dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Bukti Nyata Toleransi, Kakek Muslim Ini Hibahkan Tanahnya untuk Gereja
Bukti Nyata Toleransi, Kakek Muslim Ini Hibahkan Tanahnya untuk Gereja

3 Desember 2021 09:15 am
Robo Lahma, kakek Muslim yang menghibahkan tanahnya untuk gereja. (Istimewa$
MANADOPOST.ID— Robo Lahma, warga Lingkungan VI Desa Arakan, Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minsel, menjadi bukti nyata toleransi di Sulawesi Utara (Sulut). Kakek 71 tahun beragama Muslim ini, memberikan tanahnya untuk gereja, GMIM Efrata Rap-Rap.
Diceritakan Pdt Welly Pudihang STh MPdK, Ketua BPMJ GMIM Efrata Rap-rap, Robo Lahma di Desa Arakan dan Desa Rap-Rap lebih familiar dikenal dengan nama Pa Ade Robo.

“Dari bahasa tubuhnya terpancar kerendahan hati. Sepenggal kalimat yang ia sampaikan sangat menyentuh hati saya. ‘Pendeta, napa kita so tanda tangan Surat Hibah kita pe tanah for Gereja Basar’. (Pendeta, saya sudah tanda tangan surat hibah tanah saya untuk gereja, red),” tulis Pdt Welly, di salah satu grup Facebook.
“Orang Muslim di Arakan menyebut GMIM Efrata Rap-Rap adalah Gereja Basar,” lanjutnya.
Pdt Welly pun memuji Pa Ade Robo. “Sungguh suatu prinsip hidup yang sangat luar biasa di saat manusia di jagad ini terpolarisasi dengan gaya hidup ‘Sapa Ngana Sapa Kita’. Apa jadinya dengan dunia kita ini, sekiranya semua orang menerapkan teori Darwin , bahwa hanya yang kuat dan yang licik bukan yang benar yang mampu  Survive. Dan betapa luluh-lantak dunia ini sekiranya seperti kata Nietzhe, ‘Mereka yang kecil dan lemah mesti rela jadi makanan yang besar dan kuat, sebab begitulah ketentuan hukum kehidupan,” ujarnya.
Lanjut Pdt Welly, Pa Ade Robo telah mengajarkan kepada kita untuk belajar menjadi manusia sesungguhnya. “Kerendahan hatinya membuktikan ia sangat mencintai sesama manusia. Pa Ade Robo adalah seorang Muslim taat  namun di balik ketaatannya ia sangat mengenal ajaran Kristus, Kasihilah Sesamamu Manusia. Maklum Pa Ade Robo hidup di lingkaran keluarga Kristiani,” bebernya.

“Saya sungguh sangat bersyukur atas perjuangan panjang dan melelahkan ini , akhirnya tanah di mana berdirinya Gedung Gereja GMIM Efrata Rap-Rap, Surat Hibah Tanahnya telah diserahkan oleh Pa Ade Robo kepada saya di hadapan Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt Petra Rembang MTh, di saat GMIM Wilayah Semenanjung Tatapaan merayakan Perayaan Menyambut Natal Yesus Kristus di tahun 2021,” sambungnya.(tan)

https://manadopost.jawapos.com/berit...-untuk-gereja/
Diubah oleh dragonroar 03-12-2021 07:37
pakisal212
magelys
bukan.bomat
bukan.bomat dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.7K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan