Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faranidaindriAvatar border
TS
faranidaindri
DANA Hibah Rp 900 Juta Pemprov DKI Dialokasikan ke Organisasi Nonprofit Zita Anjani
WARTAKOTALIVE.COM GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta memberikan hibah senilai Rp 900 juta ke Yayasan Bunda Pintar Indonesia, Jakarta Timur.

Pemberian dana hibah sebesar Rp 900 juta ini diketahui untuk organisasi nonprofit Bunda Pintar Indonesia (BPI) yang  dibina oleh Zita Anjani, anak Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD DKI.

Dari data yang diterima Wartakotalive.com, aliran dana ini turut tertuang dalam data hasil input komponen Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) yang bersumber dari DPRD DKI Jakarta.

Anggaran yang dikeluarkan Dinas Sosial DKI Jakarta melalui pemberian hibah ini memiliki nama program “Pemberdayaan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial Provinsi”.

Adapun nama rekening untuk yayasan ini, yakni Belanja Hibah Uang kepada Badan dan Lembaga Nirlaba, Sukarela dan Sosial yang Telah Memiliki Surat Keterangan Terdaftar.

Yayasan Bunda Pintar Indonesia menduduki posisi kedua penerima dana hibah setelah hibah untuk Karang Taruna Provinsi DKI Jakarta dengan nilai Rp 1 miliar.

Sementara yayasan nirlaba lainnya sebesar Rp25 juta, Rp30 juta hingga Rp50 juta.

Sebagai contoh, pemberian hibah untuk Raudhatul Athfal (RA) Al Alifiyah di Jakarta Timur sebesar Rp25 juta, Adz Dzikri Bintaro sebesar Rp25 juta, dan lain sebagainya.

Namun, hingga berita ini diturunkan Zita Anjani belum bisa dikonfimasi dan memberikan keterangan resmi kepada awak media.

Sebelumnya diberitakan, mulai 2023 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta akan mengubah skema bantuan untuk dua organisasi Betawi.

Bantuan yang semula berbentuk dana hibah, nantinya akan berbentuk kegiatan yang digelar oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta, maupun Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono mengatakan, karena itu pemberian dana hibah untuk dua organisasi Betawi pada tahun 2022 nanti menjadi yang terakhir.

“Kami bukan kasih hibah uang lagi, tapi berupa kegiatan mulai tahun 2023 supaya transparan,” kata Mujiyono pada Selasa (9/11/2021).

Untuk tahun 2022, eksekutif dan legislatif telah menyepakati memberi dana hibah kepada Badan Musyawarah (Bamus) Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982 masing-masing senilai Rp 2,1 miliar.

Awalnya Pemprov DKI Jakarta melalui Kesbangpol mengajukan dana hibah untuk Bamus Betawi senilai Rp 3 miliar, dan Bamus Suku Betawi 1982 sebesar Rp 1,2 miliar.

Usulan itu diajukan dalam kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) untuk APBD 2022.

“Kemudian (dirapatkan) dijadiin satu (Rp 4,2 miliar), dan dibagi dua (masing-masing Rp 2,1 miliar). Pada hakikatnya yang namanya Ormas Betawi itu terwadahi oleh Perda Budaya Betawi, keduanya ngaku benar dan legalitasnya ada,” ujar Mujiyon.

“Jadi ini bukan masalah angka, tapi masalah eksistensi dan masalah pengakuan Pemprov terhadap dua ormas tersebut,” lanjut Mujiyono dari Fraksi Demokrat ini.

Mujiyono menyebut, selama ini kegiatan Bamus Betawi cenderung tidak transparan.

Hal itulah yang menjadi dasar pihaknya mengubah skema bantuan, dari yang awalnya dana hibah menjadi berbentuk kegiatan.

Komisi A lalu merekomendasikan agar seluruh penerima dana hibah diaudit oleh kantor akuntan publik lalu disiarkan kepada masyarakat.

Selain itu, Komisi A meminta agar pemberian dana hibah dapat dijelaskan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

“Satu catatan lagi bahwa APBD DKI harus mengakomodir kepentingan masyarakat Betawi dengan porsi yang besar, tapi dilakukan secara benar,” katanya. 


sumber
emineminna
xneakerz
valkyr9
valkyr9 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.4K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan