Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shinsounAvatar border
TS
shinsoun
5 Tahun Herry rudapaksa 12 Santriwati, Tak Diawasi? Ini Kata Kemenag Jabar


Bandung - Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Wilayah Jawa Barat buka suara terkait pengawasan pesantren Tahfidz Madani pimpinan Herry Wirawan (35). Sebab, kasus pemerkosaan terhadap 12 santri itu baru terungkap setelah 5 tahun terjadi.

Dalam petikan dakwaan, pemerkosaan yang dilakukan Herry terjadi sejak 2016 hingga 2021. Selama lima tahun itu, 12 santriwati jadi korban hingga hamil dan melahirkan 9 anak.

"Ya salah satu tugas dan kewajiban kami Kementerian Agama adalah melakukan pembinaan, pengawasan dan evaluasi. Itu (pesantren) selama lima tahun kan berjalan normal dan tidak ada apapun," ujar Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag Jabar Abdurahim saat berbincang dengan detikcom via sambungan telepon, Jumat (10/12/2021).


Selama lima tahun sebagai lembaga pendidikan, kata dia, Pesantren Tahfidz Madani tidak memperlihatkan gejala mencurigakan. Bahkan kurikulum yang diajarkan guru terhadap murid sudah sesuai.

"Kurikulum dijalankan dan proses ujian dijalankan, pembinaan jalan dan termasuk juga masalah guru tidak ada masalah," tutur dia.

"Makanya, selama lima tahun itu prosesnya bagus, maka pembinaan dan pengawasan dan evaluasi yang dilakukan oleh Kemenag Kota Bandung berjalan dengan baik," kata dia menambahkan.

Kasus itupun baru terkuak pada 2 Juni 2021. Di saat itulah, sambung Abdurahim pihaknya melakukan evaluasi. Ujungnya, lembaga pendidikan itu dicabut dan dibekukan.

"Nah, kemarin tanggal 2 Juni timbul lah kasus otomatis kita mengevaluasi, nah sekarang timbul kasus lembaga itu dari personilnya maka kita siap akan mengevaluasi. Aparat sudah membekukan dan sekarang sudah mencabut izin operasional dan tidak memberi izin operasional tersebut," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, aksi bejat pemerkosaan dilakukan seorang guru di salah satu pesantren Bandung Herry Wirawan. Korban bahkan mencapai belasan orang.

Sedikitnya dari belasan korban tersebut, empat santriwati hamil. Mereka sudah melahirkan saat kasus ini masuk persidangan. Total ada 9 bayi yang lahir dari rahim anak korban.


Sumber:
https://news.detik.com/berita-jawa-b...-kemenag-jabar






muhamad.hanif.2
slider88
bajer.dinar212
bajer.dinar212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.6K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan