Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sukmasenjaAvatar border
TS
sukmasenja
Tangan Dingin Wishnutama Kembali Memukau Dunia


Bangga sekaligus terharu. Dua perasaan yang aku rasakan saat melihat pertunjukan Indonesia National Day di World Dubai Expo 2020 di Dubai, Uni Emirat Arab pada 4 November 2021. Meskipun hanya melihat rekamannya di YouTube Sekretariat Presiden, aku bisa merasakan emosinya seolah-olah ikut hadir di lokasi. 

Perasaan yang muncul lagi saat melihat pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Tidak terasa dua mata ini berkaca-kaca. Kreativitas anak bangsa Indonesia sangat membanggakan. Berkelas lah. Tidak kalah dengan karya negara-negara lainnya.
 
Pasti Presiden Joko Widodo sangat bangga dengan kemegahan tata panggung yang sangat apik untuk memperkenalkan citra Indonesia di mata dunia. Aku juga yakin pengunjung Dubai Expo 2020 yang hadir dari berbagai negara bakal kagum luar biasa dengan Indonesia. Semua mata kini tertuju ke Indonesia. Kalau dikasih tiket pesawat ke Indonesia PP yakin nggak ada yang menolak.

Spoiler for Video Indonesia National Day di Dubai Expo 2020:

Indonesia National Day memang bagian dari Dubai Expo 2020 yang diikuti oleh 191 negara termasuk Indonesia dari 1 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022. Paviliun Indonesia turut meramaikan Dubai Expo 2020. Artinya ada potensi puluhan juta pengunjung pameran dari berbagai negara khususnya negara-negara kawasan Timur Tengah yang menjadi potensi pasar produk dan wisata Indonesia.



Makanya kemegahan pagelaran Indonesia National Day menjadi sangat penting. Perpaduan teknologi, visual, dan aksi para penari membawakan beragam tari daerah disertai musik khasnya yang nge-beat abismenjadi ciri khas Indonesia yang bakal sulit dilupakan siapapun yang hadir di lokasi maupun menonton rekamannya. Ada tarian Bali, Sunda, Maluku Utara, hingga Papua.
 
Benar-benar ciamik konsep pengenalan budaya dan wisata Indonesia melalui perpaduan koreografi, lagu yang dibawakan Lyodra, dan video mapping yang ditembakkan ke dinding kubah raksasa Al Wasl Plaza, tempat pertunjukan berlangsung. Benar-benar cerita tentang Indonesia disajikan dengan cara yang sangat keren.

Spoiler for Foto-foto kemegahan pertunjukan Indonesia National Day:


Semua ini tidak lepas dari peran Wishnutama Kusubandio, creative directorIndonesia National Day. Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu memang dipercayakan oleh Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi untuk mengemas pertunjukan ini. Wishnutama benar-benar membuktikan konsitensinya menyuguhkan pertunjukan yang memukau dunia. Setelah Asian Games 2018 kini Indonesia National Day.



Kubah Al Wasl Plaza menjadi saksi kepiawaian tangan Wishnutama memanfaatkan ruang pertunjukan sebaik mungkin. Kubah Al Wasl memang sudah cantik dan kemegahannya pun tak terkira. Namun, di tangan Wishnutama, kubah tersebut menjadi makin hidup malam itu.  Cahaya warna-warni berpendar dari dinding kubah Al Wasl menceritakan Indonesia dengan begitu indahnya. Mengajak penonton untuk membayangkan Bali, Toba, Labuan Bajo, Likupang, Mandalika, dan Borobudur. 



Semua pengunjung mendongak ke atas mengikuti paduan instrumen dan cahaya yang tumpah ruah di sepanjang kubah. Sesekali diiringi pekikan kekaguman yang membahana dari sudut-sudut Al Wasl. Sorak-sorai riuh terdengar ketika permainan tari berakhir. Suara Lyodra Ginting turut membuat malam makin syahdu. Lantunan "Indonesia Pusaka" menggelegar persis dari pusat podium Al Wasl. Semua terhanyut. Larut dalam sajian malam itu.

Pesannya kuat dan jelas. Indonesia, dengan segala kekayaan budaya membuka diri dan mengajak semua yang hadir untuk lebih mengenal Indonesia. Surga pariwisata. Terima kasih mas Wishnutama untuk sajian pertunjukan yang luar biasa apik untuk Indonesia! Aku tunggu karya-karya berikutnya.  

Spoiler for Terima Kasih khusus Presiden Jokowi kepada Wishnutama:
Diubah oleh sukmasenja 15-11-2021 11:14
ulermaboq
cor7
garpupatah
garpupatah dan 38 lainnya memberi reputasi
39
9.6K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan