu bekerja harganya di atas kenaikan UMP 2022. Bekerja selama hampir tiga tahun di gerai itu, dia mengatakan rata-rata transaksi pelanggan berkisar antara Rp55 ribu-70 ribu.

Mengintip bar-bar dan restoran fancy yang terletak di Jakarta, kebanyakan harga air mineral saja dibanderol seharga kisaran Rp50 ribu. Kisaran segelas kopi di coffeeshop juga berada pada angka Rp50 ribu apalagi yang terletak di pusat kota.

Jika kenaikan UMP sebesar 1,09% ini disetujui oleh Gubernur DKI Jakarta, maka ini akan menjadi UMP tertinggi di seluruh Indonesia, diikuti dengan Papua, Bangka Belitung, dan Aceh.


Sumber
newsbolaskor
kabarotocom
kabarotocom dan newsbolaskor memberi reputasi
2
782
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan