rifki.albasyuniAvatar border
TS
rifki.albasyuni
(Muhasabah)Islam... Agama yg Universal, Humanis & Inklusif PLUS Agama yg BerSains...!
ASSALAMUALAIKUM. WR. WB.

SALAM KESELAMATAN dan SALAM KESEJAHTERAAN

untuk KITA SEMUA



Artikel kali ini adalah tentang Ajaran Islam tentang Kemanusiaan, bagaimana ber-Sosial hingga menjadi Warga Negara yang Baik, Benar, Patuh dan juga ada tentang Sains juga ada dalam Al Qur'an. Seperti yang banyak dikhutbah adalah tentang ber-Kemanusiaan terhadap semua makhluk, bagaimana ber-Sosial sebagai Makhluk Sosial yang membutuhkan Sesama Manusia lainnya hingga membentuk Bangsa yang bersifat Manusia Sejati PLUS juga sedikit tentang Sains yang dapat dibuktikan dalam 50-100 tahun belakangan padahal sudah dijelaskan dalam Al Qur'an 15 abad silam.





I. ISLAM - Sebuah Agama sebagai "Jalan/Cara" Keselamatan
bagi Penganutnya

Islam adalah Agama untuk sebagai Keselamatan baik bagi pemeluknya maupun yang bukan pemeluknya.Islam diambil dari kata As Salam = Islam, yang berarti Agama yang dapat menjadikan Keselamatan di dunia dan akhirat kelak. Yang membawa Ajaran Agama Terpuji ini adalah Nabi Muhammad SAW, Rasul Penutup dari 25 Rasul yang pernah ada di muka Bumi ini.


Ajaran-ajaran Islam juga mengakui 25 Nabi & Rasul lalu melengkapi ajaran-ajaran Nabi Rasul tersebut. Seperti melarang berzina, berbuat mesum atau selingkuh(jika sudah menikah),menghina, mengadu domba, meng-hoaxes dan menganiaya juga membunuh.


Ajaran-ajaran Islam mengajarkan untuk ber-kemanusiaan dan mengatur masyarakat-masyarakat hingga ruang lingkup Negara Bangsa. Kebanyakan merupakan Ajaran-Ajaran untuk perbuatan yang baik-baik dan terpuji.Seperti PERINTAH ber-zakat dan ANJURAN untuk ber-infaq shodaqoh kepada (terutama) less-fortunate people DAN berkemanusiaan terhadap weaks people (anak2,orang-orang sakit & lansia).



Jadi, Islam merupakan Agama yang Sangat Baik dan Bagus untuk dianut semua manusia. Karena kebanyakan Ajaran-Ajaran tentang ber-kemanusiaan, ber-emphaty terhadap sesama manusia dan semua makhluk bahkan terhadap tumbuh-tumbuhan (Alam Lingkungan Hidup) dan Alam Semesta juga Agama yang Ber-Sains.


II. ISLAM - Agama yang Universal, Humanis dan Inklusif



Agama Islam juga mengajarkan untuk ber-Kemanusiaan baik terhadap Sesama Manusia juga terhadap semua makhluk. Bahkan Agama Islam juga mengajarkan tentang Alam Semesta.Bagaimana menjadi Manusia Sejati terhadap Semua Makhluk PLUS menjaga Alam Lingkungan Hidup.



Agama Islam merupakan ajaran-ajaran yang bersifat Universal dan Inklusif. Tidak membedakan Suku, Ras, Education Degree bahkan Kekayaan. Ajaran-ajaran Islam merupakan Ajaran-Ajaran untuk menjadikan Seseorang menjadi Manusia Mulia yang Sejati. Yaitu ajaran-ajaran untuk Saling Menghormati, Saling Mengampuni dan Saling ber-Tolong Menolong sesama manusia di muka bumi. Sinkron dan Sejalan dengan pengetahuan sebagai Makhluk Sosial, yaitu adalah Makhluk yang Saling Membutuhkan antar sesama manusia.

Sesuai Q.S. Al Hujurat Ayat 13 :



"Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal.Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa."

(Q.S. Al Hujurat : 13)


Juga ajaran-ajaran untuk Saling ber-Belas Kasihan (Penuh Kasih Sayang) terhadap sesama manusia juga dengan semua makhluk hidup.Islam mengajarkan untuk menjadi Manusia yang Penuh Kasih Sayang terhadap semua manusia dan semua makhluk. Yang ditunjukan dalam Amal Perbuatan setiap manusia meskipun terdapat beberapa peraturan dan syarat kondisi. Jadi, tidak mengharuskan semua manusia untuk mengimplementasikan Ajaran Islam yang Penuh Kasih Sayang ini untuk dalam Amal Perbuatan. Hanya Rasa dan Ungkapan Empathy kepada sesama manusia juga menjadi cukup terhadap sesama manusia lainnya.


Juga terdapat Aturan-Aturan dan Syarat Kondisi untuk mengimplementasikan dalam Amaliyah Perbuatan seperti untuk ber-Zakat, malah disini adalah suatu keharusan untuk ber-Zakat. Dalam hal ini malahan Bersifat Keharusan untuk mengeluarkan Zakat kepada Sesama Manusia yang benar-benar membutuhkan.


...PLUS...


Dalam Agama Islam sangat dianjurkan untuk ber-infaq dan ber-shodaqoh. Seperti jika kita mempunyai sisa uang sangat dianjurkan untuk menyisihkan 10%-20% dari sisa uang kita untuk diberikan kepada yang sangat membutuhkan.Tidak akan menjadi miskin jika kita gemar ber-infaq shodaqoh.



III. Islam Agama yang Ber-Sains (Dapat dibuktikan dengan Sains-Sains)

Dalam Agama Islam atau dalam Al Qur'an juga banyak Ayat-ayat tentang Alam Sekitar dan Alam Semesta. Kita, Manusia sebagai pewaris Bumi, dianjurkan untuk mengkaji ayat-ayat yang tersurat dan tersirat (Kauniyah & Kauliyah) di Bumi dan Alam Semesta.






Q.S. Al Isra : 1-2 [Peristiwa Isra Mi'raj Nabiyullah SAW]

Q.S. Ar Ra'd : 13


Q.S. Fussilat : 11 - 12


Q.S. Ar Rahmaan : 33 [Tentang Seruan kpd Jin dan Manusia utk Melintasi Penjuru Langit]


Q.S. An Nahl : 79 [Tentang Seruan utk Memikirkan mengapa hewan2 langit tidak terlempar dan tidak pula terhempas ke bumi]


Q.S. Ar Rahman : 37 [Tentang Bintang/Tata Surya yang meledak lalu seperti Mawar Merah yang Mengkilat seperti Minyak.]




Q.S. Ar Ra'd : 3

Q.S. Fussilat : 10


Q.S. An Naml : 88 [Tentang Daratan yg bergerak - Menurut Sains 0.75cm to 1.5cm per tahun]

Q.S. An Nahl : 15 [Tentang Gunung2 dipancangkan agar Kita Semua (Manusia) aman dan nyaman]







KESIMPULAN


Islam merupakan Agama yang sangat baik dan bagus untuk dianut. Karena mengajarkan tentang nilai-nilai yang Universal, Humanis dan Inklusif PLUS Agama yang ber-sains. Dalam Al Qur'an juga ada ayat-ayat tentang sains yang dapat dibuktikan dengan sains-sains jaman modern ini. Yang bahkan semenjak 14-15 abad silam diabadikan dalam Al Qur'an.


...Berarti Al Qur'an memang merupakan Kalam Ilahi...


PENUTUP


Sekian dari Tulisan tentang Agama Islam yang tentang Agama yang Universal, Humanis dan Inklusif PLUS Agama yang Ber-Sains. Semoga dapat bermanfaat untuk Islam kita semuanya terutama untuk saya pribadi sebagai Amal Jariyah saya dan untuk Islam kita semua. 

...Sekian dan Semoga Bermanfaat



.....Aamiin YRA.....



Quote:


Quote:
Diubah oleh rifki.albasyuni 09-04-2023 08:49
fauzzan
fauzzan memberi reputasi
1
1.8K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan