adhie1185Avatar border
TS
adhie1185
Sederet Prinsip Hidup Orang Jepang Yang Keren Banget, Pantes Negaranya Maju

Spoiler for Selingan:






illustrasi (Image: Getty Images)



 Bagi orang Jepang, prinsip hidup bagi mereka adalah di atas segala-galanya.Namun, apakah keberhasilan dan pencapaian negara Jepang itu serta merta ada atau memang ada pemicunya sehingga Jepang hingga kini diakui sebagai negara paling maju di Asia Tenggara.
Ternyata rahasianya adalah kebudayaan. Penduduk Jepang telah memupuk rasa mencintai budaya negeri mereka sedari kecil. Mereka diajari bagaimana melestarikan sifat-sifat dan prinsip hidup yang nantinya akan membimbing mereka menjadi sukses di saat dewasa kelak.

kira-kira sifat atau prinsip hidup orang Jepang apa saja yang membuat Jepang menjadi maju dan sukses seperti sekarang ini? Mari kita simak.!

Sopan Dan Selalu Memikirkan Kebutuhan Orang Lain Terlebih Dahulu

Di negara Jepang terdapat suatu tradisi yang disebut Ojigi, yang artinya membungkuk. Dan tradisi ini memang sudah diajarkan sejak penduduk Jepang berusia balita dan selalu dilakukan semua orang Jepang.

Bahkan hebatnya, ketika sedang berbincang di telepon saja, orang Jepang akan terbiasa membungkuk sedikit meskipun tidak melihat si lawan bicaranya.
Selain itu, ternyata orang Jepang juga memiliki budaya Aisatsu yang berarti budaya untuk selalu berkenalan kepada orang baru dengan mengatakan permisi, dan meminta maaf.

Selalu Melakukan Disiplin

Orang Jepang dikenal sangat menghargai waktu dan selalu tepat waktu.

Mereka dapat dipastikan akan selalu on time ketika bekerja, berangkat sekolah, hingga ketika melakukan suatu janji.

Dan ternyata di Jepang, terdapat suatu aturan tidak tertulis yang menyuruh orang Jepang untuk selalu memakai jam digital supaya tidak terlambat dan selalu on time kapanpun jua.

Orang Jepang Selalu Berdedikasi

Di dalam setiap melakukan pekerjaannya, orang Jepang akan selalu melakukannya dengan dedikasi tinggi.

Pada zaman dahulu, terdapat tradisi yang dinamakan Harakiri atau merobek perut sendiri dengan menggunakan pisau, yang dilakukan oleh orang Jepang yang merasa malu dan gagal dalam melaksanakan tugasnya. Dan hal tersebut berdampak pada kebiasaan mereka hingga saat ini.


Orang Jepang akan selalu memberikan yang terbaik bagi pekerjaannya dan siap menanggung resiko apapun. Mereka tidak akan segan untuk mengundurkan diri ketika diketahui korupsi atau memiliki kinerja yang buruk.

Terlebih lagi adalah orang Jepang juga terbiasa untuk selalu menaati norma-norma moral yang ada di lingkungan sosial mereka.


Bersikap Jujur

Karena menilai kejujuran adalah salah satu nilai luhur positif yang harus selalu dijunjung tinggi oleh masyarakat Jepang.

Mereka akan terbiasa bersikap jujur sedari kecil. Karena ditanamkan sejak masih kecil, maka orang Jepang terbiasa melakukan suatu pekerjaan baik swasta ataupun pemerintah dengan kejujuran.


Mereka tidak akan mau menerima tips dari segala bentuk pekerjaan yang mereka jalankan. Dan apabila menemukan suatu barang yang hilang, mereka akan mengembalikannya kepada pihak yang berwajib.

Tak ayal karena sifat masyarakatnya yang jujur, di Jepang sangat jarang terjadi pencurian.

Pekerja Keras dan Ulet

Penduduk Jepang sudah dibekali dengan sifat dedikasi sejak usia dini. Ketika pulang lebih cepat, mereka akan merasa malu dan akan dianggap oleh perusahaan tidak lagi dibutuhkan. Maka, orang Jepang ketika bekerja, akan benar-benar fokus dan semangat.

Dibandingkan dengan negara lainnya, Jepang memiliki jam kerja tinggi yang sangat tinggi. Mereka memiliki 2450 jam/tahun.

Berbeda dengan negara Amerika yang memiliki 1957 jam/tahun. Inggris memiliki 1911 jam/tahun dan Jerman 1870 jam/tahun. Darisitulah kita dapat belajar bagaiman jika kita mau maju, kita harus berdedikasi tinggi.

Mengutamakan Kerjasama

Kerjasama adalah salah satu hal yang diutamakan di negara Jepang. Penduduk Jepang mengutamakan kerja secara berkelompok daripada kerja individu supaya lebih mudah menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Selain hal tersebut, untuk hasil pekerjaan memang lebih diutamakan hasilnya yang secara berkelompok, daripada perseorangan.



Mereka Selalu Memberikan Kualitas Yang Terbaik, Intinya Belajar Jadi Lebih Baik Terus Tiap Hari

Terdapat istilah Shokunin di Jepang yang berarti, master of master, atau ahli dari segala ahli. Terjadinya hal itu oleh karena, orang Jepang selalu melakukan pekerjaan yang dilakoninya secara terus-menerus dan selalu melakukan yang lebih baik dari yang pernah dikerjakan.

Hal tersebut akan dilakukan oleh masyarakat Jepang hingga mereka menjadi ahli di bidangnya.

Selain hal tersebut, penduduk Jepang juga bakal bertahan dengan pekerjaan yang sama secara terus-menerus hingga mereka tua dengan mengatasnamakan loyalitas pekerjaan.


Mereka Selalu Bangga dan Menjunjung Tradisi

Meskipun jaman sudah berganti menjadi maju dan penuh teknologi yang gemilang. Namun, terdapat nilai positif dari orang Jepang yang harus diacungi jempol.

Warga Jepang selalu menjunjung tinggi nilai tradisi mereka. Dibeberapa kesempatan, mereka selalu akan merasa bangga dengan tradisi yang dimiliki dan memegangnya teguh hingga hari ini.

Wah, ternyata itu ya rahasianya bagaimana prinsip hidup orang Jepang hingga mampu memperkuat negaranya menjadi maju dan diakui oleh semua negara di dunia.

Tambahan dari ane di Jepang banyak wanita cantik 


Spoiler for Nih contohnya:


Klo gansis ada tambahan monggo ditambahin 


Sumber


Jangan sungkan mampir di thread ane yg laen.!





Spoiler for Disini:



Terimakasih sudah mampir ke thread ane




bang.toyip
bromocool
caurboy
caurboy dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.7K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan