Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

machinAvatar border
TS
machin
Porang, Alternatif Investasi Bagi Gen Z dan Millenial Minim Pengetahuan Tentang Saham

Banyak sekali jenis investasi di tahun 2021 ini, mulai dari saham sampai investasi bitcoin. Kalau jaman dulu (tahun 90-an), sebelum saham dan bitcoin menjadi topik yang ramai dibahas di media sosial, jenis investasi yang aku tahu dan sering dilakukan oleh orang desa sepertiku adalah beternak sapi. 


Dokumen pribadi

Tidak hanya sapi, kambing juga bisa jadi investasi, namun hasilnya tidak terlalu besar. Selain hewan ternak, investasi dalam bidang pertanian dan perkebunan juga bisa jadi alternatif lain. Hasil dari pertanian dan perkebunan disisihkan sebagian dan ditabung untuk membeli lahan produktif lagi. 
Nah, alternatif investasi seperti pertanian dan peternakan masih bisa dijalani sampai sekarang. Dengan modal yang relatif kecil, untungnya bisa berkali-kali lipat. Salah satunya adalah investasi porang. 

Quote:

Dengan nilai jual tersebut, aku memutuskan untuk investasi dengan menanam porang di lahan subur daerah Pacet, Mojokerto. Dengan modal sebesar Rp 7.500.000 untuk penanaman 5000 bibit porang. Dengan harga per bibit yang sudah siap tanam seharga Rp 1000 dengan Rp 1.500.000 adalah biaya perawatan (pupuk dan jasa merawat tanaman)
Quote:

Aku memilih investasi porang karena untungnya cukup banyak. Namun kami sepakat untuk memanen porang setelah berumur 2 tahun, jadi cukup tepat kalau aku menganggap ini investasi.
Waktu 2 tahun itu sebenarnya tidak harus dilakukan, aku bisa memanennya dalam waktu 6 bulan saja sebenarnya. Namun itu kami sepakati agar berat porang bisa mencapai minimal 3 kg. Setelah kita ketahui lama memanen dan berat rata-ratanya, mari kita berhitung.
Quote:

Jadi bisa terlihat kan ya untungnya berapa kali lipat ? Itu hanya menjual umbi porangnya saja. Belum lagi menjual katak porang kepada mereka yang membutuhkan bibit porang. Harga katak porang bisa mencapai Rp 180.000/kg. Sedangkan satu pohon porang bisa menghasilkan sampai 30 katak namun dengan besaran yang bervariasi ya. Terakhir kali aku mencoba beli katak porang, 1 kg berisi 100 katak, dengan besaran sebiji salak. Mari berhitung lagi.
Quote:


Jadi dari investasi uang Rp 7.500.000 selama dua tahun, aku mendapatkan
#CuanXtra Rp 142.500.000 (porang basah) ditambah Rp 42.750.000  (katak porang), sehingga total  #CuanXtrayang aku dapatkan Rp 185.250.000. 


Oia, itu kalau hanya menjual porang basah dan katak porang saja ya, beda lagi kalau kita bisa mengolahnya menjadi tepung. Harganya bisa mencapai Rp 300.000/kg. Aku tidak mau mennghitung ini, karena terlalu banyak uangnya. Jadi sementara dua macam itu saja dulu yang dijual. 
Jadi, itulah investasiku sebagai orang yang masih awam tentang saham dan bitcoin beserta kawan-kawannya. Bagaimana ? Anda tertarik ?

Sumber informasi tentang porang : 1,2,3,4,5 & perhitungan pribadi.
Sumber gambar : pribadi dan klik.

Sumber video : klik.


Sumatera.Tiger
puterinovi32
puterinovi32 dan Sumatera.Tiger memberi reputasi
2
862
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan